TIPS MUDAH UNTUK MENCERDASKAN OTAK PADA ANAK ANDA

Cara Mencerdaskan Otak Anak - Setiap anak terlahir dengan keunikan sendiri, tentu saja akan sangat tepat jika kita dapat memaksimalkan kemampuan otak anak sejak usia dini. Perkembangan otak anak sudah dimulai ketika masih dalam kandungan. Sebagai orangtua akan melakukan berbagai macam cara agar anak dapat tumbuh sesuai yang diharapkan.


Mencerdaskan serta memaksimalkan kecerdasan sangat dibutuhkan peran bunda saat membantu mencerdaskan otaknya. Tentu ketika membimbing anak dalam mencerdaskannya bukan hanya memberikan tekan juga paksaan.


Hal ini juga bukan hanya tentang pemberian vitamin, susu maupun asupan makanan tapi juga bagaimana membantu anak-anak pada fase perkembangannya agar dapat memaksimalkan kemampuan otak mereka.

Cara mencerdaskan otak pada anak juga harus dilakukan dengan beragama cara menyesuaikan usia mereka, misal umur 1 tahun tentu cara mencedaskannya akan berbeda dengan 6-8 tahun.


Sebelum membahas tentang tips-tips agar mencerdaskan otak pada anak-anak anda, sebaiknya ketahui dahulu apa itu kecerdasan.


Pengertian Kecerdasan


Para ahli memberikan pengertian kecerdasan adalah beragam akan tetapi dapat didefinisikan dengan berbagai cara, termasuk kemampuan seseorang untuk logika, pemahaman, kesadaran diri, pembelajaran, pengetahuan emosional, perencanaan, kreativitas, dan pemecahan masalah. Adapun kecerdasan itu berasal dari kata 'cerdas' mencakup arti kesempurnaan akal budi seseorang.


Mungkin Anda pernah mendengar istilah IQ dan EQ, dimana kecerdasan tersebut merupakan bagian yang harus dimaksimalkan.


Intelligence quotient (IQ) adalah skor total yang diperoleh dari beberapa tes standar yang dirancang untuk menilai kecerdasan manusia. Sedangkan kecerdasan Emosional (EI), juga dikenal sebagai Emotional quotient (EQ), adalah kemampuan individu untuk mengenali emosi mereka sendiri dan emosi orang lain, membedakan antara perasaan yang berbeda dan memberi label secara tepat, menggunakan informasi emosional untuk memandu pemikiran dan perilaku, dan mengelola dan / atau menyesuaikan emosi untuk beradaptasi.


Setelah memahami tentang kecerdasan khususnya anak, berikut beberapa tips yang mudah dalam mencerdaskan otak pada diri anak.


Cara Mencerdaskan Otak pada Anak


Mencerdaskan Otak pada Anak melalui Asupan Makanan


Cara yang terbaik dalam mendukung anak untuk mencerdaskan otaknya yaitu dengan memberikan asupan makanan yang baik dan sehat kepada anak, seperti:

ASI pada waktu bayi

Air Susu Ibu atau ASI adalah faktor utama yang dapat membuat anak sehat dan cerdas. Bukan hanya itu akan tetapi ASI juga dapat mempererak ikatan batin ibu dengan anak.dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan anak anda. Jadi sangat perlu terutama ibu memberikan ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kepada anak.


Banyak faktor yang menyebabkan anak tidak mendapatkan asupan ASI seorang ibu, diantaranya ASI tidak bisa diberikan karena kondisi kesehatan seorang ibu yang tidak memungkinkan anak menerima ASI darinya hingga faktor lain yang terkadang berada diluar perkiraan yaitu kerena seorang ibu yang terlalu sibuk akan aktivitasnya atau takut kondisi fisiknya tidak lagi semenarik sebelum memberikan ASI.


Perlu sekali kearifan seorang ibu untuk memahami dan mengerti bahwa asupan ASI yang diberikan kepada anak, sebenarnya memiliki fungsi yang sangat postif terhadap tumbuh kembang anak itu sendiri dibandingkan anak harus mengkonsumsi susu buatan.


Merupakan salah satu cara mencerdaskan anak usia dini, bahkan usia 1 tahun. Anak yang mendapat ASI tentu akan memiliki kecerdasan serta gizi berbeda. Seperti deketahui bahwa anak usia 1 tahun sudah mulai belajar banyak tentang hal baru


Berikan makanan yang memiliki kandungan 4 sehat 5 sempurna 

Makanan sehat tidak selalu harus dengan makanan mahal, justru sebenarnya makanan sehat lebih ekonomis dibandingkan makanan lainnya. Bisa kita ambil contoh seperti tempe, yang terkadang kita sendiri jarang bahkan tidak pernah mengenalkan makanan ini kepada anak-anak pada waktu makan mereka.


Hal inilah yang membuat anak sangat cenderung menyukai makanan cepat saji atau instan, yang seharusnya kita sebgai orang tua memberikan informasi yang sangat jelas akan dampak yang akan ditimbulkan terhadap kesehatan anak dalam jangka waktu tertentu.


Memang terkadang anak akan merasa 'jenuh' dengan sajian makanan 4 sehat 5 sempurna, akan tetapi rasa 'jenuh' terhadap makanan tersebut bisa kita berikan sentuhan yang inovatif dalam penyajian kepada anak, sehingga anak lebih cenderung menyukai makanan 4 sehat 5 sempurna dibandingkan lainnya. Apalagi banyak jajan-jananan yang ada diluar atau di sekolah anak-anak masih perlu dipertanyakan tentang kehigenisannya.


Asupan makanan anak, tidak sedikit dari kita mengabaikannya baik itu dengan alasan menuruti keinginan anak ataupun ketidaktahuan tentang manfaat dari 4 sehat 5 sempurna tehadap anak dalam masa tumbuh kembangnya.

Berikan sarapan pagi kepada anak 

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membiasakan anak untuk sarapan sebelum memulai segala aktifitas mereka, salah satunya adalah konsentrasi saat mereka menerima pelajaran di sekolah. Dengan fokus anak terhadap pelajaran saat pengajaran berlangsung, maka anak akan dapat menerima dengan baik pengetahuan yang diberikan di kelasnya.


Sarapan pagi yang disajikan juga harus sarapan yang sehat karena hal tersebut dapat mendukung dari penguatan daya tangkap sel-sel otak anak.


Mencerdaskan Otak pada Anak melalui Kegiatan

Banyak cara yang bisa kita lakukan dalam mendukung maupun mencerdaskan anak, dan cara-cara tersebut umumnya kita ketahui akan tetapi tidak sedik dari kita yang mengabaikannya. Cara mencerdaskan otak anak bisa dilakukan melalui kegiatan:

Ajak anak bermain

Dunia anak yang sesungguhnya adalah dunia bermain, karena dengan kegiatan ini anak menerima tambahan pengetahuan dengan cara bermain. Permainan yang tidak mengandung paksaan justru akan mengasah kemampuan otak anak-anak.


Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan dan fasilitasi anak dalam masa tumbuh kembangnya. Yang terpenting dalam melakukan kegiatan tersebut harus dilakukan dengan 'fun learning', sehingga anak tidak merasa bahwa mereka sedang menerima pelajaran akan tetapi mereka merasakan sebuah kegiatan yang membuat anak ceria.


Jadi sangat penting bagi kita untuk memiliki referensi permainan anak-anak hingga membuat inovasi terhadap jenis permainan tersebut. Indonesia yang kaya akan budaya, adalah keuntungan bagi kita sebagai orang tua dalam memperkenalkan permainan tradisional kepada anak, dibandingkan kita mengikutsertakan anak dalam melakukan kegiatan permainan yang seharusnya tidak kita berikan kepada mereka karena belum waktunya mereka menerima hal tersebut.


Karena otak itu sendiri memiliki dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Banyak kegiatan permainan anak yang dapat mendukung tumbuh kembangnya, Jika kita lihat dari segi permainan tradisional Indonesia tidak sedikit permainan-permainan tersebut yang bisa dijadikan alat untuk mencerdaskan anak baik itu otak bagian kiri maupun otak bagian kanannya, seperti permainan tradisional congkelak, bola bekel, balap karung, engklek atau taplak gunung dan permainan-permainan tradisional lainnya. Dengan begitu kita bisa mendapatkan manfaat dari perkembangan kecerdasan kinetik anak atau umum disebut dengan body smart.

Ajak anak mengenal lingkungan sekitar

Dengan seringnya kita mengajak anak keluar rumah akan membuat otak maupun pengetahuan anak bertambah terutama dengan hal-hal yang baru. Mengenal lingkungan sekitar bukan berati kita harus mengajak anak pergi bertamasya setiap hari, akan tetapi untuk mengenalkan anak kepada lingkungan sekitar kita bisa mengajak anak berada diluar rumah misalnya seperti di taman atau halaman rumah kita. Dengan begitu anak akan mendapatkan udara segar yang dapat membuat otak anak tidak jenuh, karena kelancaran dan penguatan fungsi saraf otak anak bisa di dukung dengan peredaran udara ataupun oksigen yang yang anak konsumsi.


Selain dari kelancaran peredaran oksigen yang masuk ketubuh anak, anak juga bisa belajar hal-hal baru serta kita juga bisa mengenalkan alam sekitar kepada mereka dengan bertahap. Pengenalan terhadap lingkungan sekitar bisa dimulai dari pengenalan sebuah benda kemudian dilanjutkan dengan detail serta fungsi-fungsi dari benda tersebut, melalui cara ini kecerdasan anak akan bertambah terutama berkaitan dengan kecerdasan spesial atau picture smart.

Ajak anak untuk suka membaca

Membaca merupakan kegiatan yang banyak orang tidak menyukainya, karena membaca terkadang membuat kita jenuh terutama jika yang kita baca adalah hal-hal yang kurang menarik, hal tersebut bisa juga akan dialami oleh anak. Mengajak anak untuk menyukai membaca sebenarnya hanya butuh ketelatenan kita sebagai orang tua, karena anak akan suka dengan bacaan jika kita mengawali dengan banyak bercerita sebelum anak tidur ataupun mendongengkan kisah-kisah teladan kepada anak.


Dari situ akan timbul rasa keingintahuan ataupun ketertarikan anak terhadap dongeng atau kisah-kisah tauladan tadi. Dengan bertambahnya ketertarikan anak akan hal tersebut memungkinkan kita dan anak melihat buku bacaan bersama, usahakan untuk menyediakan buku bacaan yang banyak mengandung gambar dibandingkan hanya tulisan saja, dengan catatan jika kita menghadapi atau sedang berusaha untuk menciptakan suasana suka membaca terhadap anak terutama kepada anak-anak fase pra sekolah.


Sebagai pengetahuan tambahan saja, kenapa membaca sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan manusia tanpa terkecuali peningkatan kemampuan otak anak. Dalam agama islam kalimat perintah 'BACALAH' diberikan Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW saat beliau berada dalam gua Hira dan perintah membaca itu merupakan wahyu pertama yang diturunkan kepada beliau.


Jika ditafsirkan membaca, bukan berarti sertamerta kita memaksa atau meminta anak untuk melihat maupun membaca bacaan berupa buku, akan tetapi dalam hal ini kita bisa mengajak anak untuk menyukai membaca semua hal yang anak-anak ingin ketahui, baik dengan cara membaca melalui praktek. Kita bisa ambil contoh jika anak menderita batuk yang disebakan karena anak suka dengan minuman dingin dan manis, disini kita bisa mengajak anak untuk membaca alasan kenapa dia bisa batuk serta memberikan pengetahuan dan informasi penyebab dia batuk dan sebagainya.

Ajak anak olahraga 

Dengan anak banyak bergerak termasuk salah satunya olahraga, akan memungkinkan anak akan memiliki kebugaran, dan kebugaran tersebutlah yang menjadi salahsatu faktor pendukung dari kecerdasan anak.


Mencerdaskan otak anak dengan cara mengajak anak berolahraga, harus dilakukan dengan takaran yang butuh pertimbangan serta kearifan kita sebagai orang tua. Jangan paksakan anak berolahraga melebihi kemampuan dari anak itu sendiri, selain dari akan berdampak kepada kelelahan anak juga akan berdampak kurang bagus terhadap psikologis nya.


Demikian tulisan tentang ‘Cara Mencerdaskan Otak pada Anak’, semoga dapat memberikan tambahan referensi tentang tips maupun cara agar kita mendapati anak kita menjadi anak yang cerdas bukan hanya secara fisik akan tetapi juga secara psikologis mereka.

Post a Comment for "TIPS MUDAH UNTUK MENCERDASKAN OTAK PADA ANAK ANDA"