LOGO & TEMA HSP: SAMBUT HARI SUMPAH PEMUDA BERTEMA KATA "BERSATU KITA MAJU"

blogduniaanakindonesia.blogspot.com: Berdasarkan pedoman pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 dari menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) akan disemarakkan dengan beragam kegiatan kepemudaan di antaranya  Apresiasi Pemuda Berprestasi yang meliputi kepemimpinan pemuda, pemilihan wirausaha muda berprestasi, serta kepeloporan dan kesukarelawanan. Acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 secara nasional akan dilaksanakan pada tanggal Minggu, 28 Oktober 2019 berbentuk Upacara Bendera, dengan tema acara "BANGUN PEMUDA SATUKAN INDONESIA" bahkan pemerintah telah resmi meliris logo serta tema tersebut harapannya bisa disosialisasikan baik dalam bentuk spanduk, billboard, maupun gambar kartu ucapan selamat.


Tapi taukah bund, kalau hari sumpah pemuda Nasional diperingati pada tanggal berapa? karena sejarah ini juga memaknai semangat patriotisme sebagai upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anak dikehidupan sehari-hari contoh; sekolah, keluarga, lingkungan sosial. Ini mencakup pengertian bahwa hari sumpah pemuda adalah salah satu cara meningkatkan kecintaan terhadap NKRI, karena melalui momen penting juga bersejarah perjuangan kemerdekaan. Hari Sumpah pemuda (Bahasa Inggris: Youth Pledge Day) jatuh pada 28 Oktober setiap tahun dengan tujuan melalui semangat Sumpah Pemuda senantiasa menginspirasi setiap pemuda dan segenap pemangku kepentingan dalam melayani pemuda.


Secara Nasional, kita menyambut buat memperingati hari sumpah pemuda (HSP) setiap 28 Oktober sesuai Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda sebagai hari nasional namun bukan hari libur. Jadi artinya di bulan Oktober ini tepat esok hari (28/10/2019) menjadi puncak dari peringatan acaranya.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2019 sebaiknya bukan sekedar kata-kata peringatan tanpa makna yang berarti. Oleh sebab itu dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA) sudah sangat jelas diatur di buku pedoman pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun 2019 sebagai acuan pelaksanaan peringatan HSP dimana terdapat logo juga tema resminya.


Jika berkaca dalam Sejarah Hari Sumpah Pemuda bahwa gagasan ini berawal dari gagasan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, yang semangat anak-anak muda adalah aset kemajuan bangsa, Oleh karena itu sebagai orangtua sudah semestinya menjaga, melindungi serta memberikan pendidikan layak sehingga mereka dapat mengukir sejarah-sejarah Indonesia baru kedepannya.


Untuk mendalami tentang Logo dan Tema HSP dalam menyambut bulan Hari Sumpah Pemuda di Tahun 2019 ini lewat quotes kata-kata semangat, kata-kata inspirasi, kata mutiara dari Pemuda  "BERSATU KITA MAJU" simak terus ulasan.

Gambar Kata Ucapan Selamat hari sumpah pemuda
Gambar: Ucapan Selamat berlogo hari sumpah pemuda (Bahasa Inggris: Youth Pledge Day)

LOGO HARI SUMPAH PEMUDA 2019

Contoh gambar logo diambil berdasarkan buku pedoman Kemnpora sebagai sambutan serta kampanye dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, adapun gambar dari logo HSP tersebut berikut makna yang terkandung pada gambar.


LOGO & TEMA HSP: SAMBUT HARI SUMPAH PEMUDA BERTEMA KATA "BERSATU KITA MAJU"
Gambar: Logo Hari Sumpah Pemuda 2019 ke-91 Tahun



Makna Logo

  • Monumen : Dimaksudkan bahwa pemuda senantiasa menjadi agen perubahan dan pergerakannya selalu monumental
    LOGO & TEMA HSP: SAMBUT HARI SUMPAH PEMUDA BERTEMA KATA "BERSATU KITA MAJU"
  • Ilustrasi Kepalan Tangan Jempol : Dimaksudkan sebagai pemuda selalu bersemangat dan terdepan sebagai pelopor pembaharu.
    LOGO & TEMA HSP: SAMBUT HARI SUMPAH PEMUDA BERTEMA KATA "BERSATU KITA MAJU"
  • Ilustrasi Angka 91 : Dimaksudkan bahwa Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 merupakan HSP yang ke 91 tahun.
    TEMA DAN GAMBAR LOGO HARI SUMPAH PEMUDA 2019 KE-91 INDONESIA
    Gambar: Tema dan logo HSP Hari Sumpah Pemuda  ke 91 tahun 2019

  • Warna merah - hijau - biru - kuning : Dimaksudkan bahwa kita mengakui keberagaman dengan tetap menjunjung tinggi persatuan karena jika warna tersebut berbaur menjadi satu akan menghasilkan warna putih yang bermakna suci dan baik.
    LOGO & TEMA HSP: SAMBUT HARI SUMPAH PEMUDA BERTEMA KATA "BERSATU KITA MAJU"
  • Tulisan Sumpah Pemuda Berwarna Merah Putih : Dimaksudkan bahwa Hari Sumpah Pemuda menjadi pondasi yang kuat dan kokoh untuk ikrar suci satu nusa satu bangsa dan satu bahasa, INDONESIA. dikuatkan dengan tema bersatu kita maju.
    TEMA DAN GAMBAR LOGO HARI SUMPAH PEMUDA 2019 KE-91 INDONESIA

Makna Logo

Dari gambar logo tersebut memaknai bahwa kita mengakui dan menerima perbedaan, kita sekaligus juga punya keyakinan bahwa selalu ada yang merekatkan kita, walaupun tidak selalu utuh dan sempurna karena kesempurnaan hanya milik Sang Penguasa.


TEMA DAN SUB TEMA

Tema dan Sub tema Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019

Tema :

BERSATU KITA MAJU

Sub Tema :

  1. Pemuda Indonesia cerdas, kreatif dan inovatif
  2. Energi pemuda membangun Indonesia
  3. Pemuda Bersatu Indonesia Maju
  4. Semangat Pemuda implementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Undang-Undang Kepemudaan.
  5. Pemuda Maju, NKRI Utuh
  6. Mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinnekaan.
  7. Sukseskan HSP ke-91 tahun 2019 sebagai tahun kebangkitan ekonomi pemuda.
  8. Dengan semangat sumpah pemuda kita perkokoh persatuan bangsa untuk mensukseskan pembangunan pemuda yang berkelanjutan.
  9. Sumpah Pemuda mewujudkan pemuda yang maju, mandiri dan profesional.



Sambut Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019 ke-91, Pemerintah usung Tema Sumpah Pemuda menarik walaupun banyak sekali kumpulan yang sangat berarti. Semoga dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) KE 91 tahun 2019 ini, sebagai orangtua, kita juga ikut komitmen meningkatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak sehingga mereka menjadikan generasi muda masa kini membanggakan kita lewat prestasi, cerdas, kreatif, inovatif ceria dan berahlak mulia nantinya. Artinya tema ini bukan hanya sekedar tema maupun konsep berisi proposal peringatan acara namun juga implementasi sesungguhnya dari tema HSP.


Akhir kata sebagai penulis di blogduniaanakindonesia.blogspot.com mengucapkan "SELAMAT HARI ANAK SUMPAH PEMUDA (HSP) ke 91 2019" untuk seluruh generasi muda Indonesia. Ayo generasi pemuda pemudi bersatu dengan semangat Nasionalisme pemuda NKRI Kuat Indonesia Unggul

Post a Comment for "LOGO & TEMA HSP: SAMBUT HARI SUMPAH PEMUDA BERTEMA KATA "BERSATU KITA MAJU""