Personalia vs HRD. blogduniaanakindonesia.blogspot.com, - Jika Anda seorang karyawan, Anda mungkin tahu perbedaan antara "Personalia" dan "HRD." Namun, bagi orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan ensiklopedia tentang manajemen organisasi, dapat menyebabkan sakit kepala. Cara terbaik untuk membedakan kedua departemen ini adalah dengan menggunakan contoh yang jelas. Tanpa contoh ini, Anda akan kesulitan membedakan antara keduannya karena kedua departemen sangat terkait erat dan hanya memiliki beberapa perbedaan utama.
"Personalia" dan "HRD" adalah istilah manajemen organisasi yang digunakan untuk menggambarkan fungsi departemen. Setiap kali departemen suatu perusahaan dibahas, para ahli di bidang manajemen, yang merupakan development, biasanya menggunakan istilah ini. Pakar dan Konsultan juga dapat menggunakan istilah ini ketika merujuk pada manajemen organisasi bisnis tertentu. Adalah umum untuk salah mengira karena yang lain, seperti yang disebutkan sebelumnya, mereka hampir identik atau sama. Mengetahui satu dari yang lain, dapat membuat makalah ilmiah atau manajemen studi kasus lebih efektif. Anda tidak perlu takut dikritik karena menggunakan salah satu atau kedua istilah jika Anda tahu kapan harus menerapkannya.
Ketika membahas bagaimana suatu depertemen bertugas, "Personalia" begitu pula "HRD." Pengelolaan sumber daya manusia atau SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan menjadi fungsi utama dalam manajemen suatu perusahaan, termasuk Personalia. Ini adalah tugas penting dpartemen tersebut. Contoh, Manajemen personalia dapat menentukan penempatan kerja, jenjang karir, serta penyesuaian posisi karyawan sesuai kebutuhan perusahaan. Di saat yang sama, manajemen personalia juga harus dapat melakukan perencanaan dan pengorganisasian hal-hal penting di dalam perusahaan, serta memastikan langkah-langkah yang diambil dalam upaya mewujudkan rencana yang sesuai jalur, begitu pula sama Manajemen HRD.
HRD yang merupakan singkatan dari human resources development memiliki peran penting dalam Pengelolaan sumber daya manusia atau SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, Manajemen HRD juga bertugas mencari karyawan terbaik, dan memastikan karyawan yang ada nyaman di Perusahaan tersebut dan bisa memberikan kontribusi maksimalnya. Meskipun demikian HRD tidak berhubungan langsung dengan profit Perusahaan.
Tentu saja, apabila dibaca secara singkat, kedua depertemen ini tampak sama. meskipun demikian jika diperhatikan dengan jelas maka terdapat perbedaan antara pesonalia dengan HDR dalam sebuah perusahaan. Perbedaan tersebut mencakup Definisi, Tugas, dan Lingkup kerja.
Secara singkat, Personalia bertanggung jawab terhadap data karyawan, payroll, dan juga pembayaran benefit lainnya. Pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti tahunan dan juga mengisi dokumen merupakan fungsi utama dari personalia.
HRD dalam sebuah perusahaan sendiri yang akan melakukan pengembangan dan juga mengoreksi kinerja karyawan. HRD harus melihat potensi dan kinerja karyawan yang bisa menguntungkan perusahaan. Di mata HRD, karyawan harus bisa menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya tersebut.
Personalia dan HRD ini tidak bisa dipisahkan karena keduanya sama terhubung satu sama lainnya. HRD adalah perpanjangan tangan dari personalia sedangkan personalia ini merupakan hal yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kinerja HRD.
Meski terdapat beberapa perbedaan personalia dan HRD, namun keduanya harus bisa berjalan beriringan karena berhubungan dengan SDM perusahaan yang mana menjadi penggerak roda perusahaan ya, sahabat blogduniaanakindonesia.
Jadi itu itulah pembahasan lengkap terkait apa yang memebedakan kedua manajemen organisasi perusahaan yang berfokus pada tujuan pengelolaan sumber daya manusia atau SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan, yang dapat di ringkas dalam artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com
"Personalia" dan "HRD" adalah istilah manajemen organisasi yang digunakan untuk menggambarkan fungsi departemen. Setiap kali departemen suatu perusahaan dibahas, para ahli di bidang manajemen, yang merupakan development, biasanya menggunakan istilah ini. Pakar dan Konsultan juga dapat menggunakan istilah ini ketika merujuk pada manajemen organisasi bisnis tertentu. Adalah umum untuk salah mengira karena yang lain, seperti yang disebutkan sebelumnya, mereka hampir identik atau sama. Mengetahui satu dari yang lain, dapat membuat makalah ilmiah atau manajemen studi kasus lebih efektif. Anda tidak perlu takut dikritik karena menggunakan salah satu atau kedua istilah jika Anda tahu kapan harus menerapkannya.
Ketika membahas bagaimana suatu depertemen bertugas, "Personalia" begitu pula "HRD." Pengelolaan sumber daya manusia atau SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan menjadi fungsi utama dalam manajemen suatu perusahaan, termasuk Personalia. Ini adalah tugas penting dpartemen tersebut. Contoh, Manajemen personalia dapat menentukan penempatan kerja, jenjang karir, serta penyesuaian posisi karyawan sesuai kebutuhan perusahaan. Di saat yang sama, manajemen personalia juga harus dapat melakukan perencanaan dan pengorganisasian hal-hal penting di dalam perusahaan, serta memastikan langkah-langkah yang diambil dalam upaya mewujudkan rencana yang sesuai jalur, begitu pula sama Manajemen HRD.
HRD yang merupakan singkatan dari human resources development memiliki peran penting dalam Pengelolaan sumber daya manusia atau SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, Manajemen HRD juga bertugas mencari karyawan terbaik, dan memastikan karyawan yang ada nyaman di Perusahaan tersebut dan bisa memberikan kontribusi maksimalnya. Meskipun demikian HRD tidak berhubungan langsung dengan profit Perusahaan.
Tentu saja, apabila dibaca secara singkat, kedua depertemen ini tampak sama. meskipun demikian jika diperhatikan dengan jelas maka terdapat perbedaan antara pesonalia dengan HDR dalam sebuah perusahaan. Perbedaan tersebut mencakup Definisi, Tugas, dan Lingkup kerja.
DEFINISI
Perbedaan utama antara Personalia dan HRD pertama adalah definisinya. Personalia dan HRD ini memiliki definisi yang berbeda. Sebelum membahas tentang perbedaannya lebih lanjut ada baiknya jika Anda mengetahui definisi atau pengertiannya lebih dahulu dalam artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.comPERSONALIA
Personalia merupakan bagian dari manajemen. Personalia berhubungan dengan perekrutan, penempatan, staf, pengembangan dan kompensasi tenaga kerja. Selain itu ada hubungannya dengan organisasi dalam mencapai tujuan organisasi.HRD
HRD merupakan cabang spesialisasi dan organisasi yang mana berhubungan dengan perolehan, pemeliharaan dan pengembangan. HRD juga ada hubungannya dengan pemanfaatan dan juga koordinasi yang ada di tempat kerja. Hal ini mengacu pada fungsi sistematis perencanaan untuk kebutuhan dan tuntutan SDM, seleksi dan juga pelatihan. Singkatnya, HRD ini juga berhubungan dengan kompensasi dan penilaian kinerja karyawan.TUGAS
Perbedaan personalia dan HRD yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah tugasnya. Karena memiliki definisi yang berbeda maka personalia dan juga HRD ini juga memiliki tugas yang berbeda.PERSONALIA
Personalia merupakan departemen yang mana mengatur hubungan industrial. Selain itu personalia juga mengatur hubungan industrial antara karyawan dengan perusahaan.Secara singkat, Personalia bertanggung jawab terhadap data karyawan, payroll, dan juga pembayaran benefit lainnya. Pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti tahunan dan juga mengisi dokumen merupakan fungsi utama dari personalia.
HRD
HRD ini memiliki tugas yang berbeda dengan Personalia. HRD memiliki tugas dalam melakukan persiapan dan juga seleksi tenaga kerja. Seleksi yang dilakukan tersebut mulai dari persiapan eksternal maupun internal di sebuah perusahaan.HRD dalam sebuah perusahaan sendiri yang akan melakukan pengembangan dan juga mengoreksi kinerja karyawan. HRD harus melihat potensi dan kinerja karyawan yang bisa menguntungkan perusahaan. Di mata HRD, karyawan harus bisa menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya tersebut.
LINGKUP KERJA
Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah lingkup kerjanya. HRD dan Personalia ini memiliki lingkup kerja yang berbeda.PERSONALIA
Personalia melingkupi tugas dalam menerima karyawan. Artinya, yang akan melakukan sosialisasi dan koordinasi merupakan pihak personalia.HRD
HRD melingkupi mempersiapkan dan melaksanakan proses rekrutmenPersonalia dan HRD ini tidak bisa dipisahkan karena keduanya sama terhubung satu sama lainnya. HRD adalah perpanjangan tangan dari personalia sedangkan personalia ini merupakan hal yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kinerja HRD.
Meski terdapat beberapa perbedaan personalia dan HRD, namun keduanya harus bisa berjalan beriringan karena berhubungan dengan SDM perusahaan yang mana menjadi penggerak roda perusahaan ya, sahabat blogduniaanakindonesia.
Jadi itu itulah pembahasan lengkap terkait apa yang memebedakan kedua manajemen organisasi perusahaan yang berfokus pada tujuan pengelolaan sumber daya manusia atau SDM sesuai dengan kebutuhan perusahaan, yang dapat di ringkas dalam artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com
Post a Comment for "PERBEDAAN ANTARA PERSONALIA DAN HRD"