HARI MUSEUM

blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Hari Museum adalah hari peringatan atau perayaan terhadap momen penting bagi sejarah perkembangan permuseuman dalam peran pendidikan, ilmu pengetahuan, agama, persahabatan maupun kebudayaan yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Museum Internasional diperingati setiap tanggal 18 Mei dan Di Indonesia, Hari Museum Nasional diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Negara lainnya merayakan Hari Museum pada tanggal yang lain. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang peran kunci yang dimainkan museum dalam pengembangan masyarakat kita.




MUSEUM

Secara Etimologi kata museum berasal dari bahasa latin yaitu “museum” (“musea”). Secara umum, Apabila dilihat dari pengertian aslinya dari  alhi bahasa Yunani  mouseion, dimana Museum adalah kuil yang dipersembahkan untuk Muses (dewa  seni  dalam  mitologi  Yunani), dan merupakan bangunan tempat pendididkan dan kesenian, khususnya institut untuk filosofi dan penelitian pada perpustakaan di Alexandria yang didirikan oleh Ptolomy I Soter 280 SM. Berikut beberapa pendapat para pakar mengenai apa yang dimaksud dengan Musium apabila dilihat menurut para ahlinya:
  • Museum adalah institusi permanen dalam hal melayani dan mengembangkan masyarakat, terbuka untuk umum yang mempelajari, mengawetkan, melakukan penelitian, melakukan  penyampaian, rekreasi, dan memberitahukan aset-aset barang berharga yang nyata dan “tidak   nyata tentang lingkungannya kepada masyarakat.
  • Menurut UNESCO, dalam  kongres  majelis  umum  ICOM  (International Council of Museum) sebuah organisasi internasional dibawah UNESCO, menetapkan defenisi museum  sebagai berikut: “Museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan dalam melayani masyarakat, terbuka untuk umum, memperoleh, mengawetkan,  mengkomunikasikan dan memamerkan barang-barang pembuktian manusia dan lingkungan untuk tujuan pendidikan, pengkajian dan hiburan.
  • Musuem adalah institusi permanen dalam hal melayani dan mengembangkan masyarakat,  terbuka untuk umum yang mempelajari, mengawetkan, melakukan penelitian, melakukan   penyampaian kepada masyarakat dan pameran untuk tujuan pembelajaran, pendididkan, rekreasi, dan memberitahukan aset-aset barang berharga yang nyata dan “tidak nyata” tentang lingkungannya kepada masyarakat.
  • Menurut  Association of  Museum (1998) berpendapat bahwa pengertian atau defenisi  dari museum adalah Museum membolehkan orang untuk melakukan penelitian untuk inspirasi,   pembelajaran, dan kesenangan. Museum adalah badan yang mengumpulkan, menyelamatkan  dan meneriam artefak dan specimen dari orang yang dipercaya oleh badan museum


SEJARAH PERMUSEUMAN DI INDONESIA

Menurut catatan sejarah nasional, berdirinya suatu museum di Indonesia adalah sekitar tahun 1778 dengan didirikannya Museum Bataviaasch  Genootschap Van Kunsten en Westenschappen  di Batavia (sekarang Jakarta). Karena mulai dilakukannya penelitian benda-benda warisan budaya di Indonesia  yang telah dikumpulkan. Sejarah permuseuman berlanjut pada tahun 1915 didirikannya Museum Sono Budoyo di Yogyakarta. Jumlah museum  yang terdapat di Indonesia kurang lebih 30 buah sampai akhir Perang Dunia II. Jumlah itu terus bertambah setelah Kemerdekaan Indonesia dan tujuan
pendiriannya berubah dari tujuan untuk kepentingan pemerintah penjajah menjadi untuk kepentingan masyarakat dalam usaha pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Akhirnya pada tahun   1964 urusan permuseuman ditingkatkan menjadi Lembaga museum-museum Nasional, kemudian  pada tahun 1966 Lembaga Museum-museum Nasional diganti menjadi Direktorat Museum dalam lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan.


HARI MUSEUM INDONESIA

Di Indonesia, Perayaan Hari Museum diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Penetapan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Nasional Museum Indonesia berdasarkan kesepakatan di antara insan permuseuman. Sejarah Nasional mencatat, tanggal tersebut ditetapkan karena pernah menjadi salah satu momen penting bagi sejarah permuseuman di Indonesia. Ketika terselenggaranya Musyawarah Museum se-Indonesia pertama yang dilaksanakan pada 12 hingga 14 Oktober 1962 di Yogyakarta. Pertemuan tersebut menghasilkan sepuluh resolusi yang dinilai memiliki nilai penting untuk dijadikan dasar dalam memajukan museum.


Berdasarkan asal usul yang melatar-belakangi peristiwa bersejarah permuseuman di Indonesia tersebut, Maka sejak tahun 2015, Perayaan Hari Museum Indonesia (bahasa Inggris: National Museum Day of Indonesia) diselenggarakan secara berkelanjutan.

HARI MUSEUM


Tema Perayaan Hari Museum Indonesia diangkat berbeda dengan puncak peringatan diselenggarakan dikota berbeda pula. Contohnya Tema hari museum indonesia tahun 2018 Museum Kebanggaan Milenial dan Tema hari museum Indonesia tahun 2019 adalah Museum Menyatukan Keberagaman.


HARI MUSEUM INTERNASIONAL

Di Dunia, Perayaan Hari Museum diperingati setiap tanggal 18 Mei. Penetapan tanggal 18 Mei sebagai Hari Internasional Museum Sedunia berdasarkan usulan International Council of Museums (ICOM). Sejarah Dunia mencatat, tanggal tersebut ditetapkan karena pernah menjadi salah satu momen penting bagi sejarah permuseuman Internasional. Hari Museum Internasional memberikan kesempatan bagi para profesional museum untuk bertemu secara publik dan memberi tahu mereka tentang tantangan yang dihadapi museum. Apabila mengikuti definisi museum yang disediakan oleh ICOM, museum adalah lembaga permanen nirlaba yang melayani masyarakat dan pengembangannya, terbuka untuk umum, yang mengakuisisi, melestarikan, meneliti, berkomunikasi, dan menunjukkan warisan berwujud dan tidak berwujud kemanusiaan dan lingkungannya untuk tujuan pendidikan, studi dan kesenangan.


Berdasarkan asal usul yang melatar-belakangi peristiwa bersejarah permuseuman Internasional tersebut, Sejak didirikan pada tahun 1977, Perayaan Hari Museum Indonesia (bahasa Inggris: International Museum Day) diselenggarakan secara berkelanjutan dan semakin mendapat perhatian. Pada tahun 2009, Hari Museum Internasional menarik partisipasi 20.000 museum yang menjadi tuan rumah acara di lebih dari 90 negara. Pada 2010, 98 negara berpartisipasi dalam perayaan itu, dengan 100 di 2011, dan 30.000 museum di 129 negara di 2012.  Pada 2011, gambar poster peringatan Hari Museum Internasional resmi diterjemahkan ke dalam 37 bahasa. Sejak 2012, jumlah ini melonjak satu menjadi 38 dan terus meningkat hingga 2019.


Tema Perayaan Hari Museum Internasional diangkat berbeda dengan puncak peringatan diselenggarakan di negara berbeda pula. Contohnya Tema Hari Museum Internasional tahun 2018 Hyperconnected Museums: New approaches, new publics dan Tema Hari Museum Internasional tahun 2019 adalah Museums as Cultural Hubs: The Future of Tradition yang artinya Museum sebagai Pusat Budaya: Masa Depan Tradisi.


Akhir kata dalam menyambut perayaan hari Museum Indonesia yang jatuh pada 12 Oktober 2019, dengan tagline : Nyok, Kite ke Museum blogduniaanakindonesia.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati atau merayakan hari Museum ayo ajak anak-anak menghadiri sepekan festival Museum di Taman Fatahillah, Kawasan Kotatua, Jakarta sebagai langkah awal mengenalkan mereka tentang sejarah, seni, budaya Indonesia sejak usia dini.

Post a Comment for "HARI MUSEUM"