MERUMUSKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran adalah adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dimengerti, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar (juga disebut Prinsip learning outcomes).


Blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Capaian Pembelajaran (CP) sering kali dirumuskan seperti ini:
  • Sebagai hasil dari berpartisipasi dalam (nama program/fase learning), Anda (siswa) akan dapat (kata kerja tindakan) (kerangka pembelajaran) Profil Pelajar Pancasila.



Gunakan Capaian Pembelajaran Anda sebagai perangkat. Biarkan Guru menginformasikan pilihan Anda tentang strategi pengajaran, kegiatan program, dan Prinsip asesmen atau penilaian.

Baca Juga: PROSEDUR DAN PRINSIP PENYUSUNAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA
https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/


APA ARTI CAPAIAN PEMBELAJARAN?

Capaian Pembelajaran yang diidentifikasi dengan jelas memungkinkan guru untuk:
  • Lebih difokuskan pada apa yang diharapkan dapat dilakukan oleh siswa selama atau pada akhir suatu proses belajar.
  • Prinsip asesmen ataupun penilaian yang memungkinkan siswa untuk menunjukkan pengetahuan dan keterampilan mereka.
  • Prinsip penyusunan strategi mengajar atau kegiatan belajar yang akan membantu siswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.
  • Menilai pembelajaran siswa secara akurat dan efektif



Memiliki akses ke Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Sekolah Penggerak yang diartikulasikan (dalam silabus, misalnya) membantu siswa:
  • Putuskan apakah materi mata pelajaran tersebut cocok untuk lintasan akademik mereka
  • Identifikasi apa yang perlu mereka lakukan agar berhasil dalam belajar
  • Monitoring dan Evaluasi atas kemajuan mereka
  • Perhatikan apa yang mereka pelajari



LANGKAH-LANGKAH MERUMUSKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN

  • Tanyakan pada diri Anda apa hal terpenting yang harus diketahui siswa (kognitif), dapat dilakukan (keterampilan), atau nilai (afektif) setelah menyelesaikan jenjang fase learning/program Sekolah maupun Madrasah.
  • Konsultasikan daftar kata kerja tindakan, yang merupakan kata kerja yang menghasilkan perilaku terbuka atau bahan ajar yang dapat diamati dan diukur. Taksonomi Bloom untuk Tujuan Pendidikan menyediakan beberapa kata kerja yang berguna untuk menulis tujuan untuk berbagai tingkat pembelajaran. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Pengantar Model Taksonomi Bloom dari Pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
  • Hindari kata kerja yang tidak jelas dan tidak dapat diamati dan diukur dengan mudah, misalnya: menghargai, menyadari, mengenal, mengetahui, mempelajari, dan memahami.
  • Buat daftar kemungkinan asesmen belajar. Bersikaplah realistis dalam mempertimbangkan apa yang mungkin dicapai siswa dalam fase sekolah Anda. Hanya pertahankan hasil belajar yang paling penting.
  • Edit dan tinjau hasilnya menggunakan Daftar Periksa Tinjauan Capaian Pembelajaran.



DAFTAR PUSTAKA

Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 033/H/Kr/2022 Tentang Perubahan Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.


Dian NF, M.Hum (2021). Taksonomi Bloom: Model Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran. Pusdiklat Perpusnas RI.


Fitri, Amalia (Tim Konten Platform Merdeka Mengajar) & Viannata, Rateh Denok S.ST. (Guru Informatika SMP Muhammadiyah 08 Batu), (2022). Penerapan Capaian Pembelajaran hingga Alur Tujuan Pembelajaran sesuai Fase. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Guru Berbagi.


Demikian pembahasan CP yang dapat dibagikan Blogduniaanakindonesia.blogspot.com, semoga bermanfaat ---

Post a Comment for "MERUMUSKAN CAPAIAN PEMBELAJARAN"