BAGAIMANA CARA MENGATASI MASUK ANGIN MELALUI PERTOLONGAN PERTAMA

Cara Tepat Menangani Masuk Angin Pada Anak - Ketika si buah hati menderita sakit, tidak ada orangtua yang tidak cemas, baik itu penyakit serius maupun tidak termasuk salah satunya masuk angin. Kecemasan akan makin bertambah ketika orang tua kurang mengerti cara melakukan pertolongan pertama masuk angin pada anak.

Informasi terkait cara mengatasi masuk angin pada anak melalui pertolongan pertama sangat diperlukan, hal ini merupakan pencegahan dan persiapan ketika menghadapi anak masuk angin, berikut informasi tersebut.

BAGAIMANA CARA MENGATASI MASUK ANGIN MELALUI PERTOLONGAN PERTAMA

KETAHUI PENYEBAB ANAK MASUK ANGIN

Cara terbaik untuk menemukan solusi dalam menangaianak masuk angin adalah mencari tahu penyebab yang mengakibatkan anak terkena masuk angin. Pada umumnya anak mengalami masuk angin dikarenakan beberapa sebab, seperti;
  • Udara dingin. Terlalu lama bermain di luar rumah terutama saat udara yang sangat dingin dan anak tidak dibekali dengan pakaian hangat, mengajak anak berkendara sepeda motor tanpa pakaian penghangat tubuh, terkena hujan, terlalu dekat dengan kipas angin dan lainnya.
  • Pergantian cuaca yang ekstrim. musim berganti juga mempengaruhi anak mudah terkena flu hingga masuk angin, apalagi saat daya tahan tubuh anak sedang tidak stabil.
  • Perut kosong. Dunia anak memang dunia bermain, karena terlalu asik bermain dan orang tua kurang memperhatikan masalah makan anak, terkadang anak akan lupa untuk makan.
  • Kurang istirahat. Istirahat yang kurang akan mempengaruhi berkurangnya/melemahnya daya tahan tubuh pada anak.

Baca : Bagaimana Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak


PERTOLONGAN PERTAMA MENGATASI ANAK MASUK ANGIN

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi anak yang masuk angin, diantaranya:

1. Oleskan Minyak Kayu Putih.

Perut kembung yang disebabkan oleh masuk angin pada anak dapat mengakibatkan anak menjadi rewel karena rasa tidak nyaman yang di deritanya. Kembung terjadi karena angin telah masuk ke dalam tubuh anak dan hal ini bisa diatasi dengan mengoleskan minyak angin atau sejenisnya yang dapat menghangatkan tubuh anak. Anda dapat mengolekan pada perut, punggung dan kerongkongan anak, dengan tujuan menghangatkan tubuh.

2. Gunakan Bawang Merah.

Anda dapat melakukan pertolongan pertama kepada anak yang masuk angin dengan menggunakan campuran bawang merah. Silahkan gunakan 1 siung, minyak kelapa, haluskan bawang merah tersebut dengan cara diparut kemudian campur hasil parutan tersebut dengan minyak kelapa, jika anda tidak memiliki minyak kelapa, anda dapat menggunakan minyak telon sebagai penggantinya.

Baluri sekujur tubuh anak terutama pada perut dan punggung, saat anda membaluri punggung anak, ada baiknya anda lakukan pemijatan perlahan.

3. Berikan Air Hangat.

Air minum hangatmerupakan cara alami dan mudah dilakukan dirumah dalam mengatasi anak yang masuk angin. Pastikan air tersebut tidak terlalu panas karena akan merusak lambung anak dan membuat anak tidak nyaman saat meminum air terlalu panas.

Seperti diungkapkan di atas bahwa salah satu penyebab anak masuk angin adalah karena tubuh anak tidak siap dengan udara dingin, jadi penghangatan tubuh melalui cara diatas merupakan tips yang umum dilakukan ketika menangani anak masuk angin.

4. Berikan Pakaian Hangat.

Penggunaan pakaian hangat pada anak saat masuk angin ketika menghadapi cuaca yang dingin akan membantu tubuh anak kembali kepada kondisi yang hangat, dan hal ini mencegah terjadinya masuk angin berkelanjutan.

5. Isi Perut Anak Dengan Makanan Kaya Nutrisi.

Perut yang kosong dapat membuat anak mudah terserang masuk angin, jadi sebaiknya anda meminta anak untuk mengisi perutnya dengan makanan bernutrisi. Atau anda juga dapat memberikan makanan berupa sup hangat.


Saran: Jika masuk angin anak tidak sembuh dalam 1 hingga 2 hari, sebaiknya anda bawa anak ke dokter agar mendapat penanganan serta menemukan solusi penyembuhannya.


Demikian tulisan tentang Mengatasi Masuk Angin Anak Dengan Pertolongan Pertama, semoga dengan tulisan ini dapat memberikan informasi kepada orang tua terutama bagi yang belum memahami serta mengetahui penyebab serta cara mengatasi masuk angin pada anak.

Post a Comment for "BAGAIMANA CARA MENGATASI MASUK ANGIN MELALUI PERTOLONGAN PERTAMA"