Ada beberapa keuntungan dan manfaat memiliki capaian belajar kurikulum merdeka termasuk:
- Menetapkan harapan bersama antara siswa dan guru.
- Membantu siswa belajar lebih efektif.
- Memberikan arahan yang jelas bagi guru maupun pendidik ketika membuat keputusan instruksi pencapaian dan penilaian (Asesmen).
- Memberikan gambaran tingkat program pembelajaran per fase di seluruh kurikulum dan tujuannya.
Pada tingkat program dan institusi, capaian pembelajaran (CP) meningkatkan transparansi, kredibilitas dan komparabilitas standar untuk tujuan transfer dan jaminan kualitas. Tujuan pembelajaran menyederhanakan transfer kredit dan memfasilitasi mobilitas siswa dengan mengidentifikasi berbagai jalur kemajuan melalui dan antara sistem pendidikan yang berbeda, khususnya dalam konteks pembelajaran sepanjang hayat (Adam, 2004).
Kekhawatiran bahwa capaian pembelajaran terlalu preskriptif dikurangi dengan memastikan bahwa hasil ditulis "dengan fokus pada pemikiran tingkat tinggi dan keterampilan aplikasi" (Kennedy, Hyland, & Ryan, 2006:27) daripada pada item daftar periksa perilaku. Bahkan, masih dimungkinkan untuk memiliki hasil proses yang tidak melumpuhkan kreativitas dan memungkinkan siswa untuk memilih arah yang ingin mereka tempuh (Gosling & Moon, 2002).
Baca Juga: PROSEDUR DAN PRINSIP PENYUSUNAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA
Sifat dan tingkat kekhususan capaian pembelajaran perlu diperhitungkan, untuk menghindari hasil yang dicapai terlalu ditentukan atau kurang ditentukan. Prinsip capaian pembelajaran harus dikembangkan “dengan hati-hati dan sensitif… Capaian belajar yang sempit dan terbatas tidak sesuai untuk pendidikan tinggi di mana kreativitas dan lompatan imajinatif sangat dihargai” (Adam, 2004:8).
Potensi permasalahan praktis lainnya untuk menerapkan capaian pembelajaran, sering digambarkan dalam hal waktu dan sumber daya yang dibutuhkan, dan gagasan bahwa diperlukan waktu bertahun-tahun untuk memasukkan tujuan pembelajaran ke dalam kurikulum (Adam, 2004).
Kesimpulan
Apa itu capaian Pembelajaran dijelaskan “sebagai blok bangunan pendidikan dasar” (Adam, 2004, hlm. 5) dan CP menyediakan kerangka kerja yang kuat untuk membangun kurikulum Merdeka. Dengan demikian CP tidak dapat dipisahkan dari bagian lain dari kurikulum seperti Alur tujuan pencapaian, penilaian, dan strategi pembelajaran. Di bagian mendatang dari modul artikel ini, Blogduniaanakindonesia.blogspot.com akan menulis artikel pengembangan keselarasan di sepanjang desain, penyampaian, dan pencapaian pembelajaran.Catat Capaian belajar Anda dalam konteks draf deskripsi kurikulum baru Kemendikbudristek:
- Apakah Capaian pembelajaran yang Anda tulis menangkap semua elemen utama materi ajar Anda?
- Apakah saya kehilangan pencapaian belajar?
- Apakah saya telah menulis Capaian pembelajaran yang tidak terwakili dalam deskripsi materi kurikulum saya?
- Apakah ada yang ingin saya tambahkan ke deskripsi implementasi kurikulum merdeka saya?
Post a Comment for "MANFAAT DAN POTENSI MASALAH DENGAN CAPAIAN PEMBELAJARAN"