Menurut Jean Piaget, manusia secara genetik sama dan mempunyai pengalaman yang hampir sama dan saat proses perkembangannya dipengaruhi lingkungannya. Bahwa perkembangan anak sampai mampu berfikir dilalui melalui 4 (empat) tahap perkembangan, dan tiap tahap mengalami proses perubahan yang unik, dan memiliki keterkaitan dalam proses perubahannya. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan dari keempat tahapan yang dimaksud Blogduniaanakindonesia.blogspot.com
Perkembangan motoriknya mulai mampu dikontrol. Ada peluang dan kesempatan untuk individu, supaya mampu dan memberikan peluang bagi bayi untuk mampu melakukan interaski dengan lingkungan sekitarnya. Begitu juga dengan pendapat Setiono (2009), pada tahap perkembangan ini, didominasi oleh gerakan motorik. Karena pada awal kelahiraan, gerakan motorik refleks mendominasi gerakan anak. secara perlahan, gerakan motorik ini nantinya akan mampu bergerak dengan cara teratur dan terkontrol, sesuai dengan kebutuhan. misalnya, mampu duduk dengan tenang, mulai mampu melakukan aktivitas gerakan yang berkoordinasi, sebagai contoh, mampu bermain dengan tenang, makan dengan duduk dan tetap ada pendampingan. Untuk mencapai hal ini dibutuhkan ada nya peluang untuk mendapat kesempatan dan latihan serta stimulus yang merangsang individu melakukan gerakan motoriknya sesuai dengan usianya. Pada usia ini mereka fokus terhadap apa yang mereka lihat, yang mereka lakukan, mulai meniru, melakukan trial and eror.
Lingkup kehidupan anak sangat berpengaruh dan memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan maupun kematangan anak. Perkembangan dapat dilihat dari aspek waktu, karena pertumbuhan - perkembangan berlangsung kurun waktu tertentu. Jadi, pada dasarnya dapat dipahami bahwa tumbuh kembang dan permasalahan yang dihadapi anak pada masa tumbuh-kembangnya sangat kompleks.membutuhkan waktu, pendampingan, stimulan dan kepedulian. Seperti: dari lingkungan orang tua dan pola asuh yang digunakan di keluarga, pendampingan yang dilakukan di rumah- di luar rumah, serta faktor-faktor lain yang tidak mudah dideteksi dapat berpengaruh terhadap tumbuh-kembang anak.
Baca Juga: 5 PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK
Demikian 4 Tahapan-tahapan perkembangan Kognitif menurut teori Jean Piaget yang dapat dibagikan Blogduniaanakindonesia.blogspot.com
Teori perkembangan kognitif Jean Piaget atau teori Piaget menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental.
1. Sensorimotorik
Tahap pertama yaitu sensorimotorik (0 - 2 tahun), kegiatan intelektual hampir seluruhnya kecakapan mencakup gejala yang diterima melalui indra secara langsung. Mulai memperoleh ketrampilan bahasa, dan mulai mengaplikasikannya dengan menerapkan pada objek-objek nyata dan memahami hubungan antar benda dengan nama yang dinamakan pada benda terbut (Sumantri, 2014). dasar awalnya, kemampuannya didominasi oleh motorik, secara bertahap akan mengalami perubahan.Perkembangan motoriknya mulai mampu dikontrol. Ada peluang dan kesempatan untuk individu, supaya mampu dan memberikan peluang bagi bayi untuk mampu melakukan interaski dengan lingkungan sekitarnya. Begitu juga dengan pendapat Setiono (2009), pada tahap perkembangan ini, didominasi oleh gerakan motorik. Karena pada awal kelahiraan, gerakan motorik refleks mendominasi gerakan anak. secara perlahan, gerakan motorik ini nantinya akan mampu bergerak dengan cara teratur dan terkontrol, sesuai dengan kebutuhan. misalnya, mampu duduk dengan tenang, mulai mampu melakukan aktivitas gerakan yang berkoordinasi, sebagai contoh, mampu bermain dengan tenang, makan dengan duduk dan tetap ada pendampingan. Untuk mencapai hal ini dibutuhkan ada nya peluang untuk mendapat kesempatan dan latihan serta stimulus yang merangsang individu melakukan gerakan motoriknya sesuai dengan usianya. Pada usia ini mereka fokus terhadap apa yang mereka lihat, yang mereka lakukan, mulai meniru, melakukan trial and eror.
2. Pra-operasional
Tahap ke dua pra-operasional ((2-7 tahun), pada tahap ini anak mulai menggunakan simbol-simbol. Biasanya baru berfikir pada tahap satu dimensi. misalnya hanya melihat contoh tinggi air. Kemampuan menggunakan simbol adalah suatu perubahan besar. Pada tahap ini anak hanya bisa bernalar di dua dimensi saja. simbol-simbol yang dimaksud berupa kata-kata, bilangan yang dapat menggantikan objek, peristiwa dan kegiatan dari berbagai tingkah laku yang dnampakkan dalam perilakunya.Lingkup kehidupan anak sangat berpengaruh dan memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan maupun kematangan anak. Perkembangan dapat dilihat dari aspek waktu, karena pertumbuhan - perkembangan berlangsung kurun waktu tertentu. Jadi, pada dasarnya dapat dipahami bahwa tumbuh kembang dan permasalahan yang dihadapi anak pada masa tumbuh-kembangnya sangat kompleks.membutuhkan waktu, pendampingan, stimulan dan kepedulian. Seperti: dari lingkungan orang tua dan pola asuh yang digunakan di keluarga, pendampingan yang dilakukan di rumah- di luar rumah, serta faktor-faktor lain yang tidak mudah dideteksi dapat berpengaruh terhadap tumbuh-kembang anak.
3. Operasional kongkrit
Tahap ke tiga operasional kongkrit 7 – 11 tahun, di usia ini. Selanjutnya dikemukakan bahwa kemampuan simbolik memungkinkan telah mampu menggunakan simbol, anak melakukan tindakan-tindakan yang berkaitan dengan hal yang telah lewat.4. Operasional formal
Tahap keempat operasional formal usia 11 – 15 tahun. Pada tahap ini individu telah mampu berfikir dengan terstruktur, mampu berfikir abstrak, mampu melakukan hipotesis, misalnya bisa memilah data, dapat menentukan kelompok kendaraan, yang mahal, murah. Tahap ini, mampu berfikir secara abstrak.Baca Juga: 5 PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK
Demikian 4 Tahapan-tahapan perkembangan Kognitif menurut teori Jean Piaget yang dapat dibagikan Blogduniaanakindonesia.blogspot.com
Teori perkembangan kognitif Jean Piaget atau teori Piaget menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan anak. Perkembangan kognitif seorang anak bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun mental.
Post a Comment for "4 TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET"