BAGAIMANA CARA MERAWAT BAYI YANG BARU LAHIR

Cara Mangasuh Bayi Baru Lahir - Bagi sebagian besar orang tua muda terutama yang baru memiliki anak, akan sangat merasa kebingunan dalam merawat bayinya. Hal tersebut memang sangat wajar terjadi, karena setiap orangtua mengharapkan hal yang terbaik bagi anaknya, apalagi menghadapi cara mengasuh bayi pertama yang baru lahir dan merupakan pengalam pertama.

Merawat bayi memang memerlukan kehati-hatian serta perlakuan yang berbeda agar pertumbuhan serta perkembangannya terjaga. Bayi cenderung sangat sensitif terhadap segala hal, baik itu dengan lingkungan sekitarnya maupun asupan yang di konsumsinya. Untuk mengetahui bagaimana caranya merawat bayi terutama yang baru lahir, kami berikan beberapa informasi terkait.

1. Berikan Susu Eksklusif

Memberikan ASI, merupakan cara yang dapat dilakukan orang tua agar dapat menjaga ikatan bathin anak dengan orang tuanya. Selain itu melalui susu ekslusif, daya tahan tubuh bayi akan sangat bagus. ASI juga dapat membantu bayi dalam masa tumbuh kembangnya. Pastikan saat anda memberikan ASI kepada bayi, ibu harus menjaga pola makan dengan makanan sehat, karena apa yang ibunda makan akan dikonsumsi oleh bayi melalui ASI yang diberikan.

2. Jangan Baringkan Bayi Setelah Memberi ASI

Sabaiknya orangtua terutama ibu yang sedang memberikan ASI kepada si kecil tidak langsung membaringkan bayi setelah buah hati anda selesai mengkonsumsi ASI, karena ASI yang dikonsumsi tidak langsung turun menuju penceraan bayi, jadi cara terbaik adalah dengan memberikan sedikit sanggahan dikepalanya agar posisi kepala lebih sedikit tinggi dibandingkan tubuhnya, hal ini bertujuan agar ASI yang dikonsumsi dapat masuk ke dalam pencernaan bayi dengan sempurna.

Tidak sedikit dari orangtua yang belum mengerti cara merawat bayi, membiarkan si buah hati terbaring setelah mengkonsumsi ASI dan akan membuat bayi mudah gumoh atau mengeluarkan kembali asupan yang telah dikonsumsinya.

3. Bersihkan Tangan Sebelum Menyentuh Bayi

Seperti penjelasan diatas, bahwa bayi sangat rentan dan sensitif terhadap segala hal tanpa terkecuali kuman yang menempel di tangan karena aktivitas yang telah anda lakukan. Kebersihan sangat perlu dijaga terutama ketika anda akan bersentuhan dengan bayi, oleh karena itu merupakan salah satu langkah pencegahan agar bayi terhidar dari penyebaran virus maupun kuman.

4. Perhatikan Kesehatan Bayi

Bayi yang terkena flu akan rentan terhadap kelancaran pernafasannya, hal ini disebabkan oleh lendir yang berada dikerongkongan dan saluran pernafasan menghalangi peredaran ogsigen yang dihirup oleh buah hati. Jadi sebaiknya jangan remehkan keshatan bayi terutama saat mengalami flu, konsultasikan ke dokter anak dan bayi agar buah hati anda mendapat pengobatan.

Ada cara alami yang bisa mengobati flu bayi, yang dapat dilakukan oleh orang tua sebagai langkah pertolongan pertama saat mengatasi flu pada bayi, yaitu memeberikan daun saga yang dihaluskan dan diperas hingga menguluarkan air, dan air tersebut diberikan kepada bayi yang sedang flu, agar memperlancar pengeluaran lendir yang menyumbat di saluran pernafasannya.

5. Jaga Kehangatan Tubuh Bayi

Bayi yang baru lahir sangat perlu kehangatan agar tetepa terjaga kondisi suhu tubuhnya. Hal ini dilakukan karena tubuh bayi yang masih rentan terhadap penyakit, jadi pastikan tubuh si kecil selalu terjaga kehangatannya dan kehangatan tersebut menyesuaikan dengan kondisi cuaca pada saat ini.
Ketika cuaca sedang mangalami perubahan atau memasuki pancaroba sebaiknya berikan pakaian hanga kepada bayi.

6. Pastikan Bayi Mendapat Imunisasi

Untuk memperkuat daya tahan tubuh bayi, sebaiknya orangtua runtin memberikan serta membawa bayi ke posyandu agar mendapat imunisasi. Rutin dalam membawa bayi ke posyandu merupakan salah satu cara terbaik dalam melakukan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.
Bukankah pencegahan lebih baik daripada mengobati, jadi sebaiknya perhatikan dan terus pantau kesehatan bayi anda dengan datang ke posyandu terdekat.
Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir


Kesimpulan: Dalam merawat bayi yang baru lahir terutama bagi orangtua muda dan baru memiliki anak, sebaiknya sering-sering melakukan konsultasi kepada pihak keluarga yang telah berpengalaman dalam merawat bayi. Dan sesekali anda dapat juga mengunjungin dokter untuk berkonsultasi terkait cara terbaik dalam merawat serta mengasuh bayi dengan baik.


Demikian tulisan tentang bagaimana Bagaimana Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua terutama yang baru memiliki anak dalam menemukan cara agar bayi terawat dengan baik sejak lahir.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com. Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini, silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "BAGAIMANA CARA MERAWAT BAYI YANG BARU LAHIR"