PENGERTIAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF MENURUT PARA AHLI

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Beberapa ahli merumuskan pengertian Pendekatan Komunikatif


Blogduniaanakindonesia.blogspot.com: Menurut Zuchdi dan Budiasih (1996:33) Pendekatan Komunikatif adalah “pendekatan yang dilandasi oleh pemikiran bahwa kemampuan menggunakan bahasa dalam komunikasi merupakan tujuan yang harus dicapai dalam pembelajaran bahasa”. Pendekatan ini berusaha menempatakan fungsi bahasa sebagai fungsi komunikatif. Menurut Littiewood (dalam Rofi’uddin, 1999) pendekatan komunikatif adalah didasarkan pada pemikiran bahwa: 1) Pendekatan komunikatif membuka diri bagi pandangan yang luas dalam pembelajaran bahasa. Hal ini terutama menyebabkan orang melihat bahwa bahasa tidak terbatas pada tata bahasa dan kosa kata, tetapi juga pada fungsi komunikasi bahasa. 2) Pendekatan komunikatif membuka diri bagi pandangan yang luas dalam pembelajaran bahasa. Hal ini menimbulkan kesadaran bahwa pembelajaran bahasa, tidak cukup dengan memberikan kepada siswa bagaimana bentuk-bentuk bahasa itu, tetapi siswa harus mampu mengembangkan cara-cara menerapkan bentuk-bentuk itu sesuai dengan fungsi bahasa sebagai sarana komunikasi dalam situasi dan waktu yang tepat.

Baca Juga: ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK SD/MI

Iskandarwassid dan Dadang (2011:55-56) menyatakan beberapa ciri pendekatan komunikatif adalah sebagai berikut:
  1. Acuan berpijaknya adalah kebutuhan peserta didik dan fungsi bahasa;
  2. tujuan belajar bahasa adalah membimbing peserta didik agar mampu berkomunikasi dalam situasi yang sebenarnya;
  3. silabus pengajaran harus sesuai dengan fungsi pemakaian bahasa;
  4. peranan tatabahasa dalam pengajaran bahasa tetap diakui;
  5. tujuan utama adalah komunikasai yang bertujuan;
  6. peran pengajar sebagai pengelola kelas dan pembimbing peserta didik dalam berkomunikasi diperluas;
  7. kegiatan belajar harus didasarkan pada teknik-teknik kreatif peserta didik sendiri, dan peserta didik dibagi dalam kelompok-kelompok kecil.



Istilah pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Baca Juga: Deskripsi Capaian Pembelajaran KKNI

Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan yang bertujuan untuk membuat kompetensi komunikatif sebagai tujuan pembelajaran bahasa, juga mengembangkan prosedur-prosedur bagi pembelajaran empat keterampilan berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis), mengakui dan menghargai saling ketergantungan bahasa.


Bertolak dari pengertian pembelajaran bahasa mengacu pada teori-teori tentang hakekat bahasa dan pembelajaran bahasa yang berfungsi sebagai sumber landasan/prinsip pengajaran bahasa. Teori tentang hakikat bahasa mengemukakan asumsi-asumsi dan tesisi-tesis tentang hakikat bahasa, karakteristik bahasa, unsur-unsur bahasa, serta fungsi dan pemakaiannya sebagai media komunikasi dalam suatu masyarakat bahasa. Teori belajar bahasa mengemukakan proses psikologis dalam belajar bahasa sebagaimana dikemukakan dalam psikolinguistil. Pendekatan pembelajaran lebih bersifat aksiomatis dalam definisi bahwa kebenaran teori-teori linguistik dan teori belajar bahasa yang digunakan tidak dipersoalkan lagi. Dari pendekatan ini diturunkan metode pembelajaran bahasa. Misalnya dari pendekatan berdasarkan teori ilmu bahasa struktural yang mengemukakan tesis-tesis linguistik menurut pandangan kaum strukturalis dan pendekatan teori belajar bahasa menganut aliran behavioerisme diturunkan metode pembelajaran bahasa yang disebut Metode Tata Bahasa (Grammar Method).

Baca Juga: Pengertian dan Prinsip Alur Tujuan Pembelajaran

Semoga dengan pembahasan Blogduniaanakindonesia.blogspot.com diatas, Anda lebih mengerti apa yang dimaksud dengan perumusan pendekatan komunikatif menurut pendapat ahli. Semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "PENGERTIAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF MENURUT PARA AHLI"