RAHASIA SEDERHANA MENDIDIK ANAK AGAR CERDAS

Tips Mendidik Anak Agar Cerdas - Setiap orangtua tentunya mengharapkan anaknya menjadi sosok yang pandai dalm segala bidang, seperti memiliki prestasi di sekolah, meningkat kemampuan, dan untuk mencapai semua itu tidak datang dengan sendiri, akan tetapi butuh bimbingan, dorongan dan didikan dari lingkungan sekitar agar anak dapat menjadi pandai.

Para ahli pengembangan bayi dan anak percaya bahwa pada tahun pertama kehidupan seseorang adalah waktu yang tepat untuk belajar, namun terkadang sulit untuk menentukan cara mendidik anak pada masa perkembangannya agar menjadi cerdas dan pandai.

Cara mendidik agar anak menjadi cerdas berikut ini, dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi Anda yang ingin membuat anak menjadi pandai dan cerdas berdasarkan usia.

ANAK USIA DINI

Anak usia dini menurut NAEYC (National Association for The Education of Young Children), adalah anak yang berusia antara 0 sampai 8 tahun yang mendapatkan layanan pendidikan di taman penitipan anak, penitipan anak dalam keluarga (family child care home), pendidikan prasekolah baik negeri maupun swasta, taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD).

Dapat disimpulkan bahwa pengertian anak usia dini merupakan anak yang berusia 0-8 tahun merupakan masa paling potensial untuk belajar. Jadi dengan menemukan cara bimbingan dan mendidik yang tepat tentunya memungkinkan anak akan menjadi cerdas.

CARA MENDIDIK ANAK USIA 0-12 BULAN

Perkembangan karakteristik menurut Hurlock (dalam Montolalu, dkk, 2009:2.20) menyebutkan bahwa pada usia 0-1 tahun termasuk dalam tahapan bermain atau tahap penjelajahan (Exploratory stage). Ciri dari tahap penjelajahan berupa kegiatan mengenai objek atau orang lain, mencoba menjangkau atau meraih benda dikelilingannya, lalu mengamatinya. Penjelajahan semakin luas, saat anak sudah dapat merangkak dan berjalan, sehingga anak akan mengamati setiap benda yang akan diraihnya.

Dengan memahami dunia anak pada usia 0 hingga 12 bulan, maka akan memudahkan Anda untuk menemukan bagaimana cara mengajari anak usia 0-12 bulan agar menjadi cerdas dalam lingkup dan kemampuannya.

1. Lakukan kontak mata. Untuk meningkatkan kecerdasan bayi berusia antara 6-8 minggu adalah melalui kontak mata karena pada umumnya bayi telah mampu melakukannya. Gunakan momen tersebut agar si buah hati dapat mulai mengenali Anda dan akan mengingatnya sebagai seseorang yang sangat penting.

2. Beri ASI, jika memungkinkan. Dalam sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal JAMA Pediatrics, bahwa pemberian ASI pada bayi pada tahun pertama kehidupan mereka diperkirakan akan meningkatkan kemampuan pemahamannya sebanyak 2,5 poin dan IQ sampai empat poin.

3. Jadilah teman bermain. Anda dapat menjadi teman bermain sekaligus tempat untuk bermain bayi, yang perlu Anda lakukan adalah berbaringlah di lantai, dan biarkan bayi Anda memanjat dan merangkak ke seluruh tubuh Anda. Ini lebih menyenangkan lagi dan merupakan cara mendidik anak dalam membantu meningkatkan keterampilan koordinasi dan pemecahan masalahnya.

TIPS MENDIDIK ANAK TODDLER

Toddler adalah anak usia 12 – 36 bulan yang pada periode ini anak berusaha mencari tahu bagaimana sesuatu bekerja dan bagaimana mengontrol orang lain melalui kemarahan, penolakan dan tindakan keras kepala. Hal ini merupakan periode yang sangat penting untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan intelektual secara optimal (Perry, 1998).

Dari arti tooddler yang merupakan anak usia 1-3 tahun, lalu bagaimana cara mendidik anak tooddler berdasarkan usianya dengan baik. Tips mengajarkan anak toodler berdasarkan usianya.

1. Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun. Anak usia 12 bukan ini tentunya sedikit berbeda dengan mendidik anak-anak pada usia 2 ataupun 3 tahun karena anak di bawah 1 tahun belum bisa melakukan berbagai macam interaksi, oleh karena itu penting sekali mengenalkan bahasa di usia ini.

Pada usia 12 bulan, sebagian besar mengucapkan kata pertama mereka dan mulai menggunakan isyarat tangan dan menunjuk pada hal-hal. Secara bertahap, kosakata mereka akan tumbuh dari satu atau dua kata menjadi 50 kata atau lebih.

2. Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun. Anak-anak berusia dua tahun terkadang dicirikan dengan label yang tidak terlalu positif, hal ini terjadi karena anak pada usia 2 tahun umumnya memiliki tingkat keaktifan yang tinggi, hal ini wajar karena seorang anak mulai mengerahkan kemandiriannya sekitar 2 tahun, tapi dia juga terlibat dalam percakapan, bisa beralasan, dan mulai bersosialisasi dengan orang lain.

RAHASIA SEDERHANA MENDIDIK ANAK AGAR CERDAS


Anda mungkin juga tertarik untuk membaca: Bagaimana cara tepat mendidik anak usia 2 tahun

3. Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun. Anak pada usia ini sangat senang melakukan interaksi yaitu bermain, jadi gunakan dunia bermain anak sebagai metodologi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk belajar dan mingkatkan kecerdasannya.


MENDIDIK ANAK USIA PRA-SEKOLAH

Tips Mendidik Anak Usia 4-6 tahun

Anak usia 4 hingga 6 tahun bisa digolongkan sebagai anak usia prasekolah atau taman kanak kanak. Anak usia 4-6 tahun akan memasuki fase pertumbuhan dan perkembangan anak, berupa perkembangan psikoseksual, perkembangan psikososial, perkembangan inisiatif yang mengarah kepada rasa keingintahuan serta eksplorasi terhadap apa yang ada di sekelilingnya, jadi sangat penting bagi Anda untuk mulai mengajarkan hal-hal yangdibutuhkan agar anak meningkat kecerdasannya.

Tips mengajarkan anak usia 4 hingga 6 tahun agar menjadi cerdas dan pintar berikut ini dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi Anda yang ingin membuat anak menjadi pandai dan cerdas.

4. Cara Mendidik Anak Usia 4 tahun. Dapat dilakukan dengen mangajari tentang agama, menggambar, berbahasa yang baik, serta berinterkasi. Karena anak usia 4 thn sangat senang dengan bermanin dan baginya dunia anak merupakan dunia bermain dan bermain adalah sarana belajarnya.

Cara mengajari anak usia 4 tahun agar cerdas silahkan baca: Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Anak Usia 3-4 Tahun.

5. Cara Mendidik Anak Usia 5 tahun. Anda dapat melakukan cara manjadikan anak usia 5 tahun menjadi cerdas dan pintar dengan metode memberi kasih sayang, ikut dalam bermain, apresiasi terhadap pencapaiannya walaupun dalam scoop kecil, tetap mengajarkan norma-norma pendidikan agama, serta memberi contoh dengan prilaku baik karena anak usia 5 tahun sangat pandai dalam meniru dan akan diimplementasi dalam kehidupan sosialnya.

6. Cara Mendidik Anak Usia 6 tahun. Bermain dan belajar merupakan cara terbaik dalam mengajarkan anak usia 6 thn agar menjadi cerdas, mungkin Anda sering mendapati anak bermain dan sering berinisiatif untuk menciptakan satu gagasan terhadap kesulitan yang hadapinya. Kreatifitas seperti ini harus Anda manfaatkan dan dorong agar anak terbiasa dengan ide dan gagasan yang dimilikinya.

Pada usia 6 Tahun juga merupakan usia persiapan masuk ke sekolah yang menuntut fokus dalam belajar, yaitu sekolah dasar. Jadi sangat penting bagi orang tuan untuk mendidik anak agar cerdas dengan mengetahui cara menentukan pola asuh dalam mendidik anak usia dini sesuai dengan keadaan anak Anda.

MENDIDIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD)

Metode yang efektif mendidik anak usia SD untuk menjadikannya cerdas tidak harus terfokus kepada pihak pendidik di sekolah, karena dibutuhkan juga peran orangtua dalam mendidik secara aktif agar anak usia sekolah dasar mengembangkan potensi dirinya.

7. Cara Mendidik Anak Usia 7 tahun.  Dari segi emosi sosial, usia tujuh tahun merupakan permulaan menuju pembentukan karakter dari diri anak. jadi sangat penting bagi orangtua untuk mendidik anak melalui contoh dari prilaku keseharian dalam keluarga, dengan begitu anak akan meniru dan dapat menjadi anak yang cerdas dan patuh terhadap orangtua.

8. Cara Mendidik Anak Usia 8 tahun. Memasuki usia delapan tahun sebaiknya ajarkan anak untuk mandiri dan menanamkan disiplin, karena pada Anak usia 8 tahun telah mampu memahami tindakan baik dan buruk. Dengan mengajarkan disiplin belajar dan anak mampu mengulang pelajaran di rumah tanpa harus diperintah dari orangtua adalah hal yang sangat diharapkan. Oleh karena itu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenagkan bagi anak merupakan cara efektif menumbuhkan semangat belajar pada anak.


Kesimpulan: Cara sederhana dan efektif dalam mendidik anak pada usia 0-8 thaun yang tergolong anak usia dini, adalah dengan memahami karakter, kondisi serta kemampuan dari anak. Tanpa tekanan dan jika cara mendidik anak dilakukan tanpa memaksakan kehendak akan tetapi adanya kesefahaman dan disiplin dengan satu pemahaman antara anak dan orang tuan maka memungkinkan anak akan menjadi cerdas. Pada intinya komunikasi terbuka dan kepercayaan yang terjalin antara anak dan orang tua akan menimbulkan semangat anak untuk meraih prestasi dari bidang yang digemarinya.



Daftar Pustaka

Woolfolk Anita, Perry Nancy E. Child and Adolescent Development. 2012. New Jersey: Pearson Education, Inc., Upper Saddle River.

Post a Comment for "RAHASIA SEDERHANA MENDIDIK ANAK AGAR CERDAS"