CARA MENAKLUKKAN DEMAM ANAK DENGAN ALAMI

Hal yang paling mengkhawatirkan bagi sebagian besar orangtua adalah ketika anak (bahkan bayi) demam, tentunya ingin rasanya mengatasi dan menaklukkan suhu tubuh yang panas pada anak dengan cepat. Terutama ketika demam yang dialaminya terjadi pada malam hari, tentunya yang dibutuhkan adalah cara mengatasi demam yang dapat dilakukan di rumah dengan alami.

Cara mengobati panas, pilek dan rewel pada anak bisa dilakukan dirumah sebagai langkah pengobatan pertama tanpa harus menggunakan obat kimia akan tetapi dapat dilakukan dengan cara mengatasi demam anak dengan tradisional.

Berikut adalah beberapa tips mengatasi demam pada anak secara alami yang dapat dilakukan di rumah:
  • Kompres. Letakkan kain lap yang dingin dan lembab di dahi anak Anda saat dia beristirahat.
  • Perbanyak minum. Tawarkan anak Anda unutk banyak mengkonsumsi cairan (minum air puti) dan makanan dingin, seperti es dan yoghurt, untuk membantu menenangkan tubuh dari dalam ke luar dan menjaga agar tetap terhidrasi.
  • Mandikan dengan air hangat. Beri anak Anda bak mandi suam-suam kuku saat mandi, karena air hangat akan menguap dari kulitnya dan ketika akan mendingin dapat menurunkan suhu tubuhnya. JANGAN gunakan air dingin saat anak mandi. Hal itu bisa membuatnya menggigil dan menyebabkan suhu tubuhnya naik.
  • Jangan terlalu tebal "membungkus" anak.  Ketika anak menggigil dan menggunakan selimut, gunakan selimut secukupnya.
  • Ciptakan suasana sejuk. Biarkan anak tetap di dalam rumah atau di tempat yang sejuk. Jika, berada di luar, usahakan tetap berada di tempat teduh.
  • Segera hubungi dokter
    • Apabila demam bayi usia 0-3 bulan, atasi dengan langsung menghubungi dokter karena bayi usia 3 bulan yang mengalami demam tentunya sangat rawan dan rentan.
    • Apabila panas bayi usia 3 hingga 5 bulan mencapai 101, untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan saat bayi usia 3-5 bulan mengalami demam dan panas.
    • Untuk bayi berumur 6 bulan, panggil kalau demamnya mencapai 102 derajat atau lebih.


Tidak masalah usia anak Anda, hubungi dokter jika demam disertai gejala serius lainnya, seperti sulit bernapas, ini bisa menjadi tanda infeksi bakteri serius, dan harus ditangani dengan cepat.


Baca:



TURUNKAN DEMAM ANAK USIA 1 - 3 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN BAWANG

Selain dari bagaimana cara menurunkan demam tinggi pada bayi, anak dan orang dewasa yang disebutkan diatas, Anda dapat juga mencoba obat alami ketika demam terjadi pada anak-anak usia 1 hingga 3 tahun dengan menggunakan bawang.

Panas adalah respon alami tubuh saat mengalami infeksi ataupun peradangan. Pada kondisi ini imunitas tubuh dalam hal ini sel darah putih akan berupaya untuk membunuh bakteri dalam tubuh, salah satu akibatnya adalah terjadinya demam. Demam pada anak yang paling ditakutkan adalah kejang, Jadi harus lakukan sudah tepat. Anda bisa menurunkan demam anak yang berusia 1-3 dengan menggunakan obat herbal yang bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur, yakni bawang merah.

Ramuan herbal ini telah digunakan sejak jaman dahulu dan secara turun temurun telah diwariskan sebagai peredam demam pada anak yang ampuh. Bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, kaemferol, metilaliin, kuersetin, floroglusin dan sikloaliin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh anak usia 1 hingga 3 tahun.

CARA MENAKLUKKAN DEMAM ANAK DENGAN ALAMI


Untuk mengatasi demam tinggi anak dengan menggunakan bawang merah, caranya mudah:
  • Ambil 3-5 siung bawang merah.
  • Kupas lalu cuci bersih.
  • Kemudian gerus atau tumbuk kasar, jangan sampai halus biarkan tekstur bawang merahnya tetap ada.
  • Tambahkan sedikit minyak kelapa, minyak kayu putih, atau minyak telon secukupnya.
  • Balurkan ke tubuh anak. Barurkan keseluruh tubuh anak yang mengalami panas dan demam, terutama bagian ubun-ubun, punggung, dada, perut, lipatan paha, lengan dan telapak kaki.

Tips: Sebaiknya pengobatan menurunkan demam dan panas tinggi pada anak dengan menggunakan bawang merah, dilakukan si kecil sedang tidur, sehingga ia tidak terganggu dengan bau bawang yang tajam.


Demikian tulisan tentang Cara Menaklukkan Demam Anak Dengan Alami, semoga bermanfaat.
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com.  Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "CARA MENAKLUKKAN DEMAM ANAK DENGAN ALAMI"