ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

BLOGDUNIAANAKINDONESIA: Bagi satuan pendidikan yang telah menerapkan pelaksana Program Sekolah Penggerak dan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum Merdeka dan pemenuhan beban kerja guru serta linieritas sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran tentu membutuhkan referensi alur tujuan pembelajaran sebagai konsep Perangkat Ajar.


Alur tujuan pembelajaran sebagai Perangkat Guru Kurikulum Merdeka telah disosialisasikan Kemendikbudristek ke dalam menindaklajutin Keputusan Menteri tersebut. Alur tersebut disusun menjadi dalam Modul perangkat Ajar yang nantinya akan dijadikan acuan satuan pendidikan.


Nah bagi Guru Sekolah/Madrasah yang ingin belajar tentang Alur tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, pada artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com, akan membahasnya secara lengkap.


KONSEP ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Pada Alur Tujuan Pembelajaran, Konsep Capaian Pembelajaran (CP) ditetapkan oleh Pemerintah disusun dalam fase-fase.


1. CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN ALUR PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  • Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA).
  • Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 – 2), Fase B (kelas 3 – 4), Fase C (kelas 5- 6), Fase D (kelas 7- 9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 – 12)



ALUR PEMBELAJARAN:

Alur Pembelajaran (AP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP.


2. Penyusunan Alur & Tujuan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Secara umum, ada 2 langkah besar dalam penyusunan perangkat ajar untuk suatu mata pelajaran:
  1. Penyusunan Alur & Tujuan Pembelajaran.
    • Beberapa pathways menuju CP disediakan pemerintah untuk digunakan sekolah.
    • Alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.

  2. Pengembangan Modul Ajar.
    • Seperti RPP, namun dilengkapi dengan berbagai materi pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan asesmen untuk mengecek apakah tujuan pembelajaran dicapai siswa.
    • Perangkat ajar diharapkan membantu guru mengajar menggunakan metode terdiferensiasi.




Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.
  • Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut.
  • Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.



Catatan Penting buat pengunjung blogduniaanakindonesia.blogspot.com:
  • Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.
  • Pemerintah menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.



3. Konsep Alur Tujuan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Ilustrasi alur tujuan pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek). Dok. https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/



4. Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

BAHASA INDONESIA FASE C KELAS 5




Capaian Pembelajaran (CP) Pada akhir fase C, pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Pelajar mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informasional.
Tujuan Pembelajaran 5.1 Pelajar mampu membaca dengan lancar dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter.
Tujuan Pembelajaran 5.2 Pelajar dapat mengidentifikasi dan menganalisis ide pokok dari teks deskripsi, narasi, dan eksposisi serta nilai – nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa, pantun, dan puisi), dari teks dan/atau audiovisual.
Tujuan Pembelajaran 5.3 Pelajar dapat mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang relevan untuk mengklarifikasi pemahamannya terhadap teks.

Dst.



Demikian pembahasan alur dan tujuan pembelajaran bagi satuan pendidikan yang telah menerapkan pelaksana Program Sekolah Penggerak dan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, kurikulum yang digunakan mengacu pada Kurikulum Merdeka dan pemenuhan beban kerja guru serta linieritas sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, semoga bermanfaat ya sahabat BLOGDUNIAANAKINDONESIA:

Post a Comment for "ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA"