LOGO & TEMA HSP: Sambut Hari Sumpah Pemuda lewat Kata 'Bersatu Bangun Bangsa'

Berdasarkan pedoman pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora), Acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 secara nasional akan dilaksanakan pada tanggal Jumat, 28 Oktober 2022 berbentuk Upacara Bendera, dengan tema acara 'Bersatu Bangun Bangsa' bahkan pemerintah telah resmi meliris logo serta tema dengan harapan bisa disosialisasikan baik dalam bentuk spanduk, billboard, maupun gambar kartu ucapan selamat.
Gambar: Logo & Tema Ucapan Sambut Hari Sumpah Pemuda (HSP). Blogduniaanakindonesia/Kemenpora


Blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Berdasarkan pedoman pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora), Acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 secara nasional akan dilaksanakan pada tanggal Jumat, 28 Oktober 2022 berbentuk Upacara Bendera, dengan tema acara 'Bersatu Bangun Bangsa' bahkan pemerintah telah resmi meliris logo serta tema dengan harapan bisa disosialisasikan baik dalam bentuk spanduk, billboard, maupun gambar kartu ucapan selamat.

Tapi taukah sobat Blogduniaanakindonesia, kalau hari sumpah pemuda Nasional diperingati pada tanggal berapa? karena ini juga memaknai semangat patriotisme sebagai upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anak dikehidupan sehari-hari contoh; sekolah, keluarga, lingkungan sosial. Ini mencakup pengertian bahwa hari sumpah pemuda adalah salah satu cara meningkatkan kecintaan terhadap NKRI, karena melalui momen penting juga bersejarah perjuangan kemerdekaan. Hari Sumpah pemuda (Bahasa Inggris: Youth Pledge Day) jatuh pada 28 Oktober setiap tahun dengan tujuan melalui semangat Sumpah Pemuda senantiasa menginspirasi setiap pemuda dan segenap pemangku kepentingan dalam melayani pemuda.


Secara Nasional, kita menyambut buat memperingati hari sumpah pemuda (HSP) setiap 28 Oktober sesuai Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda sebagai hari nasional namun bukan hari libur. Jadi artinya di bulan Oktober ini tepat esok hari (28/10/2022) menjadi puncak dari peringatan acaranya.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 sebaiknya bukan sekedar kata-kata peringatan tanpa makna yang berarti. Oleh sebab itu dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) sudah sangat jelas diatur di buku pedoman pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 tahun 2022 sebagai acuan pelaksanaan peringatan HSP dimana terdapat logo juga tema resminya.


Jika berkaca dalam Sejarah Hari Sumpah Pemuda bahwa gagasan ini berawal dari gagasan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, yang semangat anak-anak muda adalah aset kemajuan bangsa, Oleh karena itu sebagai orangtua sudah semestinya menjaga, melindungi serta memberikan pendidikan layak sehingga mereka dapat mengukir sejarah-sejarah Indonesia baru kedepannya.


Untuk mendalami tentang Logo dan Tema HSP dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda di Tahun 2022 ini lewat quotes kata-kata semangat, kata-kata inspirasi, kata mutiara dari 'Bersatu Bangun Bangsa' simak terus ulasan.



Gambar Kata Ucapan Selamat hari sumpah pemuda
Gambar: Ucapan Selamat berlogo hari sumpah pemuda (Bahasa Inggris: Youth Pledge Day)

LOGO HARI SUMPAH PEMUDA 2022

Contoh gambar logo diambil berdasarkan buku pedoman Kemenpora sebagai sambutan serta kampanye dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, yaitu.


Logo

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Gambar: Logo Hari Sumpah Pemuda 2022 ke-94 Tahun


Makna Logo

Pada bentuk logo Hari Sumpah Pemuda 2022 bertuliskan angka 94 ditambah dengan berbagai paduan warna dan garis yang memiliki sebuah makna. Angka tersebut menjadi penanda jika tahun ini menjadi perayaa Sumpah Pemuda ke 94.


Warna yang dipilih merupakan gabungan warna yang menggambarkan bahwa Indonesia memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.


Gambar garis putih yang berada dalam angka 9 dan 4 mengikuti bentuk logo. Berarti kesatuan yang menambah indahnya keberagaman dan menjadi simbol persatuan yang suci.


Sementara untuk lingkaran, mengibaratkan gambar kepalan tangan sebagai tanda semangat persatuan dan semangat kepemudaan.


Bentuk dua garis berjajar yang mengarah ke atas pada logo, memiliki makna tentang semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud rasa cinta pada Indonesia.


Secara keseluruhan, logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menjadi acuan dari nilai Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan keanekaragaman bangsa untuk membentuk Pemuda‑Pemudi yang ikut Bersatu Bangun Bangsa.


TEMA DAN CONTOH SUBTEMA TEMA HSP

HSP atau Hari Sumpah Pemuda 2022 ke 94 Tahun:

Tema :

Bersatu Bangun Bangsa

Contoh Subtema :

  1. Pemuda Indonesia cerdas, kreatif dan inovatif
  2. Pemuda Indonesia bersatu membangun Indonesia
  3. Pemuda Bersatu Indonesia Maju
  4. Semangat Pemuda implementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Undang-Undang Kepemudaan.
  5. Pemuda Maju, Bangsa Utuh
  6. Mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinnekaan.
  7. Sukseskan HSP ke-94 tahun 2022 sebagai tahun kebangkitan persatuan pemuda.
  8. Dengan semangat sumpah pemuda kita perkokoh persatuan bangsa untuk bersatu membangun bangsa yang berkelanjutan.
  9. Sumpah Pemuda mewujudkan pemuda yang maju, mandiri dan profesional



Sambut Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 ke-94, Kemenpora usung Tema Sumpah Pemuda yang sangat berarti. Semoga dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) tahun 2022 ini, sebagai orangtua, kita juga ikut komitmen meningkatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak Indonesia sehingga mereka menjadikan generasi muda masa kini membanggakan kita lewat prestasi, cerdas, kreatif, inovatif ceria dan berahlak mulia nantinya. Artinya tema ini bukan hanya sekedar tema maupun konsep berisi proposal peringatan acara namun juga implementasi sesungguhnya dari tema HSP.


Sebagai penulis di Blogduniaanakindonesia.blogspot.com saya mengucapkan "Selamat memperingai Hari Sumpah Pemuda" untuk seluruh generasi muda penerus Bangsa Indonesia.

Post a Comment for "LOGO & TEMA HSP: Sambut Hari Sumpah Pemuda lewat Kata 'Bersatu Bangun Bangsa'"