Pengertian dan Ciri-ciri Iklan

Secara umum, pengertian Iklan merupakan segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media, ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. Para Ahli seperti Fatihudin dan Firmansyah (2019:164) mengartikan juga mendefinisikan bahwa Iklan merupakan model komunikasi yang dapat menjangkau publik secara luas. Iklan dapat digunakan untuk membangun image jangka panjang dan juga mempercepat quick sales. Selain itu iklan juga bersifat baku dan dapat ditayangkan berulang-ulang serta dapat memperoleh efek dramatisasi dari iklan yang ditayangkan tersebut.

Baca Juga: CIRI-CIRI PANTUN

Secara lengkap, pengertian Iklan merupakan suatu hasil karya berupa audio visual, rangkaian kata, dan suara sebagai bentuk konten yang menghasilkan sebuah pesan, sebuah hasutan atau ajakan kepada masyarakat terhadap produk atau jasa yang di tawarkan oleh pemasar yang membuat siapapun melihatnya atau mendengarnya melalui media di TV, poster, majalah, radio, dan media sosial dan akan tergoda ataupun tertarik.


Bentuk dan Jenis Iklan mendefinisikan cara untuk mempromosikan produk, brand atau layanan kepada audience untuk mendorong ketertarikan, pelibatan dan penjualan. Iklan dapat dibuat dalam berbagai bentuk, dari media cetak hingga video interaktif, dan telah berevolusi menjadi fitur penting untuk marketplace aplikasi.


Pada prinsipnya, Beragam Bentuk Iklan yang tepat disesuaikan dengan tujuan pemasar yang membuat siapapun melihatnya atau mendengarnya melalui media di TV, poster, majalah, radio, dan media sosial dan akan tergoda atau tertarik.

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/


Ciri-ciri Dari Iklan

Pada umumnya, ciri-ciri jenis dari Iklan secara umum dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:
  1. Menggunakan bahasa yang bersifat persuasif.
  2. Menggunakan kata-kata (diksi) yang sopan, logis, mudah diingat, dan mudah dimengerti.
  3. Memadukan unsur kata-kata, gambar (visual), dan/ atau suara.



Dari uraian Blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Iklan jika dilihat dari pengertian dan ciri-cirinya, ini adalah suatu sarana yang bertujuan untuk mempromosikan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Ciri kebahasaan iklan yang paling penting adalah menggunakan kata-kata yang singkat, menarik perhatian masyarakat, dan mudah dipahami sehingga dapat menarik perhatian seluruh target pasar.


Bahasa yang bersifat persuasif berarti bahasa yang digunakan dapat menarik perhatian pembaca atau pendengar untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan pada iklan tersebut.

Baca Juga: APA PERBEDAAN ANTARA IKLAN KOMERSIAL DAN NON-KOMERSIAL

Berbeda jika dibandingkan dengan sarana promosi yang lain, seperti slogan yang hanya dapat memadukan unsur kata-kata, dan poster yang hanya dapat memadukan unsur gambar dan kata-kata, iklan tentu memiliki keunggulan agar dapat lebih menarik perhatian pembaca dan pendengarnya karena dapat disajikan dengan memadukan gambar, tulisan, dan suara.


Demikianlah pengertian Ciri dan tujuan Iklan yang dapat dibagikan Blogduniaanakindonesia.blogspot.com, semoga bermanfaat ***

Post a Comment for "Pengertian dan Ciri-ciri Iklan"