DOA ANAK UNTUK ORANGTUA DALAM BACAAN BAHASA ARAB

blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Jakarta: Orang tua kita telah berkorban begitu banyak untuk membesarkan kita. Kita tidak pernah bisa membalas kebaikan mereka. Namun, kita dapat melakukan yang terbaik untuk menghormati dan memperlakukan mereka dengan baik.


Allah SWT. mengatakan dalam Al-quran:


Yang artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia." (Al-quran Surat Al-Isra Ayat 23)


Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah terus mendoakan mereka dengan tulus, meskipun mereka tidak lagi bersama kita. Nabi s.a.w. mendorong kita untuk terus berdoa untuk orang tua kita. Sungguh, doa akan terus bermanfaat bagi mereka.


“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Bukhari)


Ada banyak macam doa yang bisa kita doakan untuk orang tua kita. Bahkan bisa berupa doa apa pun yang disuarakan dari dalam hati. Sungguh, Allah akan mendengar tangisan kita sekecil apapun. Berikut adalah beberapa doa dari Alquran yang harus dibuat untuk orang tua kita dalam artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com:

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

DOA MEMOHON AMPUNAN UNTUK KEDUA ORANG TUA

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ ٱلْحِسَابُ


Arab-Latin: Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu`minīna yauma yaqụmul-ḥisāb


Terjemah Arti: Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)".
(Al-quran Surat Ibrahim Ayat 41)

DOA MEMOHON BELAS KASIHAN UNTUK KEDUA ORANG TUA

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا


Arab-Latin: rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī ṣagīrā


Terjemah Arti: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".

(Al-quran Surat Al-Isra’ Ayat 24)


DOA MEMOHON AMPUNAN UNTUK KEDUA ORANG TUA, DIRI SENDIRI DAN TAMU

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا


Arab-Latin: Rabbigfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu`minaw wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā


Terjemah Arti: Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".


DOA MEMOHON DIANUGERAHKAN KEBERKAHAN DAN KERIDHAN UNTUK KEDUA ORANG TUA

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ


Arab-Latin: rabbi auzi'nī an asykura ni'matakallatī an'amta 'alayya wa 'alā wālidayya wa an a'mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī 'ibādikaṣ-ṣāliḥīn


Terjemah Arti: Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".

(Al-quran Surat An-Naml Ayat 19)


Selalu baca blogduniaanakindonesia.blogspot.com untuk kumpulan doa harian lebih lengkap lainnya!

Post a Comment for "DOA ANAK UNTUK ORANGTUA DALAM BACAAN BAHASA ARAB"