Sahabat Dunia Anak Indonesia, apakah Anda adalah guru atau orangtua yang sedang mencari artikel penanaman kriteria untuk anak-anak Anda. Temukan artikel tersebut di blogduniaanakindonesia.blogspot.com:
Referensi blogduniaanakindonesia.blogspot.com: Internalisasi 9 Pilar Karakter Bagi Anak Usia Dini, karya Desi Fatmasari Cetakan 1, 2020 Diterbitkan Oleh: Pustaka Senja
1. Cinta Tuhan dan Segenap Ciptaan-Nya (Love God and all His creations)
Dalam pilar pertama terdapat dua (2) konsep nilai, yaitu konsep bersyukur dan konsep kasih sayang dan setia pada kebenaran. Tujuan yang dicapai dari konsep bersyukur ialah memercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya. Sedangkan konsep kasih sayang dan cinta pada kebenaran meliputi menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.2. Mandiri, Displin, dan Tanggung Jawab (independent, self disciplined, and responsible)
Dalam pilar kedua terdapat tiga (3) konsep nilai, yaitu mandiri, disiplin, dan tanggung jawab. Tujuan yang dicapai dari konsep mandir adalah anak mau dan mampu melakukan pekerjaan sendiri. Konsep disiplin yaitu anak dapat menyelesaikan tugas rutin dan mengontrol diri. Konsep tanggung jawab yaitu anak mampu melakukan tugas dengan baik, menerima kesalahan dengan lapang dada dan dapat dipercaya.3. Jujur, Amanah, dan Berkata Bijak (honest, trustworthy, and tactful)
Dalam pilar ketiga terdapat 3 (tiga) konsep nilai, yaitu jujur, amanah, dan berkata bijak. Tujuan yang dicapai agar anak mencintai kejujuran, berkata dan bertindak jujur. Konsep amanah bertujuan agar anak senantiasa menepati janji dan melakukan tugas dengan penuh amanah atau kepercayaan. Konsep berkata bijak terdiri dari sopan dalam bertutur bahasa dan berkata jujur dengan menyenangkan sehingga hati orang lain tidak tersinggung.4. Hormat, Santun, dan Pendengar yang Baik (respectful, courteous, and good listener)
Dalam pilar keempat terdapat tiga konsep, yaitu hormat, santun, dan pendengar yang baik. Tujuan yang dicapai dari konsep hormat atau patuh ialah anak mau menerima nasihat, mematuhi aturan, memperlakukan orang dengan baik. Konsep sopan dan santun meliputi bertutur kata santun misalnya mengucapkan kata maaf, terimakasih, dan tolong. Yang ketiga konsep pendengar yang baik adalah memerhatikan orang yang sedang bicara, berbicara bergantian.5. Dermawan, Suka Menolong, dan Kerja Sama (generous, caring, and cooperative)
Dalam pilar kelima terdapat 3 konsep nilai, yaitu dermawan, suka menolong, dan kerja sama. Tujuan yang ingin dicapai dari konsep dermawan yaitu rasa empati dan cinta pada sesama serta suka memberi tanpa pamrih. Konsep menolong memiliki tujuan supaya peduli, membantu yang membutuhkan dan tidak mengharapkan timbal balik. Konsep kerja sama terdiri dari gotong royong, aktif dan ceria dalam kelompok.6. Percaya Diri, Kreatif, dan Pantang Menyerah (self confident, creative, and determined)
Dalam pilar keenam terdapat 3 konsep nilai, yaitu percaya diri, kreatif, dan pantang menyerah. Tujuan yang dicapai dari konsep percaya diri adalah agar anak percaya pada kemampuan dirinya, berani mencob. Konsep kreatif meliputi mampu membuat karya kreasi sendiri, memiliki ide dan solusi sendiri. Konsep pantang menyerah adalah anak selalu semangat dan berusaha sampai selesai.7. Pemimpin yang Baik dan Adil (good leader and fair)
Dalam pilar ketujuh terdapat nilai pemimpin yang baik dan adil. Tujuan yang dicapai dari nilai kepemimpinan ialah selalu ingin berbuat kebaikan dan dapat mengajak kepada kebaikan serta membela kebenaran. Nilai adil meliputi membagi sesuatu dengan adil, mengakui kesalahan dan kekalahan, dan tidak membedakbedakan perlakuan.8. Baik dan Rendah Hati (kind, humble and modest)
Dalam pilar ke delapan terdapat dua konsep nilai yaitu baik dan rendah hati. Tujuan yang akan dicapai dari nilai baik hati adalah membuat orang lain merasa senang dan melakukan kebaikan. Nilai rendah hati meliputi selalu menghargai orang lain dan menganggap dirinya sama dengan yang lainnya.9. Toleran, Cinta Damai, dan Bersatu (tolerant, peaceful, and united)
Dalam pilar ke sembilan memiliki tiga konsep nilai, yaitu toleransi, cinta damai, dan kesatuan. Tujuan yang akan dicapai dari konsep toleransi adalah menerima perbedaan, percaya bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan perbedaan dan keberagaman, sabar, dan tidak mudah mengeluh. Nilai kedamaian meliputi dapat mengendalikan diri dan menyelesaikan masalah dengan damai, tidak mempunyai rasa benci dan iri hati, menjaga ketenangan dan mudah memaafkan. Nilai kesatuan adalah tidak melihat teman berdasarkan suku, agama, atau kelompok, menghargai perbedaan.TENTANG IHF (INDONESIAN HERTAGE FOUNDATION)
Indonesian Heritage Foundation (IHF) adalah suatu organisasi nirlaba/nonprofit yang didirikan apada bulan Juni tahun 2000 oleh Ratna Megawangi, Ph.D. (pelopor pendidikan holistik di Indonesian dan juga Dosen di Institut Pertanian Bogor) bersama suaminya Dr. Sofyan Djalil, SH., M.A., M.ALD. (yang saat ini menjabat sebagai Mentri Agraria dan Tata Ruang di Indonesia), yayasan ini bergerak dalam pendidikan karakter. IHF beralamatkan di Jalan Raya Bogor KM 3 No. 46 Cimanggis Depok 16951, website: www.ihf.or.id. IHF juga telah menerapkan TK/PAUD Semai Benih Bangsa (SBB) yang tersebar kurang lebih dari 1600 lokasi di seluruh Indonesia.Referensi blogduniaanakindonesia.blogspot.com: Internalisasi 9 Pilar Karakter Bagi Anak Usia Dini, karya Desi Fatmasari Cetakan 1, 2020 Diterbitkan Oleh: Pustaka Senja
Post a Comment for "9 PILAR KARAKTER ANAK MENURUT IHF"