DEFINISI ISTILAH KESEHATAN: GIZI

blogduniaanakindonesia.blogspot.com Gizi atau biasa disebut nutrisi adalah tentang makan-makanan yang sehat dan seimbang. Makanan dan minuman menyediakan energi dan nutrisi yang anak-anak butuhkan untuk menjadi sehat. Bahkan terdapat cabang keilmuan juga ahli yang khusus mempelajari tentang cabang ini, adalah ilmu gizi. Sebagai konsep dasar pengetahuan apa itu ilmu gizi sebelum bunda menentukan langkah dalam membuat makanan seimbang untuk keluarga khususnya anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, berikut penjelasan mengenai pengertian dan definisi istilah-istilah kesehatan terutama gizi menurut persepsi ahli dan secara umumnya:




DEFINISI KESEHATAN DAN GIZI MENURUT PARA AHLI KESEHATAN

KESEHATAN MENURUT PARA AHLI KESEHATAN

  • Menurut Undang-undang No.23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan berpendapat bahwa pengertian kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  • Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948 berpendapat bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”
  • Menurut konsep White tahun 1977 berpendapat bahwa arti sehat adalah suatu keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa tidak mempunyai keluhan ataupun tidak terdapat tanda-tanda suatu penyakit dan kelainan.
  • Menurut Parkins tahun 1938 mendefinisikan bahwa konsep sehat adalah suatu keadaan seimbang yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dan berbagai faktor yang berusaha mempengaruhinya.

GIZI DAN MENURUT PARA AHLI KESEHATAN

  • Menurut Soenarjo tahun 2000 berpendapat bahwa pengertian nutrisi atau gizi adalah ikatan kimia yang yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan.
  • Menurut Rock CL tahun 2004 berpendapat bahwa pengertian gizi adalah proses dimana tubuh manusia menggunakan makanan untuk membentuk energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan dan untuk berlangsungnya fungsi normal setiap organ dan jaringan tubuh.
  • Menurut Supariasa tahun 2001 mengemukakan pendapatnya bahwa definisi dari gizi adalah suatu proses organism menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses degesti, absorbsi, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan.
  • Menurut Nuwer tahun 2008 berpendapat bahwa pengertian Nutrisi adalah proses pengambilan zat-zat makanan penting.
  • Menurut Uri tahun 2008 berpendapat bahwa dalam kesehatan gizi berbeda dengan makanan, dimana makanan merupakan segala sesuatu yang kita makan sedangkan gizi merupakan apa yang terkandung dalam makanan tersebut.

DEFINISI ILMU KESEHATAN MENURUT PARA PAKAR


Menurut Winslow Tahun 1920 Tentang Ilmu kesehatan berpendapat bahwa pengertian ilmu kesehatan masyarakat adalah suatu ilmu dan seni yang bertujuan mencegah timbulnya penyakit, memperpanjang masa hidup dan mempertinggi nilai kesehatan dengan jalan menimbulkan, menyatukan, meyalurkan, mengkoordinir usaha-usaha di dalam masyarakat kearah terlaksananya usaha-usaha memperbaiki kesehatan lingkungan, mencegah dan memberantas penyakit-penyakit infeksi merajalela dalam masyarakat, mendidik masyarakat dalam prinsip-prinsip kesehatan perorangan, mengkoordinir tenaga-tenaga kesehatan agar mereka dapat melalukan pengobatan dan perawatan dengan sebaik-baiknya dan mengembangkan usaha masyarakat agar dapat mencapai tingkatan hidup yang setinggi-tingginya sehingga dapat memberbaiki dan memelihara kesehatannya.


DEFINISI ILMU GIZI MENURUT PARA AHLI

  • Menurut Tuti Sunardi tahun 2000 berpendapat bahwa pengertian Ilmu gizi adalah ilmu yang akan menjelaskan sesuatu yang bisa mempengaruhi akan proses perubahan dari semua makanan yang masuk kedalam tubuh, ilmu gizi juga memiliki peranan untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan juga untuk mempertahankan kehidupan kita dengan segala proses yang terjadi dalam tubuh dengan baik.
  • Menurut Nirmala Devi tahun 2012 berpendapat bahwa pengertian Ilmu gizi adalah ilmu yang menerangkan tentang subtansi yang diperoleh dari berbagai makanan dan digunakan untuk membantu proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan pada jaringan yang ada dalam tubuh. ilmu gizi memiliki peranan yang begitu banyak dalam segala proses pertumbuhan dan proses yang berjalan dalam tubuh.
  • Menurut Ida Purnomowati, Diana H, Cahyo S tahun 2010 mengemukakan pendapatnya bahwa definisi dari Ilmu gizi adalah ilmu yang menjelaskan sebuah zat yang dibutuhkan tubuh kita untuk proses pertumbuhan kita, dan menjadi zat yang akan membantu untuk memperbaiki jaringan yang ada dalam tubuh. ilmu gizi juga menjadi sebuah zat yang menyediakan energy guna untuk fungsi tubuh atau dapat juga diartikan sebagai sebuah komponen dalam pertumbuhan seseorang.

DEFINISI ISTILAH KESEHATAN: GIZI


HUBUNGAN KESEHATAN DAN GIZI

Ada hubungan erat antara kesehatan dan gizi. Keadaan kesehatan fisik tergantung pada gizi nutrisi yang tepat dan baik. Gizi yang baik adalah kunci untuk menjalani gaya hidup sehat. Kita dapat meningkatkan kesehatan kita jika kita menjaga diri kita sendiri. Makan makanan yang seimbang adalah bagian penting dari kesehatan yang baik. Kita harus makan makanan yang mengandung enam Gizi penting yang meliputi biji-bijian, sumber protein, susu, buah-buahan, sayuran, dan air.


Gizi berperan dalam mempromosikan kesehatan yang baik. Jadi, kita harus berhati-hati tentang makanan dan gizi yang harus ditekankan dalam diet kita, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan kesehatan kita. Diet penuh buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak telah membuktikan manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kontrol glukosa pada penderita diabetes, penurunan berat badan, meningkatkan artritis dan mengurangi risiko kanker dan kejadian kardiovaskular dan sebagainya.


MENGAPA GIZI SEIMBANG SANGAT PENTING UNTUK KESEHATAN?


Gizi yang seimbang dan baik sangat bermanfaat bagi anak-anak kita. Gizi seimbang berarti makanan yang dapat menjaga keseimbangan energi yang dibutuhkan ke dalam tubuh kita. Jika tubuh anak-anak tidak memiliki energi, mereka tidak dapat belajar, bemain, bekerja dengan baik. Untuk kesehatan yang baik dan optimal, mereka harus berhati-hati tentang apa yang mereka makan, bagaimana mereka makan, berapa banyak mereka makan dan berapa lama mereka makan.


Anak-anak memiliki beberapa faktor pembatas dalam tubuh mereka tetapi dengan mengkonsumsi gizi seimbang dapat menghilangkannya. Di antara faktor-faktor pembatas yang muncul pertama kali dalam pikiran Anak-anak kita adalah Genetika. Semua anak memiliki gen yang berbeda dan dia  harus menerima bahwa masing-masing dan setiap orang tidak diberkati secara genetis. Misalnya, beberapa orang menurunkan berat badan dengan sangat cepat dan beberapa lainnya sangat lambat; beberapa orang mendapatkan otot yang baik dengan sangat cepat tetapi ada juga yang tidak. Ini adalah faktor genetik. Tetapi jika kita memberi makan anak-anak untuk menambahkan kesimbangan gizi yang baik ke dalam makanan mereka, itu memungkinkan mereka untuk memecah fakta ini dan bahkan merka dapat mencapai kesehatan yang baik. Itulah sebabnya gizi atau Nutrisi adalah dikenal sebagai Promotor Kesehatan yang Baik.


DEFINISI ISTILAH-ISTILAH GIZI DALAM KESEHATAN

1. Asam amino

Asam amino adalah blok bangunan protein. Tubuh menghasilkan banyak asam amino dan lainnya berasal dari makanan. Tubuh menyerap asam amino melalui usus kecil ke dalam darah. Kemudian darah membawa mereka ke seluruh tubuh.

2. Gula darah (Glukosa)

Glukosa juga disebut gula darah adalah gula utama yang ditemukan dalam darah dan sumber energi utama bagi tubuh Anda.

3. Kalori

Satuan energi dalam makanan. Karbohidrat, lemak, protein, dan alkohol dalam makanan dan minuman yang kita makan menyediakan energi makanan atau "kalori".

4. Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu jenis nutrisi utama. Sistem pencernaan Anda mengubah karbohidrat menjadi glukosa (gula darah). Tubuh Anda menggunakan gula ini untuk energi bagi sel, jaringan, dan organ Anda. Ini menyimpan gula tambahan di hati dan otot Anda ketika dibutuhkan. Ada dua jenis karbohidrat: sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana termasuk gula alami dan tambahan. Karbohidrat kompleks termasuk roti gandum dan sereal, sayuran bertepung dan kacang-kacangan.

5. Kolesterol

Kolesterol adalah zat lilin, seperti lemak yang ditemukan di semua sel tubuh. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu Anda mencerna makanan. Tubuh Anda membuat semua kolesterol yang dibutuhkannya. Namun, kolesterol juga ditemukan di beberapa makanan yang Anda makan. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

6. Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika Anda tidak minum cukup cairan untuk menggantikan cairan yang hilang. Anda bisa kehilangan cairan melalui sering buang air kecil, berkeringat, diare, atau muntah. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda tidak memiliki cukup cairan dan elektrolit untuk bekerja dengan baik.

7. Diet

Diet Anda terdiri dari apa yang Anda makan dan minum. Ada banyak jenis diet, seperti diet vegetarian, diet penurunan berat badan, dan diet untuk orang dengan masalah kesehatan tertentu.

8. Suplemen diet

Suplemen makanan adalah produk yang Anda ambil untuk melengkapi makanan Anda. Ini mengandung satu atau lebih bahan makanan (termasuk vitamin; mineral; herbal atau tumbuhan lainnya; asam amino, dan zat lain). Suplemen tidak harus melalui pengujian yang dilakukan obat untuk efektivitas dan keamanan.

9. Nutrisi

Nutrisi = Gizi

10. Ilmu gizi

ini adalah ilmu tentang makanan, zat-zat gizi, dan substansi yang terkandung didalamnya, peran dan keseimbangannya, untuk kesehatan dan masalah kesehatan.

11. GIZI BURUK

Kekurangan Energi Protein / Energi, Kwaskhiorkor / Protein

12. DIET

Diet atau dikenal diit Adalah suatu istilah untuk mengetahui seberapa banyak jumlah dan jenis bahan makanan /minuman yang dikomsumsi seseorang dalam membantu menyembuhkan penyakit, mempertahankan kondisi kesehatan tubuh kita.

13. Under Nutrition

Under nutrition berarti Kekurangan komsumsi pangan secara relatif / absolut untuk waktu tertentu contoh bencana alam.

14. Asam lemak

Asam lemak adalah komponen utama lemak yang digunakan oleh tubuh untuk pengembangan energi dan jaringan.

15. Serat

Serat adalah zat dalam tanaman. Serat makanan adalah jenis yang Anda makan. Ini sejenis karbohidrat. Anda juga dapat melihatnya tercantum pada label makanan sebagai serat larut atau serat tidak larut. Kedua jenis ini memiliki manfaat kesehatan yang penting. Serat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, dan tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama. Itu bisa membantu Anda mengendalikan berat badan. Ini membantu pencernaan dan membantu mencegah sembelit.


KESIMPULAN DEFINISI ISTILAH KESEHATAN DAN GIZI

Dari penedapat para ahli tentang kesehatan dan gizi,  blogduniaanakindonesia.blogspot.com menyimpukan bahwa cara seorang anak merespons resistensi terhadap penyakit, gizi yang tepat berperan penting. Anak-anak yang bergizi baik ketika sakit, mereka pemulihan kesehatannya lebih cepat. Secara keseluruhan, kesehatan, keselamatan, dan gizi memainkan peran yang saling terkait.




DAFTAR PUSTAKA BLOGDUNIAANAKINDONESIA.BLOGSPOT.COM

Sunardi, Tuti. 2000. Hidangan Sehat untuk Penderita Hipertensi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Supariasa. 2001. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Nirmala, Devi. 2012. Gizi Anak Sekolah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Soenarjo. 2002. Usaha Kesehatan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarkarya

Post a Comment for "DEFINISI ISTILAH KESEHATAN: GIZI"