Blogduniaanakindonesia - Alur dan Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka (Silabus) untuk SD/MI - Dalam Kurikulum Merdeka, pemerintah memberikan alokasi waktu pembelajaran per tahun. Hal ini bertujuan agar satuan pendidikan bisa mengatur waktu dan pengajaran mata pelajaran di sekolah untuk memudahkan siswa dalam mencapai pembelajaran sesuai fase.
Baca Juga: 5 Prinsip Pembelajaran
Adapun Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Apa itu Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir.
Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Berdasarkan modul tentang perangkat ajar yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.
ATP diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan bagian dari elemen-elemen Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan di tiap semester. Kemendikbudristek sendiri tidak membuat contoh-contoh untuk menyusun alur pembelajaran, melainkan contoh tujuan pembelajaran, yang dituliskan dalam buku panduan guru.
Baca Juga: Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Face C
Alur pembelajaran dianjurkan bersifat fleksibel agar dapat diganti dan dimodifikasi sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan minat anak (berpusat pada anak).
Kompetensi adalah rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap tidak seharusnya dipisahkan.
Baca Juga: Arti Alur Tujuan Pembelajaran, Lengkap dengan Konsepnya
Capaian Pembelajaran kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013, dimana CP disusun perfase sebagai upaya penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi.
Penyusunan Capaian Pembelajaran sesuai fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka. tingkat pencapaian dilihat dari hasil asesmen atau hasil tes diagnostik peserta didik yang dilakukan guru di awal pembelajaran, atau diawal semester.
Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.
Demikian tautan Download yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat.
Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Penyusunan Bahan Ajar
Jika Bapak/Ibu Guru dan Siswa ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di website kami, silakan terus kunjungi Blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Di artikel Blogduniaanakindonesia Anda akan temukan beragam Informasi Terbaru setiap hari dari penulis Blogduniaanakindonesia!
Baca Juga: 5 Prinsip Pembelajaran
Adapun Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Apa itu Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir.
Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Berdasarkan modul tentang perangkat ajar yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, alur pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase.
Ilustrasi Alur Tujuan Pembelajaran (disingkat: ATP) |
BAGAIMANA MENGEMBANGKAN ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN?
Satuan Pendidikan dapat mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran (ATP) berdasarkan karakteristik satuan, kebutuhan dan minat anak, kondisi lingkungan sekitar, serta keterkaitannya dengan capaian pembelajaran (CP), sehingga alur dan tujuan pembelajaran antar-tiap satuan dapat sangat berbeda.ATP diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP) yang merupakan bagian dari elemen-elemen Capaian Pembelajaran (CP) yang dikembangkan di tiap semester. Kemendikbudristek sendiri tidak membuat contoh-contoh untuk menyusun alur pembelajaran, melainkan contoh tujuan pembelajaran, yang dituliskan dalam buku panduan guru.
Baca Juga: Contoh Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Face C
Alur pembelajaran dianjurkan bersifat fleksibel agar dapat diganti dan dimodifikasi sehingga dapat mengakomodir kebutuhan dan minat anak (berpusat pada anak).
Capaian Pembelajaran (CP)
CP merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh dari suatu mata pelajaran.Kompetensi adalah rangkaian dari pengetahuan, keterampilan, disposisi (sikap) tentang ilmu pengetahuan, dan sikap terhadap proses belajar (dorongan untuk belajar dan motivasi untuk menggali konsep lebih dalam). Dengan demikian, keterampilan, pengetahuan, dan sikap tidak seharusnya dipisahkan.
Baca Juga: Arti Alur Tujuan Pembelajaran, Lengkap dengan Konsepnya
Capaian Pembelajaran kedudukannya di bawah Standar Nasional Pendidikan (SNP), setara dengan KI-KD dalam Kurikulum 2013, dimana CP disusun perfase sebagai upaya penyederhanaan sehingga peserta didik dapat memiliki waktu yang memadai dalam menguasai kompetensi.
Penyusunan Capaian Pembelajaran sesuai fase ini juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at the Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar mereka. tingkat pencapaian dilihat dari hasil asesmen atau hasil tes diagnostik peserta didik yang dilakukan guru di awal pembelajaran, atau diawal semester.
Selain itu, penyusunan CP per fase berguna bagi guru dan satuan pendidikan. Guru dan satuan pendidikan dapat memperoleh keleluasaan dalam menyesuaikan pembelajaran sehingga selaras dengan kondisi dan karakteristik peserta didik.
ATP KURIKULUM MERDEKA UNTUK SD DAN MI
Selengkapnya File Alur dan Tujuan Pembelajaran Pada Murikulum Merdeka tiap Mata Pelajaran (Mapel) untuk Kurikulum Merdeka, dapat di Download melalui link di bawah ini:- ATP Mapel Bahasa Indonesia SD ==UNDUH==
- ATP Mapel Bahasa Inggris SD ==UNDUH==
- ATP Mapel Matematika SD ==UNDUH==
- ATP Mapel IPA SD ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Agama Budha & Budi Pekerti SD ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Agama Hindu & Budi Pekerti SD ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti SD ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Agama Katolik & Budi Pekerti SD ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Agama Kristen & Budi Pekerti SD ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Agama Khonghucu & Budi Pekerti SD ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Kepercayaan kepada Tuhan YME SD ==UNDUH==
- ATP Penjas PJOK ==UNDUH==
- ATP Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan SD ==UNDUH==
- ATP Seni Musik SD ==UNDUH==
- ATP Seni Rupa SD ==UNDUH==
- ATP Seni Tari SD ==UNDUH==
- ATP Seni Teater SD ==UNDUH==
Demikian tautan Download yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat.
Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Penyusunan Bahan Ajar
Jika Bapak/Ibu Guru dan Siswa ingin mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di website kami, silakan terus kunjungi Blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Di artikel Blogduniaanakindonesia Anda akan temukan beragam Informasi Terbaru setiap hari dari penulis Blogduniaanakindonesia!
Post a Comment for "ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK SD"