CARA KREATIF MERAYAKAN HARI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUSAN DI SEKOLAH

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Cara Kreatif Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Sekolah.


Sahabat #BlogDuniaAnakIndonesia! silahkan review perjalanan sekolah anak Sahabat, bagaimanakah perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia di sekolahnya? Umumnya hari Kemerdekaan atau umum dimaknai sebagai agustusan dirayakan dengan cara semua murid dan guru mengenakan pakaian daerah atau kebaya plus upacara atau pentas seni. Apakah sesungguhnya kemerdekaan dalam pengertian 17 Agustus sehingga perayaannya harus lebih bermakna bukan sekedar mengadakan lomba yang seru, anti mainstream, maupun lucu supaya menarik saja biar kekinian tanpa adanya unsur edukatif serta mendidik.


Kemerdekaan RI adalah diperingati dalam sejarah sebagai terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, yang dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat dimana teks tersebut banyak rangkum berdasarkan ide-ide perumusan teks proklamasi. Intinya, kemerdekaan adalah hal yang menjadi harapan, keinginan juga tujuan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) terutama setelah Pada tanggal 9 Agustus 1945, bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Pada saat itu para pendiri mengimplementasikan ide mereka dengan memanfaatkan momen tersebut untuk memproklamasikan kemerdekaan republik Indonesia.


Dari sejarah singkat kemerdekaan indonesia diatas. Jika hari kemerdekaan dirayakan dengan berpakaian daerah, pagelaran musik, lomba lucu mungkin yang tertanam di anak-anak negeri ini adalah bahwa memaknai kemerdekaan adalah dapat diraih tanpa perjuangan berarti hanya sekedar keseruan ataupun bersenang-senang belaka diiringin musik kekinian.


Memang pada faktanya, banyak terdapat lomba kekinian, lomba seru dan lucu hingga lomba agustusan yang kreatif namun sedikit sekali ditemukan lomba edukatif terutama lomba untuk anak-anak dengan lomba 17an yang mendidik.


Lalu bagaimana sebaiknya peringatan hari kemerdekaan 17 Agustusan, supaya warga sekolah faham tentang apa yang dimaksud dalam merayakan hari kemerdekaan dengan memaknai sejarah kemerdekaan Indonesia lewat perjuangan peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia zaman dulu? Berikut ini beberapa alternatif yang bisa Sahabat #BlogDuniaAnakIndonesia! pilih untuk merayakan hari Kemerdekaan 17 Agustusan di Sekolah.


1. Lomba menulis teks motivasi kepada teman mengenai persatuan atau motivasi semangat belajar. Bisa berisi tantang ungkapan ajakan penulisnya mengenai pendidikan maupun pelajaran yang didapatkan dan ide supaya menginspirasi perjuangan meraih cita-cita ideal berdasarkan bayangnya, kemudian kumpulan tulisan semua peserta sebaiknya dibukukan sebagai dokumentasi dan referensi kelas.


2. Lomba menulis indah ucapan selamat merayakan hari kemerdekaan republik Indonesia ke-77 untuk sahabat yang diunggah di status facebook, whatsapp, twitter, path dan sosial media lainnya.


3. Lomba foto bertema kemerdekaan yang diunggah di instagram dan dicetak untuk dipamerkan di sekolah.


4. Lomba menulis masalah sejarah perjuangan kemerdekaan yang diunggah di blog murid, kemudian dibukukan sebagai dokumentasi dan referensi.


5. Lomba menulis lagu tentang hari kemerdekaan yang liriknya dibukukan sebagai dokumentasi dan referensi serta videonya diupload ke YouTube.


6. Lomba menyanyi lagu bertema perjuangan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke YouTube.


7. Lomba menulis dan membacakan puisi bertema kemerdekaan dalam mengekspresikan diri yang sesungguhnya lalu direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke YouTube.


8. Lomba musikalisasi puisi bertema sejarah kemerdekaan negara Indonesia yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke YouTube.


9. Pentas teater bertema sejarah kemerdekaan Republik Indonesia yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke Youtube.


10. Lomba poster bertema Hari Kemerdekaan 17-an yang diunggah ke instagram dan direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke YouTube.


11. Lomba jinggle dengan lirik bertema makna 17 agustus yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke YouTube.


12. Lomba iklan kreatif bertema Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustusan yang direkam dalam bentuk video untuk diunggah ke YouTube.


Intinya, kegiatan yang diadakan harus punya hubungan dengan ide-ide menghebatkan perjuangan, inspirasi dan motivasi, lebih baik lagi jika disesuaikan dengan tren digital saat ini dan sosial media, yang hasilnya bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang.


Apakah bunda punya ide lain? silahkan, kesimpulannya adalah anak murid dilatih menulis dan mengemukakan pendapat tentang apa saja serta mendokumentasikannya untuk dibaca, dilihat juga didengarkan oleh orang lain.


Jika di sekolah anak bunda masih memperingati hari Kemerdekaan dengan peragaan busana, lomba tumpeng, lomba makan kerupuk, lomba memasak, lomba lari kelereng, itu berbeda dari yang dilakukan saat perjuangan mencapai hari kemerdekaan Indonesia, sehingga kitapun akan sulit memberikan motivasi dalam merasakan semangat dari arti kemerdekaan itu kepada anak-anak. Semoga bermanfaat untuk Sahabat blogduniaanakindonesia.blogspot.com!!!

Post a Comment for "CARA KREATIF MERAYAKAN HARI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUSAN DI SEKOLAH"