AJARKAN ANAK MAKNA HARI NATAL PADA USIA DINI

Selain ucapan selamat Natal pada tanggal 25 Desember tiap tahun tentu bukan hal baru namun sangat penting mengenalkan makna hari Natal ke anak usia dini. Pada umumnya menyambut hari Natal, Anak-anak pada hari itu dibombardir dengan gambar yang berbeda dari hari liburan tersebut: Santa, rusa, dekorasi, hadiah, bahkan manusia salju. Namun, sebagai orang tua, berusaha untuk menjunjung tradisi perayaan tersebut, dan menjadikan Natal salah satunya, penting bagi Anda untuk mendidik serta mengomunikasikan maknanya kepada anak-anak dengan cara yang dapat mereka hargai. Ketika Bunda sedang mencari cara untuk memperkenalkan anak pada makna Natal sesungguhnya, kita dapat melakukannya dengan beberapa cara kreatif menyesuaikan usia.


Ajarkan Anak Makna Hari Natal Pada Usia Dini


1. Baca kisah Natal

Ajarkan Anak Makna Hari Natal Pada Usia Dini

Ini adalah cara mendidik paling sederhana dan paling praktis untuk menanamkan arti Natal yang sesungguhnya pada anak usia 1-6 tahun. Dalam pengertian, dapatkan buku berkualitas baik yang menceritakan kisah pertama Natal kemudian baca bersama dengan anak-anak.


2. Jelaskan arti pemberian hadiah

Natal identik dengan memberi hadiah, dan anak-anak harus tahu mengapa tradisi itu demikian. Ajari anak Anda tujuan serta alasan mengapa kita memberi hadiah satu sama lain selama hari raya ini. Maksud dan tujuan perayaan Natal adalah karena mengingat bahwa Allah memberikan Yesus kepada dunia. Sama seperti yang Tuhan berikan kepada kita, kita memberi kepada orang lain sebagai semacam berkah atas orang yang kita sayangi untuk hari libur Natal.


3. Ajar mereka untuk memberi hadiah


Mengajar anak-anak untuk memberi kepada orang lain menanamkan di dalamnya nilai berbagi dan kemurahan hati, dua kebajikan moral yang sangat terkait dengan hari raya Natal selain dari ucapan selamat. Ajak mereka berbelanja untuk memilih hadiah buat anak-anak lain, seperti anak-anak yatim piatu, anak-anak di rumah atau anak-anak yang berada di rumah sakit. Dengan mengajar mereka untuk memberi kepada yang kurang beruntung, Anda memperkuat pesan bahwa Natal juga tentang memberi tanpa mengharapkan hadiah sebagai imbalannya.


4. Miliki suasana Natal sebagai bagian dari dekorasi Rumah


Buatlah gambar adegan kelahiran Yesus atau sejarah Natal yang sebenarnya sebagai dekorasi di rumah-rumah. Gambar-gambar tersebut bertujuan penting sebagai alat bantu visual untuk memperkuat sejarah Natal menurut Kristen. Biarkan anak Anda menyentuh bagian-bagiannya, dan jelaskan setiap bagian dari adegan kepadanya yang sejalan dengan kisah yang baru saja dibaca.


5. Bicara tentang berbagai simbol Natal

Ajarkan Anak Makna Hari Natal Pada Usia Dini

Lakukan riset dengan anak-anak Anda tentang simbol-simbol Natal lainnya seperti Santa, dan tradisi Natal termasuk di Indonesia maupun dunia seperti pergi ke misa tengah malam dan melakukan makan malam di Malam Natal. Melakukan penelitian dapat membantu Anda menjalin ikatan dengan anak-anak dan belajar bersama mereka pada saat yang bersamaan. Ini juga mengkomunikasikan kepadanya bahwa Anda sebagai orang tua menghargai hak mereka atas pengetahuan dan rasa ingin tahu. Bersikaplah suportif dalam mendidik dan tawarkan pandangan kita sendiri, namun berikan anak-anak kesempatan untuk menemukan makna dalam simbol sendiri di hari raya.

Dalam memperkenalkan anak-anak makna Natal yang sesungguhnya maka hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa parayaan ini benar-benar untuk anak-anak. Rasa kagum dan penasaran terhadap pohon Natal, kegembiraan membuka hadiah yang menyenangkan mata dan kemegahan keseluruhan hari libur ini akan membuat saat Natal tak terlupakan bagi banyak anak generasi muda. Sebagai orang tua, mari lakukan bagian kita untuk membuat setiap Natal mudah diingat bagi Anak-anak.

Sebagai penutup kami mengucapkan selamat hari raya Natal bagi Anda yang merayakannya.
We wish you a merry Christmas,,,
Wish you a merry Christmas and a happy new year!

Post a Comment for "AJARKAN ANAK MAKNA HARI NATAL PADA USIA DINI"