CARA TEPAT MENANGANI ANAK REWEL DAN CENGENG

Mengatasi Anak Cengeng, Pemarah dan Cengeng - Beberapa anak akan menangisi hampir semua hal, tetapi itu tidak selalu buruk.


Ketika anak sahabat saya Nasywa berumur 3 tahun, dia jarang menangis. Pada suatu pagi di papanya mendrop-off prasekolah, dia masih senang sambil memakan wafer yang dia bawa dari rumah. Tapi ketika dia meletakkan makanannya tersebut, ternyata ada sahabat disebelah dia melahapnya. Akhirnya Nasywa menjambak karena dia menagis dan marah.


Melihat kejadian tersebut, saya kemudian menyadari bahwa beberapa karakter anak, seperti Nasywa, secara alami berada di ujung spektrum yang sensitif: rentan terhadap menangis ketika dunia tidak sesuai dengan harapan mereka. Namun, ada sisi baiknya. Anak-anak yang sangat sensitif cenderung lebih welas asih, lembut, dan kreatif. Karena hanya membutuhkan sedikit bimbingan dari orangtua untuk membantu mengelola emosi mereka.


Dari sana, memungkinkan ini beberapa cara tepat menangani anak rewel dan cengeng agar membantu mereka untuk mengatasi hal tersebut.



HATI LEMBUT

Ingat bahwa ini merupakan anak prasekolah yang seharusnya orangtua memahami perasaannya dan mengekspresikannya dengan kata-kata, sehingga air mata pasti akan muncul di suatu titik. Tetapi jika anak Anda menangis lebih sering daripada biasanya, bahkan karena masalah yang tampaknya kecil, ia mungkin saja secara genetis dihubungkan untuk menjadi lebih sensitif.


Dalam studi di Harvard University menemukan bahwa 10 persen atau lebih bayi yang paling kesal dengan suara-suara baru dan orang-orang yang tidak dikenal di usia  4 bulan kemungkinan akan menjadikannya emosional hingga masa pertumbuhannya. Beberapa anak belum mampu mengembangkan pengontrolan diri, terutama ketika kesal tentang sesuatu, semua emosinya akan muncul ke permukaan bahkan menjadikan mereka menangis, ataupun cengeng.


Kemampuan anak-anak seperti itu untuk merasakan emosi sedikit lebih dalam bahkan dapat membuat frustrasi orang tua, tentu saja ini juga merupakan sesuatu yang harus dihargai.  Oleh karena itu cara mengatasi anak bayi rewel seperti ini kita harus mulai memahami bahwa  mereka sensitif mungkin kewalahan oleh perasaannya sendiri. Untuk mengatasi bayi yang rewel disebabkan spektrum yang sensitif haruslah dengan hati yang lembut tidak bisa dilakukan dengan memaksa tanpa berusaha untuk mengerti mengapa dia menjadi rewel.


ALIHKAN DENGAN AKTIVITAS LAINNYA





Mengalihkan anak Anda dengan membimbingnya ke kegiatan lain juga merupakan cara yang tepat dalam mengatasi anak rewel karena bukan tanpa sebab. Ketika anak masih di TK, memungkinkan anak-anak akan mudah menangis, ngambek, rewel sepanjang waktu.


Untuk mengatasi ini, sangat mudah akan tetapi kemungkinan terbesar berhasil. Orangtua dapat mencoba mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas lain seperti alihkan dengan apa yang menarik baginya, contoh; ajak dia menghitungnya. Ini sangat efektif dalam mengatasi anak saat dirinya menangis, karena metode penghitungan adalah cara tepat. Pada usia 3 atau 4 tahun, menghitung masih membutuhkan fokus dan konsentrasi, jadi apa pun yang membuat anak Anda merasa lupa akan tangisnya tapi menyenangkan baginya adalah dengan mengalihkan kegiatan lainnya.



REAKSI YANG TEPAT

Jika Anda berada di pesta ulang tahun di mana semua anak-anak dengan senang hati makan kue mangkuk saat anak Anda menangis karena dia mendapat kue lainnya, sebagai orangtua tentu akan spontan untuk mencarikan apa yang diinginkannya. Perlu diketahui bahwa jika itu terjadi maka anak akan menjadi anak yang manja dan cengeng, ada baiknya untuk mengatasi hal tersebut biarkan dirinya menyelesaikan permasalahannya terlebih dahulu agar dapat membantu mendidik anak menjadi mandiri. Oleh sebab itu penting sekali bagi orangtua untuk menentukan reaksi yang tepat ketika anak menagis atau marah.


Hindari dorongan untuk menyuruhnya berhenti menangis yang mungkin akan memicu lebih banyak air mata. Anak-anak prasekolah yang hipersensitif sangat pandai membaca emosi orang tua mereka. Jika bunda merasa tegang, itu memberi tahu anak bahwa apa pun yang membuat dia kesal adalah sesuatu yang harus dikerjakan dan model ini adalah perilaku yang kita coba ubah. Salah satu cara untuk membantu anak mengendalikan emosinya adalah dengan bercanda untuk mencairkan perasaannya. Dengan begitu akan membantu anak-anak berhenti dan menenangkan diri. Kemudian ajarkan padanya untuk menarik napas panjang dan meniupnya keluar melalui mulutnya, bunda bisa mengajarkan hal ini dengan cara unik yaitu mengibaratkan seseorang yang akan meniup lilin ulang tahun.


KETAHUI PENYEBABNYA

Anak-anak yang merengek, rewel, dan menangis sering dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti tidak mendapatkan mainan yang diinginkannya maupunlainnya. Tetapi ada juga alasan yang dapat secara alami bahwa air mata itu bisa terjadi juga. Luangkan waktu untuk menilai situasi untuk memastikan tangisan itu bukan untuk tujuan sebenarnya. Apakah kita memaksa anak untuk tetap beraktivitas sehingga dia melewati waktu tidurnya atau lapar? Apakah anak rewel setelah sakit panas? Setelah Anda melakukan survei tentang berbagai jenis situasi ini tentu akan sangat mudah bagi orangtua untuk mengatasi anak cengeng, pemarah dan rewel supaya membantu dia dengan cara lain.


KESIMPULAN CARA TEPAT MENANGANI ANAK REWEL DAN CENGENG

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam mengatasi anak rewel baik dalam islam maupun secara mengetahui penyebab anak rewel apakah setelah sembuh dari sakit, memiliki keinginan yang tidak terwujud, setelah sakit panas, dll bahkan anak rewel tanpa sebab. Yang terpenting adalah pastikan bahwa cara yang dilakukan tidak memaksakan, serta cara mengatasi anak bayi rewel diatas merupakan langkah-langkah yang dilakukan orangtua saya ketika mendapati anaknya rewel, pemarah dan cengeng.


Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "CARA TEPAT MENANGANI ANAK REWEL DAN CENGENG"