BAGAIMANA CARA MENANGANI PILEK ANAK SECARA ALAMI

Bagaimana Cara Menangani Pilek Anak Secara Alami - Ketika melihat anak sakit setiap orang tua akan merasa sedih, apalagi dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini, anak akan mudah terserang sakit seperti pilek, batuk, hidung mampet, atau demam.

Bagaimana Cara Menangani Pilek Anak Secara Alami
Bagi orang tua sangat perlu memberikan nutrisi yang cukup serta berimbang, untuk menjaga ketahanan tubuh anak terhadap serangan penyakit. Perawatan serta menjaga kebersihan tubuh maupun lingkungan sekitar anak juga perlu dilakukan agar mengurangi potensi penyebaran virus yang kemudian akan menyerang kepada anak. Pencegahan lebih baik daripada mengobati, akan tetapi jika anak anda terlanjur terserang pilek atau flu, jangan panik karena anda dapat melakukan penanganan dengan cara yang tidak membutuhkan obat kimia serta dapt dilakukan dirumah.

TIPS MENANGANI ANAK-ANAK YANGTERSERANG PILEK

Minta anak untuk istirahat.

Istirahat sangat penting bagi anak untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Tubuh si kecil yang sedang terkena pilek sangat membutuhkan banyak energi untuk melawan virus, hanya melalui istirahat anak tidak akan mudah lelah.


Istirahat tidak harus identik dengan tidur, akan tetapi bisa melalui pengurangan aktivitas. Seperti diketahui dunia anak memang dunia bermain, dimana anak akan sangat aktif bergerak dan menguras tenaganya. Dengan aktivitas seperti itu akan memudahkan virus berkembang serta membelah diri dan justru anak akan mengalami pilek yang berkepanjangan.

Berikan anak minum.

Meminum air mineral yang banyak akan sangat bagus bagi tubuh anak, karena dengan memberikan air minum yang banyak akan membantu tubuh si kecil agar tidak dehidrasi. Selain dari membantu tubuh anak dari dehidrasi, minum yang banyak juga akan menurunkan demam serta mengurangi gejala pilek anak.

Berikan anak air hangat.

Uap air hangat akan membantu melegakan pernafasan pada anak, karena uap mengencerkan lendir dan membuatnya mudah dikeluarkan. Jika anda ingin lebih simple untuk memberikan kehangatan melaui uap hangat, anda bisa memberikan minyak kayu putih ke dada serta leher anak.

Berikan anak madu.

Kandungan yang terdapat dalam madu seperti nutrisi yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan stamina. Nutrisi yang terdapat di dalam madu diantaranya protein, kalsium, karbohidrat, fosfor, besi, kalium, aluminium, magnesium, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin C, dan lainnya.
Dengan kandungan kaya nutrisi inilah mengapa madu sangat disarankan untuk diberikan saat anak mengalami pilek.

Berikan anak bawang putih.

Bawang putih yang mengandung zat allicin, yaitu komponen alami yang mempunyai efek anti-bakteri dapat anda berikan ke si kecil dengan penyajian sesuai dengan selera anak. Jika memungkinkan campur bawang putih tersebut dengan sup kaldu, karena sop ayam ini juga dapat meredakan peradangan pada tenggorokan yang biasa menyebabkan batuk.


Kesimpulan: Usahakan gunakan penanganan pilek pada anak secara alami sehingga akan mengurangi ketergantungan tubuh anak terhadap obat-obatan kimia. Selain pengobatan secara alami aman digunakan, anda juga dapat melakukannya di rumah sebagai pencegahan terhadap berkembangnya virus yang sedang menyerang tubuh si kecil dan mengakibatkan pilek.

Saran kami adalah jika pilek anak anda tidak juga mengalami perbaikan/kesembuhan, ada baiknya anda bawa si kecil ke dokter dan konsultasikan penyakit yang diderita anak anda.
Kecerian si kecil adalah kebahagian yang tidak ternilai bagi orang tua, dan kecerian tersebut akan hadir pada anak ketika anak dalam kondisi sehat. Jaga kesehatan anda sebelum si kecil sakit, terutama dalam kondisi pancaroba seperti sekarang ini.


Demikian tulisan tentang Bagaimana Cara Menangani Pilek Anak Secara Alami, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua yang sedang mencari referensi tentang pengobatan alami untuk anak yang terserang flu.


Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com. Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "BAGAIMANA CARA MENANGANI PILEK ANAK SECARA ALAMI"