Kurikulum Merdeka: Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk PAUD

Buku Kurikulum Merdeka Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk Jenjang PAUD

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.


Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.


Untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran Belajar dan Bermain Berbasis Buku untuk siswa PAUD, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (BSKAP Kemendikburistek) telah menerbitkan buku panduan untuk guru guna membantu proses belajar-mengajar dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran melalui sistem Kurikulum Merdeka yang rencananya akan diimplentasikan pada awal tahun ajaran 2022/2023.


Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.


Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.


Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.


Selain itu, Implementasi pembelajaran pada Kurikulum Merdeka sebagaimana disebutkan dalam surat keputusan menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor NOMOR 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran.


Dalam keputusan tersebut disebutkan bahwa implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan harus memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus belum dapat mengatasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) sehingga perlu disempurnakan.


Penyempurnaan ini dilakukan dengan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka menggunakan buku teks utama yang ditetapkan oleh pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan atas nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Salah satu contoh buku tersebut adalah Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai panduan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka.


Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk Jenjang PAUD telah bisa diunduh atau didownload melalui situs resmi Sistem Informasi Perbukuan Indonesia (SIBI) atas nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek).


Buku Belajar dan Bermain Berbasis Buku Pendidikan Anak Usia Dini untuk Panduan Guru ini terbagi menjadi 3 Bab, yakni:
  • Bab 1 dengan tema Jati Diri.
  • Bab 2 dengan tema Capaian Pembelajaran Jati Diri.
  • Bab 3 dengan Alur Pengembangan Kegiatan.



Terdapat pula Petunjuk Penggunaan Buku kurikulum merdeka yang diperuntukkan bagi Guru PAUD tersebut.


Dalam menyambut awal Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran Baru 2022 dan 2023, sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ada baiknya mendownload buku kurikulum Merdeka ini.


Berikut link resmi unduhan buku kemdikbud dengan katalog buku panduan guru belajar dan bermain berbasis buku yang telah disiapkan blogduniaanakindonesia.blogspot.com yakni buku.kemdikbud.go.id/katalog/buku-panduang-guru-capaian-pembelajaran-elemen-jati-diri.

Download:



Buku panduan guru ini bisa dibaca secara online maupun didownload sebagai bahan untuk mencapai target capaian pembelajaran pemahaman bab-bab yang terdapat pada Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri tersebut.


Semoga dengan telah diterbitkannya Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk PAUD untuk penerapan Kurikulum Merdeka ini dapat memotivasi Guru untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik ya sahabat blogduniaanakindonesia.blogspot.com!!!

Post a Comment for "Kurikulum Merdeka: Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk PAUD"