Selamat Tahun Baru Hijriyah 2023

Hijriyah
19 Juli (blogduniaanakindonesia.blogspot.com)



Perayaan 1 Muharram 1445 Hijriyah atau Tahun Baru Islam merupakan salah satu perayaan penting bagi umat Muslim. Tahun Baru Hijriyah 2023 akan dirayakan pada 19 Juli 2023 dengan tahun Hijriah yang memiliki makna hijrah. Hijrah menurut bahasa memiliki dua arti, pertama secara zhahiriy, yaitu perpindahan dari suatu tempat menuju ke tempat yang lebih baik. Dan kedua secara ma’nawiy, yaitu perubahan dari satu kondisi kepada kondisi yang lebih baik. Hijrah yang berakar kata hajara juga memiliki arti meninggalkan/menjauhkan diri. Saat menyambut 1 Muharram 1445 hijrah diharapkan menjadi awal tahun meninggalkan keburukan menuju ke arah yang lebih baik.


Lalu bagaimana berhijrah pada konteks kekinian? Hijrah adalah sebuah etos dan spirit yang harus terus dirawat dalam kehidupan. Hijrah adalah sebuah upaya keras (jihad) untuk memperbaiki kualitas hidup yang berisi dan menuju kepada kebaikan dan perbaikan, dalam bingkai peribadatan. Allah SWT, Berfirman dalam surah An-Nisaa’ ayat 100:


وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا


Artinya: Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat/cita-cita yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya adalah dengan berusaha keras agar kehidupan diri, keluarga, masyarakat serta bangsa berjalan pada koridor yang diridhoi oleh Allah SWT, sesuai dengan tuntunan serta panduan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana yang diwarisi dan diajarkan oleh para ulama.


Inilah satu-satunya cara, yang bila cara tersebut ditempuh, maka garansinya adalah suatu perubahan menuju kepada situasi dan kondisi kehidupan yang lebih baik dan beradab, sebagaimana yang telah Allah janjikan kepada kita pada ayat di atas.


Dalam berhijrah, secara lebih spesifik, Rasulullah berwasiat kepada kita:


والمهاجر من هجر ما نهى الله عنه (رواه البخاري)


Artinya: Dan orang yang berhijrah adalah orang yang telah meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah. (HR. Imam Al-Bukhari)


Wasiat Rasulallah di atas senada dengan apa yang telah Allah wajibkan dalam surah Al-Muddatstsir ayat 5:


والرجز فاهجر


Artinya: Dan dari segala perbuatan dosa, maka hijrahlah (tinggalkanlah).


Memperkokoh niat dan mengoptimalkan daya upaya untuk menaati segala perintah dan larangan Allah, inilah esensi dari kewajiban hijrah.


Semoga, pada awal tahun baru 1445 H ini, mengintrospeksi diri atas segala langkah yang telah kita lewati pada tahun 1444 H yang lalu, untuk kemudian mengoreksinya dan menjadikannya sebagai modal guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas ketaatan, sehingga tidak menjadi orang yang merugi, apalagi celaka

You may like these posts : 40 Kata Bijak Tahun Baru Hijriyah, Buat Jadi Lebih Bermakna

Blogduniaanakindonesia.blogspot.com mengucapkan, Marhaban ya Syahru Muharram! Selamat tahun baru Hijriyah 2023, semoga 1 Muharram 1445 H menjadi awal tahun meninggalkan keburukan menuju ke arah yang lebih baik sepanjang tahun!

Post a Comment for "Selamat Tahun Baru Hijriyah 2023"