Jelaskan perbandingan ideologi pancasila dengan ideologi yang lainnya!

Penjelasan perbandingan ideologi pancasila dengan ideologi yang lainnya. blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Perbandingan Ideologi Pancasila dengan Liberalisme, dan Komunisme.

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/


Ideologi secara harfiah merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yakni idea yang berarti gagasan, ide, konsep serta cita-cita dan logos yang berarti ilmu, maka dapat dikatakan ideologi merupakan pengetahuan tentang ide atau ilmu tentang ide. Namun, ada yang mengatakan bahwa ideologi merupakan sistem kepercayaan, secara umum atau terminologi ideologi merupakan sekumpulan gagasan, ide yang berisi keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh serta sistematis yang menyangkut dan mengatur segala sesuatu yang terdapat dalam sebuah kelompok manusia tertentu dalam bidang politik termasuk bidang pertahanan, hukum, dan keamanan, bidang sosial, bidang keagamaan, dan bidang kebudayaan serta bidang ekonomi.


Sebagai cita-cita untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama dalam sebuah negara, Nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah ideologi akan menjadi cita-cita untuk mencapai tujuan yang hendak diwujudkan oleh masyarakat dalam sebuah negara.


Nilai dalam Ideologi merupakan sebuah kesepakatan yang disepakati secara bersama-sama sehingga dapat mempersatukan rakyat dalam sebuah negara, Ideologi sebagai prosedur dalam penyelesaian suatu konflik, Nilai dalam ideologi yang disepakati secara bersama dapat menjadi acuan dalam menyelesaikan permasalahan konflik dalam suatu negara.


Di dunia ini terdapat berbagai ideologi yang digunakan oleh berbagai negara di dunia ini, perbedaan penggunaan ideologi tersebut dikarenakan adanya perbedaan tentang cita-cita dan cara pandang dalam mencapai sebuah tujuan dalam setiap negara, selain itu, setiap negara mempunyai perspektif yang berbeda dalam menyikapi suatu permasalahan dan cara penyelesaiannya karena setiap negara memiliki masyarakat yang memiliki perbedaan dalam hal budaya dan kehidupan dalam masyarakat.


Ideologi-ideologi tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:



1. Ideologi Pancasila dengan Liberalisme Pancasila:
  • Kepemilikan individu dibatasi pada kepentingan yang tidak menjadi hajat hidup orang banyak.
  • Bercampurnya aspek kepemerintahan dengan agama.
  • Masih adanya pembatasan oleh pemerintah dan agama.



Liberalisme:
  • Kepemilikan individu tidak dibatasi sama sekali.
  • Aspek pemerintahan dan keagamaan dilarang untuk dicampur adukkan.
  • Penolakan terhadap pembatasan oleh pemerintah dan agama.



Persamaan: Sama-sama menganut sistem demokrasi, dimana semua orang berhak menyuarakan pendapatnya.

Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI PANCASILA

2. Ideologi Pancasila dengan Komunisme Pancasila:
  • Hak milik pribadi dan negara dipisahkan dengan jelas dan diperbolehkan sesuai peraturan.
  • Menimbulkan adanya kelas dalam masyarakatdengan penanganan masing-masing.
  • Pemerintah yang demokratis.



Komunisme:
  • Penghapusan seluruh hak milik pribadi dan negara menjadi hak milik besama.
  • Terciptanya negara tanpa kelas.
  • Pemerintahan cenderung otoriter agar rakyat dapat diatur sepenuhnya.



Demikianlah penjelasan dan pembahasan perbandingan ideologi pancasila dengan ideologi Bangsa Indonesia dalam artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com tunggu pembahsan yang lainnya!!!

Post a Comment for "Jelaskan perbandingan ideologi pancasila dengan ideologi yang lainnya!"