BAGAIMANA CARA MENURUNKAN DEMAM TINGGI PADA BAYI, ANAK DAN ORANG DEWASA

Cara Mengatasi Demam Tinggi Pada Bayi, Anak dan Orang Dewasa - Tidak sedikit dari orang tahu bahwa demam sebenarnya menandakan tubuh sedang bekerja melawan infeksi, dan panas pada tubuh bukan berarti sesuatu yang buruk. Akan tetapi suhu tubuh yang tinggi juga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena akan berdampak kepada kesehatan.


Walaupun demam adalah sebuah tanda yang baik untuk seseorang mengetahui kondisi tertentu, akan tetapi suhu tubuh meningkat hingga 38 derajat celcius atau lebih, justru akan menimbulkan permaslahan baru, terutama bagi anak-anak dan bayi. Demam yang tinggi pada anak akan berdampak kepada ketidaknyamanan serta iritasi, sedangkan untuk bayi, jika panas tubuhnya meningkat drastis melebihi dari kondisi normal maka akan menimbulkan resiko kejang.


Perlu diketahui bahwa demam yang mengakibatkan panas tinggi pada tubuh bayi, anak maupun orang dewasa disebabkan oleh infeksi, seperti keracunana makanan, pneumania, ataupun flu bahkan infeksi terhadap saluran pencernaan. Selain itu Demam juga bisa disebabkan oleh faktor lain dari penyakit, seperti salah satunya adalah jenis kanker tertentu. Anda tidak perlu khawatir jika mendapati bayi ataupun anak mengalami demam tinggi, selagi peningkatan panas tubuhnya dalam tingkat kewajaran, anda dapat mengatasi demam tinggi pada bayi, anak dan orang dewasa dengan melakukan beberapa tips alami yang dapat menurunkan suhu panas tubuh tinggi.

Baca: Perawatan Alami Untuk Pilek Dan Flu Anak


CARA MELAKUKAN PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK MENURUNKAN DEMAM TINGGI PADA BAYI, ANAK DAN ORANG DEWASA

Sebelum mengatasi demam tinggi, ada baiknya anda kenali terlebih dahulu gejala-gejala yang ditimbulkan oleh demam tinggi. Gejala tersebut, seperti; berkeringat, sakit kepala, sakit otot, menggigil, hilangnya nafsu makan, merasa lemah, dan gelisah. Apabila seseorang mengalami demam yang sangat tinggi, maka ia akan merasakan kondisi ngantuk yang sangat parah, mudah emosi/marah, hingga kejang-kejang.


Tentunya kita tidak berharap gejala tersebut dialami oleh bayi maupun anak, oleh karena itu berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan di rumah dalam mengatasi demam yang tinggi. Tips menurunkan panas tinggi akan sangat berbeda, tergantung dengan kondisi serta golongan usia seseorang.

Tips mengatasi demam tinggi bayi dan balita.

  • Bayi usia 0-3 bulan. Apabila mengalami demam tinggi anda HARUS segera membawa si bayi usia di bawah 3 bulan ke dokter dan harus cepat ditangani karena demam pada usia tersebut berpotensi menandakan bahwa si kecil mengalami kondisi yang serius. Demam pada usia 0-3 bulan sangat membutuhkan perhatian khusus secara medis karena bayi berusia di bawah 3 bulan tidak memiliki lapisan pelindung sel antara aliran darah dan sistem saraf pusat yang cukup tebal. Ini memungkinkan mikroorganisme menyebar dan merusak jaringan saraf dengan cepat.
  • Bayi usia 3-6 bulan. Apabila bayi di usia tersebut mengalami demam tinggi, maka tindakan yang harus dilakukan adalah mandikan bayi usia 3-6 bulan tersebut dengan menggunakan air hangat, karena dengan uap yang ditimbulkan oleh air hangat juga memungkinkan bayi menghirupnya dan dapat melancarkan pernafasan si bayi. Jangan lupa untuk memberikan asupan cairan yang cukup untuk si kecil, agar bayi tidak mengalami dehidrasi.
  • Bayi usia 6-24 bulan. Apabila bayi telah berusia 6 hingga 2 tahun mengalami demam tinggi, anda dapat memberikan acetaminophen. Penting: baca penggunaanny dengan baik gunakan dosis yang tepat. Jika dalam 1 hari bayi 6 tahun ke atas tidak mengalami penurunan terhadap demamnya, sebaiknya hubungi dokter.
BAGAIMANA CARA MENURUNKAN DEMAM TINGGI PADA BAYI, ANAK DAN ORANG DEWASA

Tips menangani demam tinggi pada anak-anak hingga remaja.

Cara mengatasi demam tinggi pada anak-anak hingga remaja




Anak berusia 2-17 tahun, jika mengalami demam tinggi sebaiknya anjurkan anak untuk menkonsumsi air yang banyak agar tidak dehidrasi dan anjurkan untuk banyak istirahat. Anak usia 2 hingga 17 tahun jika mengalami panas tinggi, juga dapat di beri acetaminophen. Ingat: selalu baca lebel kemasan dengan baik untuk menentukan dosis yang tepat. Dan apabila lebih dari 2 hari anak usia 2 tahun hingga remaja 17 tahun yang demam tinggi tidak mengalami penurunan pada suhu panas tubuhnya, sebaiknya hubungi dan konsultasikan ke dokter.


Tips menangani demam tinggi pada orang dewasa.

Tips menangani demam tinggi



Yang dikategorikan orang dewasa adalah orang yang telah berusia 18 tahun keatas. Jadi apabila orang dewasa mengalami demam tinggi, sebaiknya minum yang banyak agar tidak dehidrasi dan banyak istirahat. Anda dapat juga memberikan acetaminophen. Ingat: selalu baca lebel kemasan dengan baik untuk menentukan dosis yang tepat. Dan apabila lebih dari 2 hari anak usia 2 tahun hingga remaja 17 tahun yang demam tinggi tidak mengalami penurunan pada suhu panas tubuhnya, sebaiknya hubungi dan konsultasikan ke dokter.


Demikian tulisan tentang Bagaimana Cara Menurunkan Demam Tinggi Pada Bayi, Anak dan Orang Dewasa, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam mengatasi bayi, anak maupun orang dewasa yang sedang mengalami panasa tinggi di rumah.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com.  Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "BAGAIMANA CARA MENURUNKAN DEMAM TINGGI PADA BAYI, ANAK DAN ORANG DEWASA"