Penyusunan Prosem, RPPM dan RPPH PAUD

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/
Penyusunan Prosem, RPPM dan RPPH Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. *



Blogduniaanakindonesia.blogspot.com: Program Semester PAUD atau PROMES PAUD atau Perencanaan Semeter PAUD merupakan program pembelajaran yang berisi jaringan-jaringan tema yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema dan sebarannya ke dalam semester 1 dan semester 2.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan atau disingkat RPPM merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu.


Sementara, Rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) merupakan acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh guru.


Berikut Penyusunan Perangkat Pembelajaran Paud untuk Prosem, RPPM dan RPPH, yang telah dirangkum Blogduniaanakindonesia dari berbagai sumber.


Penyusunan Prosem, RPPM dan RPPH PADA TK/PAUD

A. Tahapan Penyusunan Program Semester

Program semester adalah wadah yang berisi bahan kegiatanuntukmengembangkan potensi anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Program semester berisi daftar tema satu semester danalokasi waktu setiap tema.


Program semester (Prosem) dapat dilengkapi dengan menyusun kegiatan-kegiatan pembelajaranyangdikembangkan dari muatan/materi yang ada pada Kompetensi Dasar untuk digunakan dalam menyusun RPPM. Langkah-langkah penyusunan Prosem adalah sebagai berikut:
  1. Membuat daftar tema satu semester kemudian memilihdanmengurutkan tema yang sudah dipilih tersebut berdasarkan materi yang terdapat dalam tema.
  2. Menjabarkan tema ke dalam sub tema dan dapat dikembangkanlebih rinci lagi menjadi sub-sub tema untuk setiap semester.
  3. Menentukan alokasi waktu untuk setiap tema.
  4. Menentukan kompetensi dasar pada setiap sub tema yang akan dikembangkan.
  5. Menentukan kegiatan belajar sesuai dengan kompetensi dasar yangditetapkan akan dipakai selama tema yang sama. Kompetensi dasar yang sudah dipilih untuk tema dapat dibagi ke dalambeberapa kelompok yang disesuaikan dengan sub tema.
  6. Kompetensi dasar (KD) yang diambil untuk sub tema tersebut akandigunakan terus selama sub tema dibahas.
  7. Kompetensi dasar yang sudah digunakan pada tema dan sub temadapat diulang untuk digunakan kembali pada tema yang berbeda.


Baca: KOMPETENSI DASAR SD/MI PADA KURIKULUM 2013.

B. Pemilihan Tema

Tema merupakan alat atau wahana yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi secara utuh. Tema disusun sesuai dengan prinsip-prinsip penentuan tema. Sebuah tema dapat digunakan untuk berbagai kelompok usia, kedalaman dan keluasan bahasannya disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak.


Prinsip pemilihan tema sebagai berikut:
  1. Tema dipilih mulai dari hal yang terdekat dengan kehidupan anak ke hal yang lebih jauh dari kehidupan anak. Misalnya tema Diriku, sub tema ‘’aku’’ dan tema gejala alam sub tema “bulan, bintang dan matahari”.
  2. Tema dipilih dari tema-tema yang menarik minat anak.
  3. Tema dipilih mulai dari tema-tema yang sederhana ke yang sulit bagi anak. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan temaantara lain:
    1. Mempelajari minat anak.
    2. Mengidentifikasi konsep sebagai materi yang terdapat dalamtema, menjadi sub tema dan sub-sub tema dan seterusnya
    3. Menata dan mengurutkan tema berdasarkan prinsip-prinsip pemilihan tema.
    4. Menjabarkan tema ke dalam sub-sub tema agar cakupan tidak terlalu luas.


Baca: PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TENTANG KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN MUATAN NASIONAL (A), MUATAN KEWILAYAHAN (B), DASAR BIDANG KEAHLIAN (C1), DASAR PROGRAM KEAHLIAN (C2) DAN KOMPETENSI KEAHLIAN (C3).

C. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)

Langkah-langkah penyusunan RPPM
  1. Mengacu pada kompetensi dasar (Kompensi Dasar) yang memuat sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mewujudkan ketercapaian kompetensi inti (KI-1 KI-2 KI-3 KI-4).
  2. Memuat cakupan materi yang sesuai dengan KDdan dalamcakupan tema.
  3. Memilih kegiatan selaras dengan cakupan materi pembelajaran.
  4. Mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak.
  5. Menggunakan pembelajaran tematik.
  6. Mengembangkan cara berpikir pendekatan saintifik.
  7. Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar, sebagai media anak.



Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPPM antara lain:
  1. Penjabaran dari perencanaan program semester
  2. Berisi tema, sub-tema –KD – materi – rencana kegiatan
  3. Penyusunan kegiatan mingguan disesuaikan dengan strategi pengelolaan kelas (kelompok, sudut, area dan sentra) yang ditetapkan masing-masing satuan PAUD



Cara menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM)
  1. Tuliskan identitas Program:
    1. Semester / bulan / minggu
    2. Tema
    3. Kelompok sasaran / usia
    4. Kompetensi dasar
  2. Mengembangkan rencana kegiatan mingguan:
    1. Nomor urut diisi sesuai urutan
    2. Sub tema diambil dari bagian tema di program semester
    3. Materi diturunkan dari pengetahuan yang akan dikenalkan sesuai KD
    4. Rencana kegiatan diisi dengan jenis kegiatan yang akan dilakukan anak dengan ukuran mingguan (boleh satu minggu, dua minggu atau lebih sesuai dengan kedalaman tema yang telah ditetapkan guru/sekolah).
    5. Pengulangan materi Materi yang ditetapkan pada setiap subtema akan digunakan terus selama sub tema tersebut dibahas tetapi disampaikan melalui kegiatan bermain yang berbeda di setiap kelompok/sudut/area dan sentra.



D. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)

Langkah-langkah penyusunan RPPH
  1. Disusun berdasarkan kegiatan mingguan.
  2. Kegiatan harian berisi kegiatan awal/pembukaan, inti, istirahat/makan bersama dan akhir/penutup.
  3. Pelaksanaan pembelajaran dalam satu hari dilaksanakan sesuai dengan prinsipprinsip pembelajaran anak usia dini.
  4. Penyusunan kegiatan harian disesuaikan dengan kondisi satuanpendidikan masing-masing dan menggunakan pendekatan saintifik.
  5. Kegiatan harian dapat dibuat oleh satuan pendidikan dengan format sesuai kebutuhan masing-masing ataupun dapat melihat contoh.
  6. Penyusunan RPPH mengacu kepada RPPM

Post a Comment for "Penyusunan Prosem, RPPM dan RPPH PAUD"