PENGERTIAN DAN BANTU PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK

blogduniaanakindonesia.blogspot.com:Perkembangan psikologis, perkembangan kemampuan kognitif, emosional, intelektual, dan sosial manusia dan berfungsi selama masa hidup, dari masa kanak-kanak sampai usia tua. Ini adalah subjek dari disiplin yang dikenal sebagai psikologi perkembangan. Psikologi anak adalah fokus tradisional penelitian, tetapi sejak pertengahan abad ke-20 banyak yang telah dipelajari tentang masa kanak-kanak dan dewasa. Menurut beberapa pakar, ahi dan penulis seperti contoh Elizabeth B. Hurlock bahwa istilah perkembangan berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Dan seperti yang dikatakan oleh Van den Daele “ perkembangan berarti perubahan secara kualitatif. Untuk mendalami penjelasan teori mengenai pengertian dan cara membantu dalam perkembangan psikologi anak-anak berikut penjelasannya.





PENGERTIAN PSIKOLOGI MENURUT PARA AHLI

Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990)

Menurut ahli bahasa Ensiklopedi bahwa pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.

Dakir (1993)

Menurut Dakir bahwa Pengertian Psikologi berarti membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

Muhibbin Syah (2001)

Pengertian Psikologi menurut Syah psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk, berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.


Dari beberapa definisi para pakar diatas secara umum  dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari termasuk dalam perkembangannya.

PENGERTIAN DAN BANTU PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK


PENGERTIAN PERKEMBANGAN MENURUT PARA AHLI

Kamus Lengkap Psikologi J.P. Chaplin (2004)

Menurut ahli bahasa Kamus Lengkap Psikologi J.P. Chaplin mengemukakan bahwa definisi dari pengertian perkembangan adalah kedewasaan atau kemunculan pola-pola asasi dari tingkah laku yang tidak dipelajari.

Menurut Kartini Kartono dalam Alex Sobur (2003)

Menurut Alex Sobur bahwa pengertian perkembangan adalah perubahan-perubahan psikofisis sebagai hasil dari proses pematangan dari fungsi-fungsi psikis dan fisis pada diri anak yang ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam passage waktu tertentu, menuju kedewasaan.

Bijou dan Baer dalam Sunarto dan B. Agung Hartono (2002)

Menurut mereka bahwa pengertian perkembangan berarti perubahan progresif yang menemukan cara organisme bertingkah laku dan berinterkasi dengan lingkungan.

Syamsu Yusuf (2002)

Menurut Yusuf bahwa pengertian perkembangan berarti mendefinisikan perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan menyangkut fisik maupun psikis.


PENGERTIAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MENURUT PARA AHLI

David G Myers (1996)

Menurut David G Myers bahwa pengertian psikologi perkembangan adalah a branch of psychology that studies physical, cognitive, and social change throughout the lifespan (cabang psikologi yang mempelajari perubahan fisik, kognitif, dan sosial sepanjang umur).

Ross Vasta, dkk. (1992)

Menurut Ross Vasta mendefiniskan bahwa pengertian Psikologi Perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang proses perkembangan individu dari mulai masa konsepsi sampai mati.


Linda L Daidoff (1991)

Menurut Daidoff bahwa pengertian psikologi perkembangan adalah cabang psikologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan stuktur jasmani, perilaku, dan fungsi mental manusia yang dimulai sejak terbentuknya makhluk itu melalui pembuahan hingga menjelang mati.


Richard M Lenner (1976)

Menurut Lenner bahwa apa yang dimaksud dengan pengertian psikologi perkembangan berarti pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan fungsi-fungsi psikologis sepanjang hidup (mempelajari bagaimana proses berpikir pada anak-anak, memiliki persamaan dan perbedaan, dan bagaimana kepribadian seseorang berubah dan berkembangn dari anak-anak, remaja, sampai dewasa).


TEORI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK MENURUT PIAGET

Jean Piaget adalah seorang psikolog, yang menjadi terkenal karena menciptakan teori ilmiahnya tentang perkembangan intelektual anak-anak (Kognitif). Kognitif berarti mengacu pada proses berpikir dan memori, dan perkembangan kognitif adalah mengacu pada perubahan jangka panjang dalam proses ini. Salah satu perspektif yang paling banyak diketahui tentang perkembangan kognitif adalah teori tahap kognitif seorang psikolog Swiss bernama Jean Piaget. Piaget menciptakan dan mempelajari kisah tentang bagaimana anak-anak dan remaja secara bertahap menjadi mampu berpikir secara logis dan ilmiah. Karena teorinya sangat populer di kalangan pendidik, blogduniaanakindonesia.blogspot.com fokus pada penjelasan ini.


Piaget adalah seorang konstruktivis psikologis: dalam pandangannya, pembelajaran dilanjutkan dengan interaksi asimilasi (menyesuaikan pengalaman baru agar sesuai dengan konsep sebelumnya) dan akomodasi (menyesuaikan konsep agar sesuai dengan pengalaman baru). Kemana-mana dari kedua proses ini tidak hanya mengarah pada pembelajaran jangka pendek, tetapi juga pada perubahan perkembangan jangka panjang. Perkembangan jangka panjang benar-benar menjadi fokus utama teori kognitif Piaget.

Setelah mengamati anak-anak dengan seksama, Piaget mengusulkan bahwa kognisi berkembang melalui tahap-tahap yang berbeda dari kelahiran hingga akhir masa remaja. Secara bertahap ia maksudkan urutan pola berpikir dengan empat fitur utama:
  1. Mereka selalu terjadi dalam urutan yang sama.
  2. Tidak ada panggung yang dilewati.
  3. Setiap tahap adalah transformasi signifikan dari tahap sebelumnya.
  4. Setiap tahap selanjutnya memasukkan tahap sebelumnya ke dalam dirinya sendiri.

Pada dasarnya ini adalah model pembangunan "tangga" yang disebutkan di awal bab ini. Piaget mengusulkan empat tahap utama perkembangan kognitif, dan menyebutnya (1) kecerdasan sensorimotor, (2) pemikiran praoperasional, (3) pemikiran operasional konkret, dan (4) pemikiran operasional formal. Setiap tahap berkorelasi dengan periode usia anak-anak, tetapi hanya sekitar.

Untuk lebih mendalami tentang teori-teori dari para pakar Anda  dapat mengunjungi: Teori dan Contoh Cara Memahami Perkembangan Anak-anak



CARA MEMBANTU PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK-ANAK ANDA

Dari saat anak Anda lahir mereka mengembangkan rasa diri dan dunia di sekitar mereka. Mereka mulai belajar mempercayai Anda. Ketika Anda membangun ikatan dengan mereka, mereka merasa aman di dunia mereka. Ini menetapkan panggung untuk seluruh masa depan perkembangan mereka. Anda membantu mereka berkembang secara sosial dan emosional. Perkembangan sosial adalah interaksi kita dengan orang lain. Ini adalah kemampuan untuk membentuk hubungan yang aman. Perkembangan emosional adalah mengatur dan mengekspresikan emosi. Ini melibatkan perasaan seseorang tentang diri mereka sendiri, orang lain dan dunia.


Penelitian terbaru menunjukkan hubungan langsung antara perkembangan sosial-emosional yang sehat dan keberhasilan akademik. National Academy of Sciences mengidentifikasi tiga kualitas yang perlu dipersiapkan anak-anak untuk sekolah: keterampilan intelektual, motivasi belajar, dan kapasitas sosial / emosional yang kuat. Penelitian ini mengungkapkan:

Perkembangan sosial-emosional yang kuat mendasari semua keberhasilan sosial, emosional, dan akademik di kemudian hari. Anak-anak kecil yang mengembangkan hubungan awal yang kuat dengan orang tua, keluarga, pengasuh, dan guru belajar bagaimana memperhatikan, bekerja sama, dan bergaul dengan orang lain. Mereka yakin dengan kemampuan mereka untuk mengeksplorasi dan belajar dari dunia di sekitar mereka.


Pengalaman hidup seseorang, susunan genetika, dan temperamen dapat memengaruhi perkembangan sosial-emosional mereka. Sebagai panutan pertama anak Anda, Anda dapat mengirim pesan positif kepada mereka. Mulailah dengan bersikap mendukung untuk membantu tumbuh kembang psikogis anak-anak Anda dengan cara-cara:
  • Cintai anak Anda dan tunjukkan kasih sayang Anda untuk mereka. Peluk, cintai, baca, dan bicarakan dengan mereka sepanjang hari.
  • Dorong anak Anda untuk mencoba hal-hal baru. Bantu mereka melihat kemampuan mereka. Biarkan anak Anda tahu bahwa Anda senang dengan prestasi mereka.
  • Beri anak Anda peluang untuk bermain dengan anak-anak lain seusia mereka. Bantu mereka menjelajahi dunia mereka dan mengenal orang-orang di dalamnya. Teladani perilaku baik dan murah hati ketika berinteraksi dengan orang dewasa dan anak-anak lainnya.
  • Tunjukkan perasaan Anda. Biarkan anak Anda melihat saat Anda bahagia atau sedih. Ini membantu mereka mengembangkan empati terhadap orang lain.
  • Tetapkan rutinitas harian. Anak Anda akan merasa percaya diri dan aman. Mereka akan belajar bahwa peristiwa dapat terjadi secara terorganisir. Buat rutinitas yang dapat diprediksi tetapi fleksibel.
  • Akui perasaan anak Anda. Bantu mereka berbicara tentang apa yang mereka rasakan dan bagaimana perasaan mereka. Hiburlah anak Anda saat mereka kesal. Pegang mereka dan bicaralah dengan lembut dan tenang.


Berikan peluang sosial-emosional yang positif untuk anak Anda. Mereka akan merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan mengembangkan kepercayaan diri. Anak Anda akan membentuk hubungan yang aman dengan orang lain dan pada akhirnya akan dapat fokus dan belajar. Yayasan yang kuat dan sehat ini akan mengarah pada kesuksesan akademik di masa depan.


KESIMPULAN PENGERTIAN DAN BANTU PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK

Secara emosional, anak-anak berkembang ke arah kesadaran diri yang lebih besar ​​yaitu, kesadaran akan keadaan emosi, karakteristik, dan potensi mereka sendiri untuk bertindak dan mereka menjadi semakin mampu melihat dan menafsirkan emosi orang lain juga. kesimpulannya, ini berkontribusi pada empati, atau kemampuan untuk menghargai perasaan dan persepsi orang lain dan memahami sudut pandang mereka. Kemampuan baru ini berkontribusi pada perkembangan moral anak, yang biasanya dimulai pada masa kanak-kanak sebagai keprihatinan dan penghindaran tindakan yang menarik rasa sakit dan hukuman dan berkembang ke peraturan perilaku yang lebih umum sehingga dapat mempertahankan perhatian dan persetujuan orang tua. Pergeseran lebih lanjut dalam penalaran moral ke yang didasarkan pada penghindaran rasa bersalah internal dan saling menyalahkan diri sendiri menandai peralihan dari masa kanak-kanak dan remaja ke dewasa. Semua kemajuan emosional ini meningkatkan keterampilan dan fungsi sosial anak.  Jadi sangatlah penting untuk membantu perkebangan psikologi anak-anak anda sejak dini dalam pengertian berikan hak-hak mereka sesuai yang diatur oleh undang-undang tentang perlindungan anak. demikian dari blogduniaanakindonesia.blogspot.com semoga bermanfaat!!




DAFTAR PUSTAKA

Chaplin, J.P. 2004. Kamus Lengkap Psikologi, Alih Bahasa: Kartono Kartini. Jakarta: Raja. Grafindo

Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid 11. 1990. Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka, Cet. 1

Dakir. 1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, E. B. 2002 . Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Surabaya : Erlangga.

Lerner, Richard M. 1976. Concept and Theories of Human Development. Philippines: Addison-Wesley Publishing Company. Inc.

Myers, David G. 2012. Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika

Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Sunarto, Prof. Dr. H. dan Hartono, Agung, B. Dra. Ny. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Vasta, Ross, at all. (1992). Child Psychology : The Modern Science. John Wiley. & Sons Inc.

Yusuf, Syamsu L. N., M. Pd. 2002. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Post a Comment for "PENGERTIAN DAN BANTU PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK"