CARA CEPAT MENGAJAR ANAK MEMBACA DI RUMAH

Belajar membaca adalah proses kompleks yang tidak terjadi dengan sendirinya. Cara terbaik untuk mengajar anak-anak membaca adalah dengan menjadikannya menyenangkan.

Kebanyakan orang tidak memikirkan proses belajar membaca sampai mereka memutuskan untuk mulai mengajar anak-anak mereka sendiri di rumah.

Berlawanan dengan apa yang diyakini sebagian orang, belajar membaca bukanlah proses 'alami' yang terjadi dengan sendirinya. Ini adalah salah satu yang kompleks yang membutuhkan pengajaran yang tepat dari berbagai keterampilan dan strategi, seperti phonics (mengetahui hubungan antara huruf dan suara) dan kesadaran fonemis.

Berita baiknya adalah meskipun membaca itu sendiri adalah proses yang kompleks, langkah-langkah yang diambil untuk membangun keterampilan ini cukup sederhana dan mudah. Untuk mengajari anak-anak cara membaca dan menjadikannya pengalaman yang positif dan bermanfaat, cobalah strategi sederhana dan teruji waktu di bawah ini.

Cara Cepat Mengajar Anak Membaca di Rumah

Cara Cepat Mengajari Anak Membaca di Rumah Anda

1. Gunakan lagu dan syair anak-anak untuk membangun kesadaran fonemis

Lagu anak-anak dan syair anak-anak tidak hanya menyenangkan pasti lagu dan syair membantu anak-anak untuk mendengar suara dan suku kata dalam kata-kata, yang membantu mereka belajar membaca sehingga mereka termotivasi. Cara yang baik untuk membangun kesadaran fonemik (salah satu keterampilan terpenting dalam belajar membaca) adalah dengan bertepuk tangan bersama dan melafalkan lagu secara serempak. Aktivitas bermain dan ikatan ini adalah cara yang fantastis bagi anak-anak untuk secara implisit mengembangkan keterampilan membaca yang akan mengatur mereka untuk keberhasilan membaca.
Mungkin Anda Menyukai:


2. Buat kartu kata sederhana di rumah

Gunting kartu-kartu sederhana dan tulis kata yang berisi tiga suara pada masing-masing kartu contohnya: matahari, inspirasi, semangat, kuda, dll. Ajak anak Anda untuk memilih kartu, lalu baca kata itu bersama dan angkat tiga jari. Minta mereka untuk mengatakan suara pertama yang mereka dengar dalam kata, kemudian yang kedua, dan yang ketiga. Kegiatan sederhana ini membutuhkan sedikit waktu persiapan dan membangun keterampilan fonik dan decoding yang penting dalam membantu mereka belajar bagaimana cara mengucapkan kata-kata. Jika anak Anda baru memulai dengan mempelajari huruf-huruf alfabet, fokuslah pada bunyi setiap huruf, lebih dari sekadar nama huruf.


3. Libatkan anak Anda di lingkungan yang kaya akan cetak

Ciptakan peluang harian untuk membangun keterampilan membaca anak Anda dengan menciptakan lingkungan yang kaya akan cetak di rumah. Melihat kata-kata yang dicetak apa itu pada poster, grafik, buku, label, dll. Memungkinkan anak-anak untuk melihat dan menerapkan koneksi antara suara dan simbol huruf. Saat Anda bepergian, tunjukkan surat pada poster, papan iklan, dan tanda-tanda. Pada saatnya nanti Anda bisa membuat model mengeluarkan huruf untuk membuat kata-kata. Fokus pada huruf pertama dalam kata-kata. Tanyakan kepada anak Anda, "Suara apa kata itu?" "Apa kata lain yang dimulai dengan suara itu?" "Kata apa yang berirama dengan kata itu?" ini akan menumbuhkan mereka pada cinta terhadap hal baru.


4. Mainkan permainan kata di rumah atau di dalam mobil

Membangun dari langkah sebelumnya, perkenalkan permainan kata sederhana secara teratur. Fokus pada bermain game yang mendorong anak Anda untuk mendengarkan, mengidentifikasi, dan memanipulasi suara dengan kata-kata. Misalnya, mulailah dengan mengajukan pertanyaan seperti, "Suara apa yang dimulai dengan kata itu?" "Suara apa yang diakhiri dengan kata itu?" "Kata-kata apa yang dimulai dengan suara itu?"


5. Memahami keterampilan inti yang terlibat dalam mengajar anak-anak membaca

Penting untuk diingat bahwa belajar membaca melibatkan berbagai keterampilan yang berbeda. Ada lima komponen penting bacaan yang bisa Anda baca di sini. Ini adalah keterampilan yang dibutuhkan semua anak untuk berhasil belajar membaca. Singkatnya, ini termasuk:

  • Kesadaran fonemik - Kesadaran fonemik adalah kemampuan untuk mendengar dan memanipulasi suara yang berbeda dalam kata-kata,
  • Fonika - Fonika adalah mengenali hubungan antara huruf dan suara yang dihasilkannya
  • Kosa kata - bertujuan untuk memahami makna kata-kata, definisi mereka, dan konteksnya
  • Pemahaman membaca - bertujuan untuk memahami makna teks, baik dalam buku cerita dan buku informasi
  • Kefasihan - ini berarti kemampuan membaca dengan keras dengan kecepatan, pengertian dan akurasi



6. Bermain dengan magnet huruf

Suara vokal tengah bisa sulit untuk beberapa anak, itulah sebabnya kegiatan ini bisa sangat membantu. Siapkan magnet huruf di lemari es dan tarik vokal ke satu sisi (a, e, i, o, u). Ucapkan kata KVK (konsonan-vokal-konsonan), misalnya 'IBU', dan minta anak Anda mengejanya menggunakan magnet.


7. Baca buku bersama setiap hari dan ajukan pertanyaan tentang itu

Banyak orang tidak menyadari betapa banyak keterampilan yang dapat diambil melalui tindakan sederhana membaca kepada seorang anak. Anda tidak hanya menunjukkan kepada mereka cara mengucapkan kata-kata, Anda juga membangun keterampilan pemahaman kunci, mengembangkan kosa kata mereka, dan membiarkan mereka mendengar seperti apa suara pembaca yang lancar. Yang paling penting, membaca teratur membantu anak Anda mengembangkan rasa cinta membaca, yang merupakan cara terbaik untuk mendidik mereka agar sukses membaca.


8. Bersabar: cara terbaik untuk ngajarin anak-anak membaca adalah membuatnya menyenangkan!

Setiap anak belajar dengan kecepatannya sendiri, jadi selalu ingat satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah membuatnya menyenangkan. Dengan membaca secara teratur, mencampuradukkan kegiatan-kegiatan yang Anda pilih, dan membiarkan anak Anda memilih buku-buku mereka sendiri sesekali, Anda akan menanamkan kecintaan awal untuk membaca dan memberi mereka peluang terbaik untuk kesuksesan membaca dalam waktu singkat atau cepat.

Post a Comment for "CARA CEPAT MENGAJAR ANAK MEMBACA DI RUMAH"