[DOWNLOAD] MODUL AJAR PKN SMA KURIKULUM MERDEKA FASE E-F

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Download Modul Ajar PKN SMA Kurikulum Merdeka Fase E-F. Dok. https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/


Salah satu perangkat ajar guru PKn pada kurikulum merdeka adalah modul ajar. Modul ajar PKn adalah dokumen yang terdiri dari tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.


Pembelajaran Pancasila untuk Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah salah satu mata pelajaran wajib untuk semua jenjang pendidikan Dasar (SD/MI), dan Jenjang Pendidikan Menengah (SMP/MTs, dan SMA/MA). Tujuannya, sebagai upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas.

Baca: CARA DOWNLOAD BUKU KURIKULUM MERDEKA DARI SITUS RESMI PUSAT PERBUKUAN INDONESIA KEMDIKBUD

Dalam penerapan Kurikulum Merdeka, Visi Pendidikan Nasional saat ini adalah Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Pada visi tersebut secara eksplisit tercantum kalimat "Pelajar Pancasila." Adapun pelajar Pancasila diartikan sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dicermati bahwa nilai-nilai Pancasila menjadi fokus pada kompetensi lulusan dari satuan pendidikan. Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan lulusan satuan pendidikan yang mengetahui, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.


Pada capaian pembelajaran Pendidikan Pancasila dinyatakan Pada SK Kepala BSKAP No. 8 Tahun 2022 bahwa "Mata pelajaran Pendidikan Pancasila mempunyai kedudukan strategis dalam upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas." Berdasarkan kepada karakteristik dan uraian capaian pembelajaran, maka Pendidikan Kewarganegaraan nampaknya dimasukkan atau diinsert pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.


Pada SK Kepala BSKAP No. 8 Tahun 2022 diatur bahwa Capaian Pembelajaran (CP) termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila diatur berdasarkan fase, yaitu:
  • Fase A (umumnya kelas 1 dan 2 SD/MI/Program Paket A)
  • Fase B (umumnya kelas 3 dan 4 SD/MI/Program Paket A)
  • Fase C (umumnya kelas 5 dan 6 SD/MI/Program Paket A)
  • Fase D (umumnya kelas 7, 8, dan 9 SMP/MTs/Program Paket B)
  • Fase E (umumnya kelas 10 SMA/MA/Program Paket C)
  • Fase F (umumnya kelas 11 dan 12 SMA/MA/Program Paket C)



Capaian pembelajaran fase A (umumnya kelas 1 dan 2 SD/MI/Program Paket A) sebagai berikut:
  1. Mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila;
  2. mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila; menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah;
  3. mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah;
  4. menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah;
  5. menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
  6. menyebutkan identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, ciri-ciri fisik, dan hobinya;
  7. menyebutkan identitas diri (fisik dan non fisik) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan di sekolah;
  8. menceritakan dan menghargai perbedaan baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh: miskin, kaya, dll) keluarga dan teman-temannya di lingkungan rumah dan sekolah.
  9. mengidentifikasi dan menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan keluarga dan sekolah;
  10. mengenal ciri-ciri fisik lingkungan keluarga dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI; dan
  11. menyebutkan contoh sikap dan perilaku menjaga lingkungan sekitar serta mempraktikkannya di lingkungan keluarga dan sekolah.


Baca: [DOWNLOAD] MODUL AJAR SD PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Capaian Pembelajaran fase B (umumnya kelas 3 dan 4 SD/MI/Program Paket A) sebagai berikut:
  1. Memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari;
  2. menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat;
  3. mengidentifikasi aturan di keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru;
  4. mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah; dan
  5. melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.
  6. Menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya; mengenali dan menyebutkan identitas diri (fisik dan non-fisik) orang di lingkungan sekitarnya;
  7. menghargai perbedaan karakteristik baik fisik (contoh : warna kulit, jenis rambut, dll) maupun nonfisik (contoh: miskin, kaya, dll.) orang di lingkungan sekitar;
  8. menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika; mengidentifikasi dan menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial budaya di lingkungan sekitar;
  9. memahami lingkungan sekitar (RT/RW/desa/kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI; dan
  10. menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.



Capaian Pembelajaran fase C (umumnya kelas 5 dan 6 SD/MI/Program Paket A) sebagai berikut:
  1. Memahami dan menyajikan hubungan antarsila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh;
  2. mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara;
  3. menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat;
  4. menganalisis dan menyajikan hasil analisis bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan bagian dari masyarakat;
  5. menganalisis secara sederhana dan menyajikan hasil analisis pelaksanaan norma, aturan, hak, dan kewajiban sebagai anggota keluarga, dan warga sekolah;
  6. melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan bagian dari masyarakat; dan
  7. mempraktikkan membuat kesepakatan dan aturan bersama serta menaatinya dalam kehidupan sehari-hari di keluarga dan di sekolah.
  8. Menganalisis, menyajikan hasil analisis, menghormati, menjaga, dan melestarikan keragaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekitarnya; mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah NKRI; dan
  9. membangun kebersamaan, persatuan, dan berkontribusi menciptakan kenyamanan di sekolah dan lingkungan sekitar.


Baca: [DOWNLOAD] MODUL AJAR SMP PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Capaian Pembelajaran fase D (umumnya kelas 7, 8, dan 9 SMP/MTs/Program Paket B) sebagai berikut:
  1. Menganalisis kronologis lahirnya Pancasila;
  2. mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara;
  3. memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa;
  4. mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  5. melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; dan
  6. mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila.
  7. memahami periodisasi pemberlakuan dan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  8. memahami Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai sumber hukum tertinggi;
  9. memahami bentuk pemerintahan yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  10. memahami peraturan perundang-undangan dan tata urutannya; dan
  11. mematuhi pentingnya norma dan aturan, menyeimbangkan hak dan kewajiban warga negara.
  12. mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, dan mampu menerima keragaman dan perubahan budaya sebagai suatu kenyataan yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat, dan menanggapi secara proporsional terhadap kondisi yang ada di lingkungan sesuai dengan peran dan kebutuhan yang ada di masyarakat;
  13. memahami urgensi pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya;
  14. menunjukkan contoh pelestarian nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya; dan
  15. menumbuhkan sikap tanggung jawab dan berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan praktik nilai tradisi, kearifan lokal dan budaya dalam masyarakat global.
  16. Mengidentifikasi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai satu kesatuan utuh dan wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  17. menjaga keutuhan wilayah NKRI;
  18. menunjukkan perwujudan demokrasi yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila serta menunjukkan contoh serta praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi;
  19. mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara baik di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya maupun pertahanan dan keamanan; dan
  20. menyusun laporan singkat tentang sistem pemerintahan Indonesia, kedudukan, tugas, wewenang, dan hubungan antarlembaga-lembaga negara, hubungan negara dengan warga negara.



Capaian Pembelajaran fase E (umumnya kelas 10 SMA/MA/Program Paket C) sebagai berikut:
  1. Menganalisis cara pandang para pendiri negara tentang rumusan Pancasila sebagai dasar negara;
  2. menganalisis fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan identitas nasional;
  3. mengenali dan menggunakan produk dalam negeri sekaligus mempromosikan budaya lokal dan nasional;
  4. menganalisis hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  5. peserta didik mendemonstrasikan praktik kemerdekaan berpendapat warga negara dalam era keterbukaan informasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila; dan
  6. menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan perumusan solusi secara kreatif, kritis, dan inovatif untuk memecahkan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban.
  7. Peserta didik mampu menginisiasi kegiatan bersama atau gotong royong dalam praktik hidup sehari-hari untuk membangun masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila;
  8. memberi contoh dan memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya sebagai warga sekolah, warga masyarakat dan warga negara; dan
  9. memahami peran dan kedudukannya sebagai warga negara Indonesia.


Baca: [DOWNLOAD] MODUL AJAR SMA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Capaian Pembelajaran fase F (umumnya kelas 11 dan 12 SMA/MA/Program Paket C) sebagai berikut:
  1. Peserta didik mampu menganalisis potensi konflik dan memberi solusi di tengah keragaman dalam masyarakat;
  2. berperan aktif mempromosikan Bhinneka Tunggal Ika;
  3. menganalisis dan memberi solusi terkait ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan (ATHG) yang dihadapi Indonesia; dan
  4. memahami sistem pertahanan dan keamanan negara;
  5. peserta didik mampu menganalisis peran Indonesia dalam hubungan antar bangsa dan negara.



Pendekatan, model, dan strategi pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila disesuaikan dengan materi dan karakteristik peserta didik. Hal ini sesuai dengan prinsip pembelajaran terdiferensiasi, yaitu pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik sehingga guru dapat mengajar sesuai dengan tahap perkembangan kemampuan peserta didik (teaching at the right level).


Guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang mampu membangun atau membangkitkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, menguatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS/Higher Order Thinking Skills), membangun kecakapan abad 21, dan menguatkan kemampuan literasi dan numerasi.


Pembelajaran harus berpusat kepada peserta didik (student center). Kelas yang baik bukanlah kelas yang gurunya aktif paling dominan, tetapi justru yang peserta didiknya yang aktif. Guru bukan satu-satunya sumber belajar, tetapi menjadi salah satu sumber belajar. Guru dapat memanfaatkan sumber belajar tertulis (buku, diktat, dan modul), bentuk digital (e-book/e-modul), audio, video, audio-visual, atau internet. Dalam konteks tertentu, peserta didik bisa menjadi sumber belajar atau tutor sebaya bagi sesama peserta didik. Bahkan guru pun dapat belajar dari peserta didiknya. Hal ini sesuai dengan prinsip semua guru dan semua murid.


Penerapan pendekatan kontekstual dan pembelajaran yang memberikan pengalaman yang bermakna (meaningful learning) bagi peserta didik perlu dilakukan oleh guru. Pembelajaran melalui praktik atau melalui pengalaman langsung jauh lebih efektif bagi peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan multimetoda, multimedia, dan multisumber evaluasi akan bisa memfasilitasi perbedaan gaya belajar peserta didik.


Strategi yang bisa dilakukan oleh guru misalnya melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning), pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), dan pembelajaran menyingkap/menemukan (inquiry/discovery). Metode yang digunakan oleh guru bukan hanya didominasi ceramah, tetapi juga bisa divariasikan dengan metode yang lain, seperti tanya jawab, curah pendapat (brainstorming), diskusi, demonstrasi, simulasi, bermain peran (role playing), penugasan, studi kasus, portofolio, dan sebagainya. Perlu dicatat bahwa tidak ada strategi atau metode pembelajaran yang paling baik. Strategi atau metode yang paling baik adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan, situasi, dan kondisi peserta didik.


Artinya, Para pendidik diberikan kebebasan untuk membuat Strategi sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya masing-masing.


MODUL AJAR PKN SMA KURIKULUM MERDEKA FASE E-F

Melalui modul ajar PKN SMA Fase E-F yang terstruktur dan sistematis memudahkan guru dalam menghadirkan proses pembelajaran yang menjadi wahana edukatif dalam dalam upaya menanamkan dan mewariskan karakter yang sesuai dengan Pancasila kepada setiap warga negara, dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai bintang penuntun untuk mencapai Indonesia emas.


Capaian Pembelajaran (CP) termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebagai contoh modul Ajar PKN SMA Fase E-F ini berorientasi pada penguatan karakter dan wawasan kebangsaan melalui pembentukan sikap mental, penanaman nilai, moral, dan budi pekerti, sikap kekeluargaan dan bekerja sama pada proyek belajar kewarganegaraan, sebagaimana sifat dan karakter kurikulum merdeka.


Modul ajar PKN SMA Fase E-F dirancang dalam menawarkan sejumlah aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan menumbuhakn kreatifitas dan inovasi peserta didik dalam konteks semangat Merdeka Belajar.


Contoh Modul Ajar

Berikut ini penulis #BlogDuniaAnakIndonesia sajikan contoh-contoh modul ajar PKN SMA Fase E-F yang telah dibuat para guru hebat dari program sekolah penggerak yang telah terlebih dahulu menjalankan kurikulum merdeka. Contoh modul yang akan disajikan termasuk link unduhan Buku Teks PKN SMA, Capain pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran, hingga Contoh Modul Ajar PKN SMA Fase E-F tiap kelas.


1. Link Unduhan Buku Teks PKN SMA Kurikulum Merdeka:
  • Buku Guru PKN kelas X - [DOWNLOAD]
  • Buku Siswa PKN kelas X - [DOWNLOAD]
  • Buku Guru PKN kelas XI - [DOWNLOAD]
  • Buku Siswa PKN kelas XI - [DOWNLOAD]
  • Buku Guru PKN kelas XII - [DOWNLOAD]
  • Buku Siswa PKN kelas XII - [DOWNLOAD]



2. Link Unduhan Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka:



3. Link Unduhan Contoh Modul Ajar PKN SMA Fase E-F Kurikulum Merdeka tiap kelas:
  • Kelas X
    1. Topik: Norma yang berlaku di Sekolah, Penyusun Modul Derry Nodyanto, M.Pd - [DOWNLOAD]
    2. Topik: Norma dan Aturan yang berlaku di Masyarakat, Penyusun Modul Dr.Ida Rohayani,S.Pd.,M.Pd - [DOWNLOAD]
    3. Topik: Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Penyusun Modul Rizanur, M.Pd - [DOWNLOAD]
  • Kelas XI :
    1. Topik: Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan bermasyarakat sehari-hari, Penyusun Modul Derry Nodyanto,M.Pd - [DOWNLOAD]
    2. Topik: Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan bermasyarakat sehari-hari, Penyusun Modul Eko Wahyu Jamaluddin - [DOWNLOAD]
    3. Topik: Klasifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari secara kontekstual, Penyusun Modul Rosalinah, M.Pd - [DOWNLOAD]
    4. Topik: Nilai keragaman dalam kehidupan berbangsa, Penyusun Modul Rosalinah, M.Pd - [DOWNLOAD]
  • Kelas XII :
    1. Topik: Penerapan Nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Penyusun Modul Rosalinah,M.Pd - [DOWNLOAD]
    2. Topik: Penerapan nilai-nilai pancasila dilingkungan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Penyusun Modul Eko Wahyu Jamaluddin - [DOWNLOAD]
    3. Penerapan Pancasila dalam POLEKSOSBUDHANKAM, Penyusun Modul Eko Wahyu Jamaluddin - [DOWNLOAD]



PENUTUP

Bagi sahabat #BlogDuniaAnakIndonesia khususnya guru SMA yang membidangi materi PKn dapat memodifikasi modul ajar dari contoh diatas sesuai konteks dan karakteristik peserta didik dan satuan pendidikan masing-masing. Jadi silahkan Download Modul Ajar PKN SMA Kurikulum Merdeka Fase E dan F tiap kelasnya.


Modul ajar PKn SMA ini adalah dokumen yang terdiri dari tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Baca: [DOWNLOAD] MODUL AJAR BAHASA INGGRIS KURIKULUM MERDEKA KELAS 10 FASE E

Demikian penjelasan mengenai Download Modul Ajar PKN SMA/MA Kurikulum Merdeka Fase E-F Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbud Nadiem Makarim untuk mengatur kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersifat student centered learning atau berpusat pada siswa.


Jika Bapak/Ibu sahabat #BlogDuniaAnakIndonesia ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru dari website kami, silakan dapat IKUTI halaman kami BLOGDUNIAANAKINDONESIA


Dapatkan Informasi terbaru setiap hari dari kami, dengan terus kunjungi https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/ ***

Post a Comment for "[DOWNLOAD] MODUL AJAR PKN SMA KURIKULUM MERDEKA FASE E-F"