BEDA KARAKTER DENGAN KEPRIBADIAN

Pendidikan Karakter. blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Jakarta: Karakter dan kepribadian seringkali membingungkan, karena keduanya menjawab pertanyaan tentang tipe orang seperti apa anak-anak Anda.


Karakter Anda adalah sekumpulan sifat perilaku yang dipelajari yang menentukan apakah Anda akan secara efektif mencapai tujuan, terus terang dalam berurusan dengan orang lain, dan akan mematuhi hukum dan aturan kelompok.


Padahal, kepribadian Anda terdiri dari sifat-sifat bawaan yang ditunjukkan secara eksternal.


Meskipun karakter berkaitan dengan kepribadian, itu bukanlah hal yang sama. Kepribadian terutama terdiri dari sifat-sifat bawaan, sedangkan karakter terdiri dari perilaku yang dipelajari.


Keduanya mungkin berbeda dengan situasi atau keadaan.


Pertanyaan yang mungkin Anda miliki termasuk:
  • Apa itu kepribadian?
  • Bagaimana karakter berbeda dari kepribadian?
  • hubungan macam apa yang ada?



Pelajaran artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dimaksud blogduniaanakindonesia.blogspot.com.

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

Kepribadian

Orang-orang tampaknya terlahir dengan ciri atau kecenderungan kepribadian tertentu. Beberapa orang pemalu, sementara yang lain supel dan banyak bicara. Beberapa orang tampaknya menjadi pemimpin, sementara yang lain analitis dalam pemikiran mereka.


Cara umum untuk mengklasifikasikan kepribadian atau disposisi Anda adalah apakah Anda seorang ekstrovert atau introvert. Artinya, apakah Anda cenderung supel atau lebih menyendiri. Klasifikasi lainnya adalah apakah Anda cenderung berorientasi pada tugas atau lebih menyukai keterlibatan sosial. Hal ini menyebabkan orang memiliki kepribadian yang mendominasi, mempengaruhi, mantap, atau patuh.


Perhatikan bahwa ini hanyalah salah satu dari beberapa metode klasifikasi dari berbagai ciri kepribadian yang mungkin dimiliki orang.


Karakter

Di sisi lain, karakter biasanya dipelajari dari orang tua, guru, dan teman Anda. Pembelajaran ini berasal dari diajarkan secara langsung atau dari pengamatan orang lain. Sejak itu dipelajari, karakter anak-anak Anda juga dapat berubah seiring waktu.


Karakter berhubungan dengan sikap dan nilai.


Tidak ada orang yang memiliki kepribadian tidak jujur. Kejujuran adalah sifat karakter positif dan ketidakjujuran adalah sifat karakter negatif. Tetapi mungkin ada kecenderungan melanggar hukum, jika Anda memiliki kepribadian yang memberontak. Seringkali pemberontakan hanyalah fase yang dilalui kaum muda.


Apakah Anda seorang introvert atau ekstrovert, karakter Anda memperhatikan sikap Anda dalam melakukan tugas-tugas yang sulit, berurusan dengan orang lain, dan mengikuti aturan budaya Anda. Ini adalah penilaian tentang tipe orang seperti apa Anda.


Hubungan

Ada beberapa teori berhubungan yang tumpang tindih dalam karakter dan kepribadian, seperti yang dapat dilihat oleh Lima Ciri Kepribadian dasar:
  • Ekstroversi dan introversi
  • Persetujuan
  • Kesadaran
  • Neuroticism / Stabilitas emosional
  • Keterbukaan untuk pengalaman



Ekstroversi dan introversi, Neurotisme / Stabilitas emosional, dan keterbukaan terhadap pengalaman jelas merupakan ciri kepribadian bawaan. Bagaimanapun, baik keramahan maupun kehati-hatian adalah campuran dari ciri-ciri kepribadian dan perilaku karakter yang dipelajari.


Persetujuan adalah kecenderungan untuk menjadi penyayang dan kooperatif daripada curiga dan antagonis terhadap orang lain. Ini juga merupakan ukuran sifat percaya dan suka menolong seseorang.


Kesadaran diartikan sebagai kecenderungan untuk terorganisir dan dapat diandalkan, menunjukkan disiplin diri, bertindak dengan patuh, dan bertujuan untuk berprestasi.


Kesimpulan

Karakter adalah sekumpulan sifat perilaku yang menentukan tipe orang seperti apa Anda. Itu menentukan apakah Anda akan mencapai tujuan Anda, berterus terang dalam berurusan dengan orang lain dan mematuhi aturan kelompok. Karakter dan kepribadian memang terkait, tetapi keduanya bukanlah hal yang sama. Kepribadian adalah sifat bawaan dan karakter terdiri dari perilaku yang dipelajari. Karakter mungkin berbeda dengan situasi atau keadaan atau mungkin sengaja diubah.


Belajar untuk membuat hidup Anda dan Anak-anak Indonesia lebih baik, demikianlah artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "BEDA KARAKTER DENGAN KEPRIBADIAN"