LOGO, TEMA SUBTEMA & SLOGAN HAKTEKNAS: SAMBUT HARI TEKNOLOGI DI INDONESIA LEWAT KATA BERMAKNA

Berdasarkan pedoman Peringatan Hari Teknologi Ke-24 Tahun 2019 dari surat edaran perubahan waktu penyelenggaran dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (disingkat: Menristekdikti), Acara puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Ke-24 Tahun 2019 secara Nasional jatuh pada 10 Agustus 2019. Namun penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Provinsi Bali ini diselenggarakan dalam waktu berbeda dengan rangkaian kegiatan pendukung sebagai berikut:

No. Kegiatan Waktu Tempat
1. Bukti Inovasi Teknologi Juni - Agustus Provinsi Bali
2. Anugerah Iptek dan Inovasi Mei - Agustus Pusat & Daerah
3. Kegiatan Ilmiah:
Rakornas, Seminar Nasional/Internasional, dll
Juni - Desember Pusat & daerah
4. Pendukung Acara Puncak:
  • Gerak jalan Sehat
  • Pembukaan Ritech Expo
  • Pembukaan Bersama Kegiatan Ilmiah
  • Lomba Penulisan Inovasi Iptek di Media
  • Lomba Foto & Video Vlog Inovasi Iptek
25 Agustus
25 Agustus
26 Agustus
Mei - Agustus
Mei - Agustus
Kota Denpasar
Kota Denpasar
Kota Denpasar
Pusat & Daerah
Pusat & Daerah 
5. Ritech Expo 25-28 Agustus Kota Denpasar
6. Malam Apresiasi (Welcoming Dinner) 27 Agustus Kota Denpasar
7. Acara Puncak HAKTEKNAS Ke-24 28 Agustus Kota Denpasar
8. Penutupan Ritech Expo 28 Agustus Kota Denpasar


Dalam dalam panduan dengan tema utama "Iptek Dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0" bahkan terdapat logo serta subtema tersebut harapannya bisa disosialisasikan baik dalam bentuk spanduk, banner, baliho, billboard, maupun gambar kartu ucapan selamat.


Tapi taukah bund, kalau Hari Teknologi diperingati pada tanggal berbeda? dalam pengertian bahwa Hari Teknologi atau National Technology Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan menyesuaikan kebangkitan dari sejarah sains maupun IPTEK nagara di dunia. Oleh sebab itu di seluruh dunia, Hari Teknologi, Sains dan Iptek diperingati setiap tanggal menyesuaikan sejarah juga kebudayaan negara begitu juga dengan maksud dan tujuannya.


Di Indonesia, Hari Kebangkitan Teknologi diperingati atau dirayakan secara nasional pada tanggal 10 Agustus tak lama berselang menyambut peringatan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dari latar belakang sejarah Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tanggal 10 Agustus untuk tujuan-tujuan penyelenggaraan tersebut sesuai dengan Keppres Nomor 71 Tahun 1995. Adapun salah satu tujuannya adalah Menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tentang perlunya budaya Iptek dalam kehidupan sehari-hari.


Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2019 sebaiknya bukan sekedar kegiatan event tahunan peringatan tanpa makna yang berarti. Oleh sebab itu dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sudah sangat jelas diatur di buku pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Ke-24 Tahun 2019 melalui situs resmi hakteknas.ristekdikti.go.id sebagai acuan pelaksanaan peringatan Hakteknas dimana terdapat tujuan, waktu penyelenggaraan, logo, tema, subtema, slogan hingga tagline.


Jika berkaca dalam Sejarah Singkat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Indonesia bahwa ini bertujuan mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna  Hari Kebangkitan Teknologi sebagai sebuah momentum meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya Iptek dan Inovasi berkelanjutan.


Untuk mendalami tentang Logo, Tema, SubTema dan Tagline Hakteknas dalam menyambut Hari Teknologi di Indonesia lewat Kata Bermakna simak terus ulasannya.




LOGO HARI TEKNOLOGI

Logo Hari Teknologi 2019 sebagaimana contoh gambar logo bisa diambil berdasarkan Juknis Menristekdikti sebagai sambutan serta kampanye dalam memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, adapun gambar dari logo Hakteknas tersebut berikut makna yang terkandung pada gambar dibawah.

LOGO, TEMA SUBTEMA & TAGLINE HAKTEKNAS DI INDONESIA LEAWAT KATA BERMAKNA


Dalam logo tersebut terdapat Bali, ini memaknai bahwa Provinsi Bali adalah tuan rumah untuk penyelenggaraan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tahun 2019.


TEMA HARI TEKNOLOGI 2019

Sambut Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2019 yang Ke-24, Menristekdikti mengusung:

1. Tema utama

"Iptek Dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0";


2. Sub Tema

"Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa";


3. Tagline Peringatan Hari Teknologi Tahun 2019 yang Ke-59

Selain logo dan tema, sebagai slogan Hakteknas dalam tagline "Inovasi, Bangun Bangsa", Tagline inilah diharapkan menjadi headline dari makna untuk Peringatan Hari Kebangkitan Teknologidi Indonesia tahun ini.



KATA KATA MUTIARA TENTANG KEBANGKITAN TEKNOLOGI DARI BAPAK TEKNOLOGI INDONESIA BJ HABIBIE

Hidup itu butuh keseimbangan, seperti layaknya pesawat membutuhkan sayap kiri dan kanan. Dalam hidup, sayap kanan adalah iman dan takwa, sayap kiri adalah ilmu dan teknologi. Kuasai keduanya agar bisa terbang tinggi. - Habibie


Belajarlah mengucap sukur dari hal hal baik di hidupmu, dan belajarlah menjadi pribadi yang kuat dengan hal hal buruk di hidupmu.  - Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie


Semoga dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun 2019 ini, sebagai orangtua, kita juga ikut berkomitmen mendidik, meningkatkan budaya Iptek dalam kehidupan sehari-hari kepada anak-anak generasi muda terutama kecintaan terhadap produk tekonologi-teknologi dan inovasi berbasis pada potensi dan kearifan lokal dari berbagai wilayah.


Artinya logo, tema, subtema tagline, juga slogan peringatan Hari Teknologi (Hakteknas) ke-24 tahun 2019 tidak hanya sekedar kata-kata maupun seremonial semata tanpa makna dalam penerapan secara bijak demikian dari blogduniaanakindonesia.blogspot.com semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "LOGO, TEMA SUBTEMA & SLOGAN HAKTEKNAS: SAMBUT HARI TEKNOLOGI DI INDONESIA LEWAT KATA BERMAKNA"