CONTOH ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE C KELAS 5

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Contoh alur tujuan pembelajaran (ATP) Bahasa Indonesia Face C Kkelas 5 MI/SD *




Blogduniaanakindonesia.blogspot.com: Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 – 2), Fase B (kelas 3 – 4), Fase C (kelas 5- 6), Fase D (kelas 7- 9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 – 12).

Baca Juga: [DOWNLOAD] MODUL AJAR PKN SMA KURIKULUM MERDEKA FASE E-F

Sementara, Alur Pembelajaran (AP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP.


Deri pengertian diatas uraian Blogduniaanakindonesia.blogspot.com, dapat disimpulkan bahwa alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran.


Baca Juga: ARTI ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK

Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut. Adapun Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.


Waktu implementasinya, guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran. Namun, Pemerintah juga mesti menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum Merdeka yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.


BERIKUT CONTOH ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP)

BAHASA INDONESIA FASE C KELAS 5 SD/MI



Capaian Pembelajaran (CP) Pada akhir fase C, pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Pelajar mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informasional. Pelajar mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Pelajar memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan menambah pengetahuan dan keterampilan.
Tujuan Pembelajaran 5.1 Pelajar mampu membaca dengan lancar dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter.
Tujuan Pembelajaran 5.2 Pelajar dapat mengidentifikasi dan menganalisis ide pokok dari teks deskripsi, narasi, dan eksposisi serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa, pantun, dan puisi), dari teks dan/atau audiovisual.
Tujuan Pembelajaran 5.3 Pelajar dapat mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang relevan untuk mengklarifikasi pemahamannya terhadap teks.
Dst.


Baca Juga: Jelaskan Perbedaan Antara Bahan Ajar Dengan Materi Ajar

Sumber artikel Blogduniaanakindonesia.blogspot.com: Perangkat Ajar Unit Modul Sekolah Penggerak, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Post a Comment for "CONTOH ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE C KELAS 5 "