CARA MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK

Membangun Kepribadian Anak - Membesarkan anak untuk menjadi individu yang kuat serta percaya diri bisa dikatakan sebagai tugas yang cukup besar bagi orang tua, oleh karena itu sangat perlu bagi orang tua memastikan anak berada pada lingkungan yang positif sehingga dapat membantu anak dalam belajar serta memahami dunia sekitarnya. Hal ini juga merupakan bagian dari membangun kepribadian yang akan berpengaruh saat anak dewasa nanti, karena sebagian besar perkembangan manusia baik secara fisik maupun mental terjadi pada masa kanak-kanak.


Dalam membangun mental anak tidak secara otomatis bisa didapat dengan begitu saca, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu membangun kepribadian anak usia dini.


MEMBANGUN KOMUNIKASI YANG SEHAT

Anak sudah tentu memiliki banyak waktu dalam lingkungan keluarga dan sudah pasti apa yang dilihat anak akan ditirunya, terutama anak usia dini. Terkadang orang tua sering tidak menyadari apa yang disampaikan oleh orang tua kepada anak akan berpengaruh terhadap pembangunan mental maupun psikologi anaknya. Dalam membangun sistem komunikasi yang baik terhadap anak, ada baiknya kita selalu mengungkapkan kata-kata yang baik serta mau mendengarkan apa yang anak anak utarakan, dengan begitu anak akan merasa nyaman serta hal ini juga yang akan membantu mempererat hubungan anak dengan orang tuanya.


Komunikasi yang sehat yang dilakukan dalam lingkungan keluarga akan membantu anak dalam membentuk karakter maupun sifat serta tingkahlaku anak dalam lingkungan sosialnya.


HINDARI MENJADIAKN ANAK, SEORANG RAJA ATAUPUN RATU

Seorang raja tidak pernah salah dan selalu memberi perintah terkadang memiliki sifat yang lebih dominan kepada egois, dan hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kita selalu menganggap anak benar walaupun terkadang kita mendapati anak melakukan sebuah kesalahan yang menurut kita fatal, seperti anak memukul kepala teman sebayanya.
Rasa sayang yang berlebihan dan tanpa batas terkadang akan membutakan orang tua dengan makna dari kasih sayang tersebut, sehingga berdampak kepada pembelaan anak secara berlebihan yang tanpa disadari justru hal ini akan berdapak kurang baik terhadap kepribadian anak-anak.


Komunikasi yang sehat yang dilakukan dalam lingkungan keluarga akan membantu anak dalam membentuk karakter maupun sifat serta tingkahlaku anak dalam lingkungan sosialnya.


HINDARI MEMBATASI ANAK

Pembatasan terhadap anak bisa dikatakan hal yang paling buruk yang dilakukan oleh orang tua, hal ini dikarenakan dengan membatasi ruang gerak anak dalam mengekspresikan dirinya akan membuat anak merasa tidak mendapat penghargaan terhadap kehadirannya


Banyak hal-hal pembatasan terhadap anak yang sebenarnya orang tua tidak sengaja melakukannya, dengan tujuan untuk menjaga apa lagi ketika orang tua menghadapi anak usia 2 hingga 5 tahun.
Pada masa usia tersebut anak sangatlah aktif dalam melakukan hala-hal baru yang terkadang anak-anak tidak mengerti akan dampak yang terjadi.

CARA MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK


Perlu sekali bagi orang tua untuk membiarkan anak mengekspresikan dirinya, karena ini adalah bagian dari bagaimana anak menemukan hal baru sebagai tempat atau wadah anak dalam belajar.


Dengan membiarkan anak mengekspresikan kepribadiannya sendiri dan berprilaku dengan cara tertentu, merupakan bagian dari bagaimana membangun karakter anak terutama anak usia dini. Asalkan selalu dimonitoring maka anak akan menikmati dunia kanak-kanak mereka dengan ceria.


JADILAH PEMBIMBING UNTUK ANAK-ANAK

Menghadapi dunia kanak-kanak memang sudah pasti sebagai orang tua harus melakukan banyak hal, apalagi anak yang sedang memasuki masa keemasan tumbuhkembangnya. Jadi sangat perlu sekali bagi orang tua untuk menjadi pembimbing utama dalam masa tersebut, sehingga anak akan melewati masa pertumbuhannya dengan baik.
Orang tua harus berada di posisi paling depan atau utama dalam membantu anak saat anak berada pada masa pasang surut menghadapi pertumbuhan serta perkembangannya, dan kapanpun anak membutuhkannya.


Sebagai pengingat, bahwa setiap anak memiliki kelebihan sendiri sendiri, dan setiap anak sudah pasti berbeda jadi sangat perlu bagi orang tua untuk mengetahui serta memahami lebih dahulu pendekatan apa yang paling sesuai dalam menangani anak. Kasih sayang serta keyakinan kitalah yang akan membuat kita selalu konsisten untuk membatu anak-anak dalam membangun pribadi anak agar anak menjadi sosok yang berkepribadian positif.


Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com.  Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "CARA MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK"