7 CARA MENGATASI DAN MEMOTIVASI ANAK MALAS BELAJAR DENGAN MUDAH

blogduniaanakindonesia.blogspot.com : Tentunya orang tua akan sangat khawatir jika anak tidak berkembang di sekolah atau menikmati masa belajar. Jangan khawatir, ada 7 cara mudah untuk mengatasi dan memotivasi anak untuk berprestasi baik di sekolah, meski nampaknya mereka tidak mau belajar.




1. BERIKAN BIMBINGAN YANG POSITIF

Bimbingan positif adalah hal maupun aktivitas yang didasarkan pada keyakinan bahwa setiap sarana bimbingan anak harus berfokus pada pengembangan pengendalian diri anak daripada semata-mata berfokus pada hasil perilaku. Hal ini membutuhkan dan mungkin mencitakan perubahan dalam berpikir.


Mengajarkan perilaku anak adalah sesuatu yang dilakukan orangtua sepanjang hari, tidak hanya saat anak bertindak dengan cara yang tidak aman atau tidak dapat diterima. Untuk itu dalam mendidik perilaku anak perlu dilakukan dengan menetapkan rutinitas yang dapat diprediksi, menetapkan peraturan yang jelas dengan anak-anak, dan rasa hormat.
7 CARA Mengatasi dan Memotivasi Anak Malas Belajar Dengan Mudah


2. CIPTAKAN KERJASAMA TIM

Membangun kerjasama dengan anak dalam satu tim di keluarga merupakan langkah yang positif dalam memberikan bimbingan kepada anak, hal ini memungkinkan interaksi serta hubungan anak dan orang tua lebih efektif dan semakin kuat yang akan menimbulkan rasa percaya diri anak meningkat.


Memang akan sangat membutuhkan waktu dan menguras tenaga untuk menciptakan kepercayaan anak kepada orangtua, akan tetapi perlu diingat bahwa anak-anak pasti akan mendengarkan perkataan orangtua, hanya saja membutuhkan kedekatan serta rasa percaya kepada orangtua. Dalam banyak kasus Anda dapat menemukan anak lebih memilih orang lain sebagai tempat curhat termasuk saat mendapat nilai sekolah kurang bagus, hal ini terjadi karena anak memiliki rasa ketakutan dan tidak percaya kepada orangtua.


Untuk menciptakan kerjasama tim antara anak dan orangtua, Anda dapat melakukan tips berikut ini:
  • Buat kesepakatan. Sebuah kesepakatan akan memberikan pelajaran tentang komitmen, dan kesepakan tersebut terjadi karena adanya satu pemahaman antara anak dan orangtua.
  • Buat aturan dengan jelas. Saat akan membuat sebuah aturan maka perlu klasifikasi yang sangat jelas. Misalkan ketika menentukan waktu belajar anak, maka tentukan waktu dan dimana anak akan belajar serta komitmen terhadap aturan tersebut.


3. MOTIVASI ANAK

Sebagai orang tua, tentunya ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak walaupun mereka tidak ingin belajar. Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kemampuan untuk menjelajahi, belajar serta memperluas pengetahuan, dan semua itu adalah kemampuan alami yang dimiliki dari pengalaman manusia.


Tentunya semua orang memiliki metode unik untuk mengungkapkan bagaimana kita belajar, berkembang di lingkungan yang berbeda, dan lainnya, tapi kita semua bisa belajar. Dari pengalaman ini dapat disimpulkan setiap orang memiliki cara unik dalam mendalami dan mempelajari segala sesuatu, dan dengan meluangkan waktu untuk memahami metode, kekuatan dan kebutuhan unik anak Anda, maka memberikan motivasi itu bukan hal yang mustahil.


4. BELAJAR DENGAN BERMAIN

Bermain dan Belajar dalam Dunia Anak
Bermain dan Belajar dalam Dunia Anak

Bermain yaitu kegiatan melibatkan oranglain termasuk Anda ataupun anak-anak lain dan aktivitas ini tentunya sangat disukai oleh anak-anak. Dunia bermain anak inilah yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu anak dalam belajar, dengan mengenal dunia anak maka memungkinkan anak untuk belajar sebuah keterampilan yang baru. Hal ini menunjukkan bahwa permainan dapat mendukung pembelajaran di bidang pengembangan fisik, sosial, emosional dan intelektual.


5. BICARA TENTANG PENGALAMAN BELAJAR ANAK

Tidak sedikit dari orangtua hanya terfokus kepada angka yang tertera dalam kertas ulangan maupun ujian anak, dan lupa bahwa ada hal yang sangat perlu dibicarakan kepada anak, yaitu tentang pengalaman belajarnya.


Berbicara dengan anak tentang pengalaman belajar nya bagian yang sangat penting sebagai cara memotivasi anak sekolah dasar dalam belajar. Tanyakan kepadanya tentang apa yang dirinya nikmati, dimana kesulitan belajarnya, apakah ada yang memicu minat belajarnya. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu juga dapat membantu untuk tetap membuka dialog tentang pengalaman belajar anak, baik itu positif atau pun negatif. Semakin banyak Anda berbicara dan bertanya dengan anak tentang pengalamannya dalam menjalani aktivitas sekolah dan belajar, semakin Anda akan bisa mengerti seperti apa sekolah itu bagi anak Anda.


Jadilah sangat menggembirakan. Terkadang siswa yang tampil malas justru berkecil hati atau frustrasi sehingga mereka kesulitan belajar. Kata-kata kita bisa sangat kuat dalam menginspirasi mereka, namun yang lebih penting, kita dapat mendorong mereka dengan memberi mereka pertolongan satu lawan satu dan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka memang dapat melakukan pekerjaan itu dan menjadi sukses. Ini bisa membuat dunia berbeda ketika mereka melihat bahwa mereka mampu menghasilkan kesuksesan yang kecil sekalipun.


6. HUBUNGKAN MATERI PELAJARAN KE SITUASI NYATA


Sangat perlu bagi orangtua untuk mengadopsi metode studi kasus yang telah terbukti sangat efektif bagi pelajar, yaitu dengan menerapkan teori dan konsep abstrak ke skenario dunia nyata, dengan menggunakan formulasi ini untuk menganalisis dan memahami situasi yang melibatkan orang sungguhan dan taruhan nyata. Dalam artian yang lebih sederhana, menghubungkan materi pelajaran anak dengan melihat, paktek dan aktivitas lainnya. Contoh: ketika anak belajar tentang sejarah ataupun pahlawan, sebaiknya ajak anak untuk berkunjung ke monumen nasional (Monas) ataupun museum dengan begitu anak-anak lebih menikmati pelajarannya.


Menghubungkan materi yang anak dapat di sekolah dengan praktek dan lihat secara langsung, merupakan salah satu cara membuat anak berprestasi di sekolah, karena materi yang didalami akan lebih mudah di cerna dan diingat, dibandingkan Anda harus memaksa anak untuk belajar dengan suasana yang menjenuhkan.


7. BERI APRESIASI

Tidak penting seberapa kecil keberhasilan anak dalam menyelesaikan tugasnya, memberikan apresiasi kepada anak itu perlu dan penghargaan tidak harus berupa materi ataupun dalam bentuk barang. Anda dapat memberikan ucapan selamat ataupun hadiah kecil seperti memungkinkan anak untuk bemain game selama sejam dan lainnya.


Penghargaan kepada anak sangat perlu diberikan, hal ini yang akan membuat anak termotivasi untuk melakuan hal hal terbaik dan dapat mendorong dirinya sendiri terinspirasi untuk belajar agar mencapai prestasi. Cara agar anak giat dalam belajar seperti ini sangat efektif dan dapat menumbuhkan minat anak untuk menjadi yang terbaik dalam kapasitasnya.


Demikian tulisan blogduniaanakindonesia.blogspot.com tentang 7 CARA Mengatasi dan Memotivasi Anak Malas Belajar Dengan Mudah, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam membuat anak menjadi cerdas dan pintar serta terciptannya generasi penerus yag dapat membanggakan orangtua serta bangsa dan negara Indonesia.

Post a Comment for "7 CARA MENGATASI DAN MEMOTIVASI ANAK MALAS BELAJAR DENGAN MUDAH"