APA ITU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Pertumbuhan dan perkembangan dalam pendidikan juga menurut para ahli memiliki makna khusus dan keduanya terkait satu sama lain. Perbandingan berikut akan menjelaskan perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.




APA ITU PERTUMBUHAN ANAK

Pertumbuhan secara umum didefinisikan sebagai berikut:
  • Tumbuh adalah indikasi yaitu peningkatan dalam tubuh, ukuran, berat dll.
  • Tumbuh adalah kemajuan kuantitatif
  • Itu adalah perubahan fisik
  • Itu bersifat eksternal
  • berhenti pada tahap tertentu
  • Pertumbuhan adalah kemajuan fisik


Pertumbuhan fisik adalah mengacu pada peningkatan ukuran tubuh (panjang atau tinggi dan berat) dan ukuran organ. Dari lahir hingga sekitar usia 1 atau 2 tahun, anak-anak tumbuh dengan cepat. Setelah waktu ini, pertumbuhan melambat. Saat pertumbuhan melambat, anak-anak membutuhkan lebih sedikit kalori dan orang tua mungkin melihat penurunan nafsu makan. Anak-anak berusia dua tahun dapat memiliki kebiasaan makan yang sangat tidak menentu yang terkadang membuat orang tua cemas. Beberapa anak tampaknya hampir tidak makan apa-apa namun terus tumbuh dan berkembang. Sebenarnya, mereka biasanya makan sedikit pada suatu hari dan kemudian menebusnya dengan makan lebih banyak pada hari berikutnya.


Selama tahun-tahun prasekolah dan sekolah, pertumbuhan tinggi dan berat badan stabil. Anak-anak cenderung tumbuh dalam jumlah yang sama setiap tahun sampai percepatan pertumbuhan besar berikutnya terjadi pada masa remaja awal.


Organ yang berbeda tumbuh dengan kecepatan yang berbeda. Sebagai contoh, sistem reproduksi memiliki percepatan pertumbuhan singkat setelah kelahiran, kemudian berubah sangat sedikit sampai sebelum pematangan seksual (pubertas). Sebaliknya, otak tumbuh hampir secara eksklusif selama tahun-tahun awal kehidupan. Ginjal berfungsi pada tingkat dewasa pada akhir tahun pertama.


Anak-anak yang mulai berjalan memiliki tubuh yang menawan, dengan perut mencuat ke depan dan punggung melengkung. Mereka mungkin juga tampak sangat berkaki. Pada usia 3 tahun, tonus otot meningkat dan proporsi lemak tubuh berkurang, sehingga tubuh mulai terlihat lebih ramping dan lebih berotot. Sebagian besar anak secara fisik dapat mengendalikan usus dan kandung kemih mereka saat ini.


Dokter juga para ahli mengemukakan bagaimana anak-anak tumbuh adalah dalam kaitannya dengan anak-anak lain seusia mereka dan memantau kenaikan berat badan anak-anak itu dibandingkan dengan tinggi badan mereka. Sejak lahir hingga usia 2 tahun, dokter mencatat semua parameter pertumbuhan dalam grafik dengan menggunakan grafik pertumbuhan standar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Setelah usia 2, dokter mencatat parameter pertumbuhan dengan menggunakan grafik pertumbuhan dari Pemerintah berkembang.


APA ITU PERKEMBANGAN PADA ANAK

Perkembangan secara umum didefinisikan sebagai berikut:
  • Kembang bukan indikasi
  • Kembang kemajuan kualitatif
  • Kembang adalah perubahan psikologis
  • Itu sifatnya internal
  • Ini adalah proses yang berkelanjutan
  • Perkembangan adalah kemajuan kognitif


Antara usia 1 dan 13, kemampuan fisik, kemajuan intelektual, dan emosional anak-anak berkembang pesat. Anak-anak berkembang dari hampir terhuyung-huyung ke berlari, melompat, dan bermain olahraga terorganisir. Pada usia 1, kebanyakan anak hanya bisa mengucapkan beberapa kata yang dapat dikenali. Pada usia 10, sebagian besar anak-anak dapat menulis laporan buku dan menggunakan komputer. Namun, tingkat perkembangan intelektual, emosional, dan perilaku sangat bervariasi dari bayi ke bayi dan dari anak ke anak. Pengembangan sebagian tergantung pada:
  • Keturunan: Pola-pola tertentu dapat terjadi dalam keluarga, seperti berjalan terlambat atau berbicara.
  • Nutrisi: Nutrisi yang tepat sangat penting untuk perkembangan.
  • Lingkungan: Misalnya, kurangnya stimulasi mental yang cukup dapat memperlambat perkembangan, sedangkan stimulasi yang tepat dapat mempercepat perkembangan.
  • Masalah fisik pada anak: Misalnya, tuli dapat memperlambat perkembangan bahasa.


Meskipun perkembangan anak biasanya berkelanjutan, jeda sementara dapat terjadi dalam pengembangan fungsi tertentu, seperti bicara. Dokter juga para ahli mengemukakan bahwa menggunakan tonggak yang sudah mapan pada usia ketika kebanyakan anak menguasai keterampilan tertentu seperti berjalan tujuannya untuk menentukan bagaimana seorang anak berkembang dibandingkan dengan anak-anak lain. Berbagai keterampilan dapat berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Misalnya, seorang anak mungkin terlambat berjalan tetapi berbicara dalam kalimat lebih awal.


TAHAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA ANAK

1. Bayi: (Dari Lahir hingga 2 Tahun)

Fitur umum bayi adalah
  • Seorang anak melompat, berjalan, dan belajar berbicara.
  • Seorang anak mulai belajar tentang konsep sosial yang sederhana.
  • Pertumbuhan tubuh dipercepat.

2. Anak Usia Dini (2-6 Tahun)

Fitur umum dari tahap ini adalah:
  • Fitur bayi diperkuat.
  • Pertumbuhan fisik terjadi seperti, ekspansi otot, kecepatan dalam aksi tubuh, perubahan terjadi pada pernapasan, tekanan darah berkembang dll.
  • Keahlian bahasa dikembangkan dan mempelajari kata-kata baru.
  • Konsep baru tentang hubungan sosial berkembang.
  • Memori meningkat.
  • Mereka bertanya tentang lingkungan.
  • Secara sosial ia mengembangkan teman-teman baru, dan menginginkan persetujuan sosial atas tindakannya.
  • Perkembangan emosional mulai berkembang.

3. Masa Remaja (12-19 Tahun)

Ini adalah periode kedewasaan dan untuk beberapa tingkat kedewasaan, secara fisik dan sosial. Ini disebut musim semi, romantis, dan periode "badai & stres". Perkembangan dan pertumbuhan bervariasi dari budaya ke faktor budaya dan lingkungan yang mempengaruhi seseorang pada tahap ini. Beberapa karakteristik dasar dari tahap ini adalah sebagai berikut:
  1. Pertumbuhan Fisik
    Di sini anak-anak aktif, dan tajam. Mereka adalah pengamat yang tajam. Mereka memberi lebih banyak perhatian pada tubuh - keindahan dan kekuatan. Anak laki-laki menyukai kekuatan dan memainkan permainan, di mana kekuatan ditampilkan.
  2. Perkembangan Mental atau Intelektual
    Mereka berpikir secara abstrak. Mereka dapat mengantisipasi kebutuhan dan rencana masa depan untuk itu.
    Kemampuan anak-anak untuk memecahkan masalah yang kompleks meningkat. Mereka mencoba memahami masalah yang rumit, dan untuk memecahkan masalah yang rumit
    Mereka mengembangkan kemampuan komunikatif dan berbicara selama berjam-jam.
    Keyakinan dikembangkan yang membuat mereka membuat keputusan tentang masa depan.
    Konsep moral dikembangkan dan tahu bahwa apa yang secara moral dan sosial baik dan salah.
  3. Pengembangan Emosional
    Di sini masa remaja tidak rasional tetapi emosional. Itu sebabnya disebut periode stres dan badai. Mereka memasuki tahap baru, yang karenanya menginginkan penyesuaian emosional. Gangguan emosi dihasilkan ketika mereka tidak menyesuaikan diri dengan situasi atau peran baru yang seharusnya.



KARAKTERISTIK EMOSI PADA ANAK REMAJA

  • Kompleksitas: Mereka mengalami kompleksitas dalam berbagai masalah dan mulai penyesuaian. Ketika penyesuaian itu tidak berkembang, badai dan stres berkembang.
  • Perkembangan Emosi Abstrak: Mereka mengembangkan emosi dengan hal-hal yang tidak ada dalam situasi nyata. Keinginan dan keinginan dihasilkan oleh emosi abstrak.
  • Pelebaran Perasaan Emosional: Di sini mereka memilih pahlawan / heroin. Mulai idealisasi dan imajinasi. Dan dapatkan ikatan emosional dengan idealisasi itu.
  • Ketegangan Ketegangan: Mereka mulai belajar bahwa bagaimana menghadapi situasi emosional yang sulit.
  • Berbagi Emosi: Mereka berbagi emosi, terutama dengan kelompok sebaya. Itu mengembangkan kesetiaan dan kepercayaan diri emosional di antara kelompok sebaya.
  • Harapan & aspirasi berkembang tentang masa depan.
  • Tahap ini memberi peningkatan pada belas kasih di dalamnya.

APA ITU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

Pola Emosional Umum

Berikut ini adalah beberapa pola emosional yang dapat dilihat pada siswa:
  • Kekhawatiran / Kegelisahan: Ini bisa imajinatif atau nyata. Ini bisa berupa produk pekerjaan sekolah, ujian, masalah sekolah atau masalah rumah.
  • Fobia: Fobia atau ketakutan dapat berasal dari benda-benda material, bertemu dengan orang-orang, berbicara dengan orang asing, dll.
  • Kemarahan, Cinta, dan Benci: Ini adalah beberapa pola emosional, yang memiliki sebab dan akibatnya sendiri.
  • Sedangkan untuk emosi yang bersangkutan, ketakutan akan kegagalan membuat Anda bekerja keras. Emosi dapat diwujudkan melalui kegiatan yang baik dan positif. Sekarang adalah tanggung jawab rumah, sekolah, guru & orang tua untuk memahami keadaan emosi anak-anak dan untuk menghindari efek buruk dari gangguan emosional. "Menjadi emosi dapat membuat atau merusak hidup seseorang".


KESIMPULAN

Pertumbuhan dan perkembangan berjalan berdampingan, dan keduanya memiliki efek mendalam pada satu sama lain. Ketika seorang anak lahir, melewati berbagai tahapan dan akhirnya seluruh gambaran seseorang muncul sebagaimana Anda dapat menyimpulkan dari penjelasan blogduniaanakindonesia.blogspot.com diatas.

1 comment for "APA ITU PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK"

  1. terima kasih, beberapa pengertian dari artikel saya ambil untuk bahan perkuliahan

    ReplyDelete