TANAMKAN ARTI PERJUANGAN DALAM MEMAKNAI PERINGATAN HARI PAHLAWAN PADA ANAK LEWAT RAGAM CARA KREATIF

Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November. Kebetulan hari ini Nasywa mulai berkata ke saya dan menanyakan mengenai kenapa peringatan Hari Pahlawan di Sekolah ada lomba, pawai juga kirab perjuangan padahal hari itu bukan hari libur atau tanggal merah. Mungkin saja pertanyaan tersebut juga ucapkan oleh anak-anak kepada bunda.


Apalagi saat memperingati hari Pahlawan kita harus mempersiapkan aksesori bertema pahlawan, pita merah putih hingga pernak-penik lainnya yang bertujuan mengenalkan makna hari pahlawan kepada anak sejak usia dini. Namun apakah acara Hari Pahlawan di kelas saja cukup untuk menanamkan maknanya tanpa keikutsertaan orangtua dalam mendidik anak tentang nilai perjuangan Kemerdekaan di Hari Pahlawan? tentu tidak!.


Kita juga harus andil dalam memberikan pengetahuan mengenai sejarah serta arti kata-kata dari perjuangan untuk memaknai Hari Pahlawan Nasional Indonesia sesuai dengan usia Anak. Ini diharapkan supaya kedepan generasi muda Indonesia lebih memiliki rasa nasionalisme tinggi.


Lalu bagaimana cara menanamkan arti perjuangan buat memaknai Hari Pahlawan pada anak-anak?, Mungkin cara-cara kreatif ini dapat bunda terapkan untuk ditanamkan ke mereka. Adapun Cara maupun tipsnya sebagai berikut.



1. MINTA ANAK-ANAK MENYEBUTKAN NAMA PAHLAWAN

Daftar Nama-nama Pahlawan Nasional Indonesia
Gambar: Daftar Nama-nama Pahlawan Nasional Indonesia - wikipedia

Mulai meminta anak untuk membaca sejarah atau menyebutkan nama-nama Pahlawan yang diketahuinya merupakan cara paling kreatif bahkan ini juga bertujuan buat memperdalam pengetahuannya mengenai para Pahlawan Indonesia. Apabila Anak anda berusia 7-12 Tahun ini juga bagian dari mendidik mereka dalam mengingat kembali pelajaran sejarahnya.


2. SIAPKAN GAMBAR PERJUANGAN KEMERDEKAAN


kata-kata perjuangan ucapan selamat hari pahlawan

Menjadikan segala sesuatu sebagai visual termasuk perjuangan hari Kemerdekaan Indonesia merupakan tips unik dalam menanamkan pada Anak usia dini. Ajak mereka untuk mewarnai gambar-gambar tersebut. Anak-anak memiliki rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi, oleh sebab itu menggunakan visual akan memancing pansarannya.

Bunda juga bisa meminta anak-anak menulis ucapan hari pahlawan setelahnya, biarkan mereka berkreasi dengan ucapan-ucapan selamatnya. Cara ini sangat menyenangkan!.



3. KUNJUNGI MUSEUM


Tanamkan Arti Perjuangan Dalam Memaknai Peringatan Hari Pahlawan pada Anak Lewat Ragam Cara Kreatif

Salah satu tempat untuk mengenalkan sejarah kemerdekaan dan perjuangan pahlawan Indonesia adalah Museum. Mengajak anak-anak untuk mengunjungi tempat bersejarah adalah langkah tepat mengkomunikasikan arti sesungguhnya dari hari peringatan Pahlawan Nasional yang merupakan bagian penanaman nilai perjuangan melalui visual selain gambar.

Baca:




4. AJAK MEREKA MELIHAT DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN

Hingga sekarang ketika melihat acara ini ada rasa kebanggan tersendiri bagi saya sebagai warga Negara Indonesia. Bunda bisa juga mengajak anak-anak buat menonton pengibaran bendera merah putih menjelang detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Selesai menonton maupun pada saat berlangsung kita dapat menceritakan prosesinya serta memberikan pemahaman akan makna pengibaran bendera dan isi teks Proklamasi yang sebenarnya. Ini bertujuan membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan juga meningkatkan kecintaan kepada Tanah Air dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui hari pahlawan.



5. KENALKAN DAN NYANYIKAN LAGU KEBANGSAAN BERSAMA

Tanamkan Arti Perjuangan Dalam Memaknai Peringatan Hari Pahlawan pada Anak Lewat Ragam Cara Kreatif

Supaya patriotisme tumbuh pada anak-anak atau generasi muda, setidaknya mengenalkan dan mengajak mereka menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia adalah cara inovatif mendidik mereka untuk lebih mengenal negaranya. Pada zaman sekarang anak muda lebih menghafal lagu luar negeri dibandingkan lagu Indonesia Raya.

Baca: Lirik Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Dalam 3 Stanza

Jadi sangat wajar ketika dia mulai bertanya "10 november diperingati sebagai hari? walaupun disekolah selalu mengadakan acara hari peringatan tersebut.


Tentu saja saat mengenalkan dan menanamkan arti perjuangan sebagai cara memaknai peringatan selamat hari pahlawan kepada anak-anak setiap orangtua memiliki cara kreatif sendiri, namun cara diatas bisa Bunda terapkan apabila sesuai dengan usianya.

Post a Comment for "TANAMKAN ARTI PERJUANGAN DALAM MEMAKNAI PERINGATAN HARI PAHLAWAN PADA ANAK LEWAT RAGAM CARA KREATIF"