METODE MENGAJARKAN ANAK MENULIS DENGAN MENYENANGKAN

Cara Efektif Mengajari Anak Supaya Dapat Membaca Dan Menulis, blogduniaanakindonesia.blogspot.com Jakarta- Melatih anak menulis bergantung pada banyak faktor, seperti kemudahan penggunaan pensil atau krayon, antusiasme anak-anak untuk menulis atau menggambar, minat mereka terhadap huruf besar atau kecil, dan banyak lagi.


Tidak semua anak belajar menulis dengan cara yang sama dan metode mengajari mereka bisa menjadi ujian kesabaran. Pada pembahasan kali ini kami akan memberitahu Anda tentang bagaimana cara mengajari anak-anak menulis nomor dan alfabet.

Metode Mengajarkan Anak Menulis Dengan Menyenangkan



CARA MENYENANGKAN UNTUK MENGAJAR ANAK MENULIS

Anak prasekolah usia 3 tahun.

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

Mengajari anak prasekolah terutama usia 3 tahun untuk belajar menulis membutuhkan kesabaran, karena anak-anak usia tk mungkin memiliki antusias yang tinggi, pada umumnya anak tk ingin menggambar apapun dengan acak di mana-mana. Jika semangat mereka dalam mencoret dimanfaatkan dan diajarkan, maka cara ini sangat efektif agar anak bisa menulis dan dapat dijadikan metode mengajari anak untuk berlatih menulis.


Untuk mengajari anak menulis bukan hanya sekedar memberikannya alat tulis, akan tetapi lebih kepada bagaimana cara mengajari anak usia prasekolah dapat belajar menulis dengan menyenangkan tanpa tekanan. Di sini, kami berikan tip untuk membantunya menguasai tulisan angka dan huruf.
  • Jangan mengajari langsung ke alfabet atau nomor. Buat garis maupun bentuk sesederhana mungkin dan mintalah anak Anda untuk menyalinnya.
  • Perhatikan cara menulis anak. Sangat penting bagi Anda untuk membiarkan anak menulis berdasarkan caranya dengan begitu anak akan menyukai menulis. Dengan memperhatikan caranya menulis maka akan memudahkan bagi Anda menemuka metode mengajari Anak menulis.
  • Gunakan alat tulis yang dapat di hapus. Anda bisa meminta anak Anda untuk menulis di papan tulis, Magna Doodle, ataupun alat tulis lainnya, tujuannya adalah agar anak dapat menulis berulangkali di tempat yang sama
  • Ajarkan menulis di atas kertas. Bila Anda merasa anak Anda siap untuk kertas dan pensil, dorong dia untuk menggambar bentuk dan garis sebelum melanjutkan ke huruf.
  • Bersenang-senang. Jangan mengajari anak menulis dengan cara memintanya untuk menghafal, akan tetapi ajarkan dengan cara fun learning, Anak usia pra sekolah sangat suka akan bersenag-senang melalui bermain karena dunia anak merupakan dunia bermain.
  • Gunakan benda yang menarik. Anda bisa menggunakan metode mengajarkan anak menulis dengan menggunakan kertas warna, blok alfabet, magnet lemari es, dan sebagainya. Disinilah dituntut kreativitas orangtua dalam menemukan alat maupun metode yang dapat membuat anak merasa antusias dalam belajar menulis.
  • Gunakan alat tulis warna. Untuk membuat tulisan di atas kertas agar tampak menarik bagi anak-anak, Anda dapat memberikan pensil warna ataupun krayon dan sketsa.
https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/



Setelah anak-anak sudah terbiasa dengan menulis dan menggunakan alat tulis, baru Anda lakukan tahap selanjutnya yaitu cara mengajari anak menulis huruf dan angka. Bagaimana cara mengajari anak menulis huruf?.


CARA MELATIH ANAK MENULIS HURUF DAN ANGKA

Belajar menulis huruf

Pada anak usia dini, menulis alfabet bisa menjadi ilmu yang sangat sulit jika tidak ada panduan dan metodenya. Sebenarnya anak usia prasekolah memiliki antusiasme untuk mengetahui sesuatu yang baru, asalkan menyenangkan bagi mereka. Jadi mengajari anak menulis huruf tidak boleh sulit, tapi mulailah dengan huruf besar (kapital) dan kemudian pindah ke huruf kecil, hanya untuk mencegah kebingungan di antara 'b', 'd', 'p', 'q', 't', 'l', 'i', dan lain lain. Dan ini juga merupakan Metode memotivasi anak untuk belajar menulis.
  • Letakkan titik-titik dalam bentuk huruf diatas kertas dan mintalah dia untuk menggabungkan titik-titik tersebut sehingga berbentuk huruf.
  • Tuliskan sebuah huruf dan pada saat bersamaan bantu anak untuk menulis dengan memegang tangannya.
  • Buat mereka menggambar di atas lembaran besar dan bantu mereka mengingatnya dengan mengucapkannya keras-keras. Sebagai contoh: Untuk 'B', Anda dapat mengajari si kecil dengan menyanyi "Garis lurus dari atas kebawah, bulat-bulat dua digaris lurus, maka jadilah huruf B". Hal ini akan membuat mereka senang mengingatnya.
  • Jelaskan bentuk huruf melalui berbagai benda seperti bola, bulan, es krim, dan sebagainya.



Cara mengajarkan menulis huruf diatas dapat Anda kembangkan menyesuaikan dengan kondisi dan kemapuan serta antusias anak masing-masing.


Belajar menulis angka

Ketika anak telah mampu menulis huruf, Anda dapat mengajarkan si kecil untuk latihan membuat angka. Angka bekerja seperti alfabet, karena memiliki peraturan dan kebingungan sendiri. Jika Anda mengingat kembali tentang belajar angka yang pernah Anda lakukan pada waktu kecil atau bagaimana seorang anak usia prasekolah bisa belajar menulis angka, itu akan membantu Anda dalam menemukan metode mengajarkan menulis angka kepadanya. Lakukan cara yang berbeda dari metode mengajar orang lain karena ingat sesuatu yang kurang biasa pasti akan menarik perhatian anak prasekolah.
https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

  • Gunakan cara menyenangkan. Buatlah angka besar, sebaiknya di pasir atau tempat yang paling anak sukai. Ini akan membuat anak iku melibatkan diri dalam aktivitas tersebut, karena hal tersebut merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi mereka. Perlu dicatat: Jangan berharap dan menekankan kepada anak unuk menulis bentuk angka yang sempurna.
  • Bantu mereka melalui pemahaman dasar sama halnya ketika anak mulai belajar menulis dan menyukai huruf, bahkan Anda dapat meminta anak dan diri anda untuk mengucapkan angka tersebut dengan keras saat menuliskannya.
  • Jelaskan bentuk dasar. Anda dapat memberikan pemahaman tentang angk 3 dengan menyebut setengah bulat dan angka 8 dengan dua lingkaran kecil bertumpuk, atau Anda dapat menggunakan kalimat lain untuk memudahkan anak memahami angka tersebut.



https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/



Setiap cara metode mengajarkan anak menulis angka dan huruf akan sangat berbeda antara anak satu dengan lainnya tergantung dari kemampuan dari anak. Hal yang terpenting dalam mengajarkan anak menulis adalah dengan mengajarkan melalui cara yang menyenangkan. Ingat Dunia Anak, Bermain juga Belajar!!.


Demikian tulisan blogduniaanakindonesia.blogspot.com, tentang Metode Mengajarkan Anak Menulis Dengan Menyenangkan, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam membuat anak menjadi cerdas dan pintar serta terciptannya generasi penerus yag dapat membanggakan orangtua serta bangsa dan negara Indonesia.

Post a Comment for "METODE MENGAJARKAN ANAK MENULIS DENGAN MENYENANGKAN"