HARI GURU : SEJARAH DAN KENAPA DIPERINGATI

Selamat Merayakan Hari Guru Sobat BlogDuniaAnakIndonesia!
Selamat Merayakan Hari Guru Sobat BlogDuniaAnakIndonesia!
Hari Guru : Sejarah dan kenapa diperingati untuk Guru (Gambar : BlogDuniaAnakIndonesia/PGRI)


Hari Guru dirayakan pada tanggal yang berbeda? Sobat BlogDuniaAnakIndonesia.blogspot.com taukah kamu bahwa tanggal 25 November adalah Hari Guru Nasional yang telah ditetapkan berdasarkan Kepres (Keputusan Presiden) Republik Indonesia Nomor 78 tahun 1994, peringatan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada guru-guru yang telah banyak berjasa membangun negeri ini.


Hari Guru di Indonesia dan diberbagai negara diperingati dan jatuh pada tanggal yang berbeda-beda sesuai dengan Negara masing-masing, akan selain dari Hari Guru Indonesia dan negara lainnya akan tetapi juga ada peringatan Hari Guru Sedunia (Internasional). Bagaimana kata sejarah Hari Guru Nasional dan kenapa diperingati baik di Indonesia, negara-negara lain maupun di Dunia?.


SEJARAH PERINGATAN HARI GURU NASIONAL INDONESIA

Hari Guru merupakan hari yang ditetapkan sebagai rasa penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Pada umumnya di beberapa negara, menjadikan hari guru sebagai hari libur sekolah.


Di Indonesia hari guru nasional jatuh pada tanggal 25 Nov, tanggal tersebut merupakan lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia, merupakan cikal bakal organisasi PGRI. Hari Guru Nasional. ini merupakan balas jasa atas pengorbanan para pahlawan tanpa tanja jasa untuk mendukung NKRI (Negara Kesatuan Repblik Indonesia).


Kemudian hal ini dipertegas lagi pada tahun 2005 para guru dan dosen juga menetapkan bahwa tanggal 25 November merupakan Hari Guru Nasional yang kerap diperingati bersama dengan Ulang tahun PGRI. Jadi, Sudah tahu kan kenapa hari guru di Indonesia jatuh pada tanggal 25 November, lalu kapan tanggal hari guru internasional di peringati?.


SEJARAH SINGKAT HARI GURU SEDUNIA

Hari Guru Sedunia adalah perayaan serta dukungan yang diberikan kepada para guru di seluruh dunia serta memastikan dan meyakinkan mereka bahwa guru memiliki peran vital dalam membangun generasi pada masa depan dan jatuh pada tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994.


Pernyataan ini juga merupakan penegasan yang diberikan oleh UNESCO, bahwa Hari Guru sedunia mewakili kepedulian, pemahaman dan dan apresiasi yang ditampilkan demi peran vital guru, yaitu mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi.


Hari Guru Inernasional diperingati pada tanggal 5 Oktober karena pada tanggal tersebut ditahun 1966 sebuah konfrensi antar pemerintah khusus atas rekomendasi UNESCO memberi status khusus yang dalam rekomendasi ini mendefinisikan tanggung jawab dan hak mereka. Dari rekomendasi inilah pemerintah dengan suara bulat mengakui peran penting guru yang kompeten, berkualitas dan termotivasi dalam generasi depan.


Kesimpulan: Dari sejarah singkat penetapan kapan tanggal Hari Guru di Indonesia dan Internasional, walaupun berbeda akan tetapi memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan penghargaan tertinggi kepada pahlawan tanpa tanda jasa sebagai salah satu pemegang peran penting dalam membangun generasi mendatang, jadi kapanpun peringatan Hari Guru di Indonesia maupun Hari Guru Sedunia yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai orangtua mengajarkan anak untuk menghormatinya, menghargainya dan menyanyangi ibu dan bapak gurunya


Demikian artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com semoga bermanfaat, Selamat Merayakan dan peringati HUT PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia.

Post a Comment for "HARI GURU : SEJARAH DAN KENAPA DIPERINGATI"