CARA MELAKUKAN SHOLAT IDUL FITRI DI RUMAH PADA TAHUN 2021

Meskipun Ramadhan dan Idul Fitri selalu menjadi waktu yang menyenangkan di Indonesia, ini merupakan pengalaman yang berbeda bagi umat Islam tahun ini. blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Sementara pembatasan COVID-19 sebagian besar telah berkurang di seluruh negeri, social distancing dan tindakan pencegahan lainnya masih diterapkan untuk melindungi penduduk. Jadi, kemungkinan Muslim di Indoneisa akan diminta untuk melakukan sholat Idul Fitri di rumah tahun ini juga.


Nah, jika Anda sudah memikirkan cara memulai perayaan Idul Fitri tahun 2021, Anda bisa memulainya dengan mempelajari cara sholat Idul Fitri di rumah.

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

CARA MELAKSANAKAN SHOLAT IDUL FITRI DI RUMAH

Idul Fitri memiliki arti penting bagi umat Islam, karena setelah sebulan berpuasa, itu dianggap sebagai kemenangan yang istimewa. Oleh karena itu, shalat Idul Fitri juga merupakan bagian yang sangat penting dari perayaan. Karena situasi yang ada, muncul pertanyaan di benak banyak umat Islam, seperti 'bagaimana sholat Id di rumah' dan 'bagaimana menjadi imam maupun makmum sholat Idul Fitri di rumah'.


Beberapa cendekiawan Islam terkemuka termasuk Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) telah menerbitkan dan memberikan panduan berguna untuk sholat Idul Fitri di rumah. Muslim dapat melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah secara individu atau berjamaah dengan keluarga.


Jika Anda sholat Idul Fitri bersama dengan keluarga, anggota laki-laki yang sudah dewasa harus sholat sebagai imam. Setelah Anda membentuk jamaah, Anda dapat mengikuti panduan langkah demi langkah ini untuk melakukan sholat Idul Fitri di rumah.


Mempersiapkan Sholat Idul Fitri

Selama waktu yang luar biasa ini, Anda disarankan untuk menyimpan perayaan Idul Fitri di dalam rumah Anda. Tapi, Anda bisa mengikuti sunnah Nabi Muhammad (SAW) untuk mempersiapkan Sholat Id.
  • Lakukan ghusl (mandi) sebelum Sholat
  • Makan kurma dalam jumlah ganjil
  • Rapi dan kenakan pakaian suci Anda
  • Menyampaikan ucapan dengan kata-kata selamat yang berarti harapan baik dengan anggota keluarga dan teman dengan mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum - Semoga Allah SWT menerima amalan puasa saya dan Anda


Baca: UCAPAN SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI 2021 DAN PANTUN HARI LEBARAN

CARA MELAKUKAN SHOLAT IDUL FITRI DI RUMAH: PANDUAN LANGKAH DEMI LANGKAH

Melakukan Sholat Idul Fitri di rumah sama persis dengan Sholat Idul Fitri di masjid. Namun yang membedakan hanya di rumah, namun juga ada khutbah Idul Fitri.


Waktu yang tepat untuk Sholat Idul Fitri di rumah dimulai 15 menit setelah matahari terbit dan berlangsung hingga 10 hingga 15 menit sebelum Dzuhur (tengah hari).


Jika Anda Sholat sebagai Imam, Anda harus membaca surat-surat Al-Qur'an dengan suara keras dan menyerukan takbir. dan seluruh jamaah hanya harus mengikuti Anda.


Berikut panduan langkah demi langkah tata cara Sholat Idul Fitri di rumah:
  1. Membaca niat sholat Idul Fitri. Jika sebagai makmum, maka bunyi niatnya adalah,

    اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

    (usholli sunnatan 'iidil fithri rok'ataini ma'muuman lillaahi ta'aalaa)

    Artinya:

    Saya niat salat sunnah idul fitri dua raka'at sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala.

    Jika sebagai imam, maka bunyi niatnya adalah,

    اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

    (Usholli sunnatan 'iidil fithri rok'ataini imaaman lillaahi ta'aalaa)

    Artinya:

    Saya niat salat sunnah idul fitri dua raka'at sebagai imam karena Allah Ta'ala.
  2. Takbiratul ihram dan membaca doa iftitah. Setelah membaca doa iftitah, takbir lagi tujuh kali pada rakaat yang pertama.

    Di sela takbir dianjurkan membaca,

    سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

    (Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar) Artinya:

    Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.
  3. Membaca surat al Fatihah, lalu dianjurkan membaca surat al A'la.
  4. Ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud lagi, lalu berdiri.
  5. Di rakaat kedua, takbir kembali, kali ini sebanyak lima kali dan di antara takbir-takbir tersebut membaca bacaan takbir sebagaimana di poin (2).
  6. Membaca surat al Fatihah, lalu dapat membaca surat al Ghasiyah.
  7. Ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud lagi, lalu duduk tasyahud akhir hingga salam.





Idul Fitri tahun ini akan berbeda karena pedoman pemerintah tentang social distancing, blogduniaanakindonesia.blogspot.com mengucapkan selamat melaksanakan Sholat id dan rayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442H yang jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 melalui salam kebaikan bagi semua!

Post a Comment for "CARA MELAKUKAN SHOLAT IDUL FITRI DI RUMAH PADA TAHUN 2021"