BAGAIMANA MENDIDIK ANAK SUPAYA CERDAS SEJAK DINI, SIMAK YUK

Mendidik seorang anak memang tidaklah mudah, itu juga saya alami apalagi anak tersebut keras kepala, susah diatur bahkan suka melawan. Namun sebagai orangtua adalah suatu kewajiban dalam mendidik anak selain harus diserahkan kepada pihak sekolah, baik itu agar dia memiliki pintar, penurut serta mandiri. Seperti diketahui bahwa lingkungan keluarga merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi perkembangan psikologis anak.


Pendidikan didapat dari bimbingan pihak lain dalam contoh kasus ini mencakup pengertian bahwa pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan anak-anak yang diturunkan dari orangtua ke anak-anak melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Artinya pendidikan memang harus menjadi prioritas utama bagi kita untuk mendidik mereka.


Setiap orang dilahirkan memiliki kecerdasan masing-masing namun apabila sejak usia dini anak tidak diarahkan juga dididik dengan baik tentu otak cerdasnya akan sia-sia. Anak cerdas bukan hanya sekedar cerdas tentang hal pelajaran di kelas tetapi pandai berkomunikasi, berinteraksi di lingkungannya serta kreatif. Oleh sebab itu orangtua mesti tahu cara membuat anak cerdas baik menurut Islam, maupun secara umum dan harus dilakukan dengan cara-cara tanpa paksaan. Lalu bagaimana membuat anak agar pintar sejak lahir? ini mungkin menjadi pertanyaan yang sering dipikirkan orangtua sehingga memudahkannya untuk membuat perencanaan dalam mendidik si kecil supaya cerdas, kreatif sampai mandiri.


Bagaimana Cara Mendidik Anak Supaya Cerdas Sejak Dini


Sebenarnya apabila bunda bertanya-tanya bagaimana cara membangkitkan kejeniusan?, jawabanya sederhana; dibutuhkan hanyalah cinta, waktu, dan pengabdian kepada anak Anda. Banyak dari kita berpikir anak-anak harus pintar, tetapi itu tidak perlu. Mereka hanya membutuhkan perhatian orangtua.


Selama dekade pertama kehidupan anak Anda, ia akan belajar banyak hal bahkan dapat dilakukan sejak otaknya membentuk triliunan koneksi. Setiap kali anak-anak mengalami sesuatu baru, otak membuat koneksi lain. Dan hubungan itu membantu dia belajar lebih baik di area lain. Contohnya, pelajaran musik dapat membantu keterampilan matematika si kecil. Oleh karena itu, apa yang bisa bunda lakukan untuk membantu anak mencapai potensi tertinggi mereka?.


Mari cari tahu yuk, bagaimana cara mendidik anak agar cerdas sejak dini?


Cara Mendidik Seorang Anak Supaya Cerdas atau Jenius


Berikut beberapa tips dan cara-cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan kecerdasan anak sedini mungkin:

1. Bicara dengan Teknik Meminta



Minta anak Anda untuk mulai membuka pertanyaan, tapi bukan pertanyaan ya-tidak; ini dapat membantu anak-anak berpikir tentang apa yang mereka ketahui. Berikan umpan balik serta biarkan anak-anak tahu bahwa bunda menghargai pendapat mereka. Juga, ketika berbicara dengan anak, usahakan jangan menggunakan kata-kata "baby talk". Ini bertujuan supaya membantu meningkatkan kosakata dan pemahaman bahasa mereka. Pasti dia mungkin kurang mendapatkan arti di awal, tetapi itu akan mengajarkan bahkan membuat mereka perlahan mencoba memahami setelah sering mendengarkan kalimat tersebut.


2. Sering Baca untuk Anak Anda



Membacakan buku ataupun lainnya untuk anak-anak tentu akan membantu otak mereka berkoneksi dengan lingkungan sekitar dan memberi banyak informasi tentang dunia juga kehidupan. Sudah diketahui fakta bahwa membaca untuk anak sejak usia dini dapat membuatnya lebih pintar bahkan belajar lebih mudah. Para ahli percaya membaca adalah fondasi dari semua pengetahuan. Silahkan bunda coba bikin rutinitas berbagi apa yang Anda berdua baca, otomatis si kecil akan mendapat manfaat dari percakapan ini baik dalam berpikir buat mengekspresikan.


3. Dorong Rasa Ingin Tahu



Bunda mungkin telah memperhatikan ketika anak masih bayi 5 tahun (balita) atau usia prasekolah, mereka ingin tahu tentang segala sesuatu di sekitarnya. Begitu dia mencapai usia sekolah, rasa ingin tahu itu cenderung menurun. Jadi lakukan hal-hal bersama anak untuk membangkitkan kembali keingintahuan ini, tetapi dalam gaya anak yang lebih dewasa. Misalnya; bawa anak-anak ke galeri seni, pertunjukan musik, museum, dan perpustakaan di mana mereka dapat menemukan hal-hal baru mungkin menarik baginya.


4. Manfaatkan Setiap Kesempatan untuk Mendidik



Ketika Anda kembali dari kantor, bicaralah dengan anak tentang apa yang dilakukannya. Juga, kita dapat membawa anak-anak berbelanja dan menunjukkan kepada mereka cara membandingkan harga. Mungkin bunda bahkan dapat memberi anak waktu 3 hingga 4 tahun untuk memilih apel atau jeruk. Mintalah mereka mengambil buah lainnya serta biarkan anak menemukan pilihannya untuk Anda. Ada banyak kesempatan untuk mengajari dan mendidik anak tentang dunia dalam kehidupan sehari-hari, seperti salah satu contoh tadi.


5. Pujilah Mereka dengan Benar



Terlalu memuji anak-anak ketika melakukan sesuatu yang benar akan membuat dia menjadi terlalu tinggi hati atau sombong. Justru itu membuat dan menciptakan anak tertekan (stres), keras kepala juga susah diatur. Sebaliknya, berikan pujian positif bahkan ketika anak Anda membawa pulang kertas tidak terlalu bagus. Katakan hal-hal seperti “Anda hampir benar.” Dorongan, tidak terlalu positif atau terlalu negatif, sangat membantu dalam jangka panjang.


Yang perlu diperhatikan bahwa cara mendidik anak supaya pintar dan penurut adalah bukan sekedar mendidik dalam hal semua harus menuruti sesuai permintaan kita, mendidik mereka dengan benar lewat pujian tepat adalah mendidik mental menjadi pintar dan penurut, maka bunda harus pintar memilahnya.


Tips diatas merupakan makanan agar anak cerdas untuk psikologis mereka, karena bukan hanya makanan dalam bentuk buah atau obat, tetapi lebih kepada asupan gizi untuk mentalnya.


Memang masih banyak trobosan kreatif mengenai bagamana orangtua melakukan cara mengajari dan mendidik namun tips mendidik diatas merupakan langkah-langkah yang dapat diaplikasikan di rumah supaya anak menjadi cerdas pada usia dini. Terimakasih telah menyimak, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "BAGAIMANA MENDIDIK ANAK SUPAYA CERDAS SEJAK DINI, SIMAK YUK"