Mengenal Apa Itu Capaian Pembelajaran?

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

Sebuah Istilah Capaian Pembelajaran atau biasanya disingkat dengan CP pastinya sering sahabat #BlogDuniaAnakIndonesia dengar akhir-akhir ini terutama selama tujuan pembelajaran pada Implementasi program kurikulum Sekolah Penggerak ini.


Pada Implementasi program kurikulum Sekolah Penggerak inilah yang melatarbelakangi adanya konsep Capaian Pembelajaran dirujuk pada sistem pendidikan yang berkembang. Konsep tersebut dianggap perlu agar tercapainya suatu hasil bagi peserta didik seperti yang diharapkan.


Capaian pembelajaran tersebut juga adalah salah satu kunci utama untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik. Artinya, Capaian pembelajaran kedudukannya sangat penting dalam pelaksanaan dan penilaian.


Jika kita perhatikan dengan baik rumusan dari alur peran pembelajaran menggunakan CP Kurikulum baru ini memang berkaitan dengan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar.


Sistem Pembelajaran dengan latar pembaruan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dirancang untuk menguatkan fokus pembelajaran terhadap pengembangan kompetensi yang disebut-sebut sebagai CP ini, memang dirancang secara khusus supaya lebih memudahkan para guru selama penerapan Kurikulum Merdeka ini. Tidak sebanding dengan kepopuleran namanya, kita masih akan begitu minim menemukan penjelasan mengenai Capaian Pembelajaran. Masih banyak para pengajar yang masih tidak mengetahui tentang CP ini.


Pengertian Capaian Pembelajaran


Pengertian dari Capaian Pembelajaran secara umum merupakan suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.


Sistem pembelajaran (learning outcomes) yang dirumuskan ini bertujuan untuk lebih difokuskan pada apa yang diharapkan dapat dilakukan oleh siswa selama atau pada akhir suatu proses belajar.


Karena memang memiliki prinsip pembelajaran yang disesuaikan tingkat pencapaian siswa, selain akan lebih 'memerdekakan' para guru-guru di dalam merencanakan sebuah pembelajaran dengan cara kompetensi, Capaian pembelajaran juga akan 'memerdekakan' para siswa untuk mengeksplorasi materi pelajaran lebih mendalam dimana saja dan kapan saja.


Melalui Capaian pembelajaran biasanya digunakan untuk menentukan tingkat kerangka kualifikasi, menetapkan standar kualifikasi, menjelaskan program dan kursus, mengarahkan kurikulum, dan menentukan spesifikasi penilaian atau asesmen.

Baca Juga: 3 TAHAPAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PADA KURIKULUM MERDEKA

Peran Capaian Pembelajaran dalam program kurikulum Sekolah Penggerak:
  1. Berperan memberikan pemahaman tentang pengetahuan, sikap dan keterampilan yang hendaknya dicapai oleh anak dalam setiap tahapan perkembangan usianya.
  2. Berfokus apa yang diharapkan pada siswa di akhir pembelajaran, hal ini sejalan dengan pendekatan student centered dalam dunia pendidikan.
  3. Memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.
  4. Berperan menjadi kompetensi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
  5. Berperan mengembangakan dan menguatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.



Tujuan CP Yang Mendukung Dalam Proses Pembelajaran kurikulum Sekolah Penggerak PAUD dan Tingkat SD-SMA:


Dalam Prinsip CP yang disusun berdasarkan kriteria biasanya mempunyai berbagai tujuan yang diharapkan, diantaranya adalah :


Tujuan Capaian Pembelajaran PAUD


Pembelajaran di PAUD adalah pembelajaran yang mengintegrasikan semua aspek perkembangan anak dengan penekanan pada kesejahteraannya. Tujuan Capaian Pembelajaran di PAUD adalah memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak (nilai agama, fisik-motorik, emosional, bahasa, dan kognitif) agar anak siap mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya.


Tujuan Capaian Pembelajaran Tingkat SD-SMA Capaian pembelajaran menunjukkan kemajuan belajar yang digambarkan secara vertikal dari satu tingkat ke tingkat yang lain serta didokumentasikan dalam suatu kerangka kualifikasi. Selain itu, capaian pembelajaran juga harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai.


CP –bersama dengan kriteria penilaian– hal tersebut mengidentifikasi capaian pembelajaran sebagai tujuan belajar yang terukur. Sehingga dapat disimpulkan bahwa capaian pembelajaran kedudukannya sangat penting dalam pelaksanaan dan penilaian. Pencapaian CP hanya dapat diidentifikasi setelah siswa mengikuti proses pembelajaran melalui penilaian dan harus dapat didemonstrasikan dalam kehidupan nyata.

Baca Juga: PROSEDUR DAN PRINSIP PENYUSUNAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Harapan CP:
  1. Memahami dan mampu menerapkan capaian pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
  2. Menginginkan peserta didik untuk berhasil dalam memahami pembelajaran.
  3. Mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
  4. Melakukan inovasi dalam dunia pendidikan.



Sahabat #Blogduniaanakindonesia.blogspot.com perlu kenali bahwa pada Implementasi program kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak ini, Kegiatan, materi, manfaat yang diharapkan:
  1. Mampu melakukan kegiatan yang relevan dalam pencapaian belajar.
  2. Materi yang menyeimbangi dengan kebutuhan siswa dan aspek kurikulum.
  3. Menjadikan proses belajar mengajar lebih menarik, sesuai target dan kebutuhan dalam bidang pendidikan.

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Capaian Pembelajaran?"