LOGO & TEMA HAN: SAMBUT HARI ANAK NASIONAL “ANAK TERLINDUNGI, INDONESIA MAJU”

Berdasarkan Buku pedoman pelaksanaan Hari Anak Nasional 2022 dari KPPPAI, Puncak acara peringatan HAN 2022 akan diselenggarakan di Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 23 Juli 2022, dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" serta sudah ada logo resminya.


Tapi taukah sahabat blogduniaanakindonesia, kalau Hari Anak diperingati pada tanggal berbeda? dalam pengertian bahwa Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni sedangkan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November, namun tujuannya tetap sama yaitu menghormati juga meningkatkan hak dan perlindungan anak di seluruh dunia.



Sedangkan di Indonesia, kita menyambut buat memperingati Hari Anak Nasional (HAN) setiap 23 Juli sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Jadi artinya di bulan Juli ini tepatnya beberapa hari lagi (23/7/2022) menjadi puncak dari peringatan acaranya.


Peringatan Hari Anak Nasional 2022 sebaiknya semarakkan bukan sekedar peringatan tanpa makna yang berarti. Oleh sebab itu dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPA) sudah sangat jelas mengaturnya dalam buku Pedoman Pelaksanaan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 sebagai acuan pelaksanaan peringatan HAN dimana terdapat logo dan tema.



Jika berkaca dalam Sejarah HAN bahwa gagasan ini berawal dari mantan presiden RI ke-2 (Soeharto), yang melihat anak-anak adalah aset kemajuan bangsa, Oleh karena itu sebagai orangtua sudah semestinya menjaga, melindungi serta memberikan pendidikan layak sehingga mereka dapat mengukir sejarah-sejarah Indonesia baru kedepannya.


Untuk mendalami tentang Logo dan Tema HAN dalam menyambut Hari Anak Nasional di Tahun 2022 ini melalui kata "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" simak terus ulasan blogduniaanakindonesia.blogspot.com:


LOGO:

Contoh gambar logo HAN yang diambil berdasarkan buku pedoman KPPPAI dalam memperingati Hari Anak Nasional, sebagaiman gambar dibawah.

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Gambar: Logo Hari Anak Nasional 2022



Filosofi Logo

  1. 3 anak yang memegang bendera merah putih
    Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sangsaka merah putih.
  2. Warna Merah dan Putih
    Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.
  3. Garis berwarna abu
    Situasi pasca pandemi COVID-19, yang berdampak pada dunia anak dengan perubahan pola hidup, tetap harus diupayakan terpenuhi haknya, bergembira dan penuh kreativitas, dalam perlindungan keluarga.


Dari cerita diatas Logo HAN dengan filosofi bermakna sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini dan mendorong langsung berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi COVID-19.


Tema:

Adapun Tema dan Subtema Hari Anak Nasinal 2022 ialah:
  1. Tema: “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”
  2. Subtema
    • Peduli Pasca Pandemi COVID-19
    • Anak Tangguh Pasca Pandemi COVID-19
    • Anak Tangguh, Indonesia Lestari
  3. Tagline:
    • #PeduliPascaPandemiCOVID19
    • #AnakTangguhPascaPandemiCOVID19
    • #AnakTangguhIndonesiaLestari






Sambut Hari Anak Nasional 2022, KPPA Usung Tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" tentu ini menjadi tema yang sangat berarti. Semoga dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 ini, sebagai orangtua, kita juga ikut komitmen meningkatkan pemenuhan hak dan perlindungan anak-anak dengan Peduli Pasca Pandemi COVID-19 agar Anak Tangguh Pasca Pandemi COVID-19 jadikan Indonesia Lestari. Artinya Tema ini bukan hanya sekedar tema namun juga implementasi sesungguhnya dari tema HAN.



Sebagai penulis d blogduniaanakindonesia.blogspot.com saya ucapkan "SELAMAT MEMPERINGATI HARI ANAK NASIONAL 2022" untuk seluruh anak-anak di Indonesia.

Post a Comment for "LOGO & TEMA HAN: SAMBUT HARI ANAK NASIONAL “ANAK TERLINDUNGI, INDONESIA MAJU”"