Bagaimana makna Pancasila sebagai dasar ideologi Negara?

Makna Pancasila Dasar Ideologi Negara Indonesia. blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Makna Ideologi Pancasila adalah sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, keyakinan dan nilai bangsa Indonesia yang secara normatif perlu diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena pada hakikatnya Pancasila merupakan Ideologi tersendiri yang merupakan bukti nyata pengaplikasian jati diri bangsa Indonesia.

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/


Oleh karena itu tidak diragukan lagi bahwa pancasila benar-benar Ideologi yang disahkan untuk di terapkan serta ditetapkan bangsa Indonesia sebagai Ideologi Nasional bagi bangsa Indonesia. Ini mengandung makna bahwa idelogi Pancasila bukan hanya berfokus pada segolongan tertentu, melainkan Ideologi bagi seluruh bangsa Indonesia. Ideologi mampu menjawab secara meyakinkan pertanyaan mengapa dan untuk apa mereka menjadi satu bangsa dan mendirikan negara. Sejalan dengan itu ideologi adalah landasan dan sekaligus tujuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sebagai Ideologi nasional, pancasila mengandung semua sifat yang mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.


Besarnya arti penting Pancasila sebagai pondasi negara memberikan makna yang sangat dalam bagi segenap rakyat Indonesia. Sebagaimana tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 alinea ke 4 secara jelas mengungkapkan makna Pancasila sebagai dasar negara: “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI PANCASILA

Setelah memahami pengertian dari ideologi, kita perlu mengetahui bahwa pancasila sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia juga memiliki makna sebagai berikut :
  • Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi cita-cita yang hendak dicapai menjadi pedoman hidup dalam penyelenggaraan bernegara.
  • Pancasila disepakati bersama dan digunakan sebagai prinsip yang dipegang teguh dan menjadi sarana pemersatu bangsa Indonesia.



Kedua makna di atas menunjukkan bahwa pancasila menjadi fundamental dalam kehidupan bernegara di Indonesia. Apabila sebuah wilayah di Indonesia memiliki kebijakan tanpa berlandaskan pancasila maka secara otomatis aturan tersebut tidak berlaku.


Demikian bagaimana makna dan arti pancasila sebagai dasar ideologi negara yang dapat dibagikan blogduniaanakindonesia.blogspot.com!!!

Post a Comment for "Bagaimana makna Pancasila sebagai dasar ideologi Negara?"