Blogduniaanakindonesia.blogspot.com - Manajemen merupakan suatu tindakan atau aktivitas yang dilakukan seorang manajer. Manajer melakukan tindakan atau aktivitas tersebut berdasarkan beberapa fungsi dimana pekerjaan itu mengkordinasikan pekerjaan orang lain secara efisien.
Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengatur (mengelola). Manajemen adalah suatu proses penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain, menurut Andri Feriyanto dan Endang Shynta Triana (2015). Sedangkan menurut Hasibuan (2016), manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Demikian pengertian fungsi manajemen itu sendiri secara umum yang penulis Blogduniaanakindonesia.blogspot.com bisa simpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti Planning, Organizing, Staffing, Directing dan Controlling yang dilakukan oleh para anggota organisasi dengan menggunakan seluruh sumber daya organisasi untuk menentukan suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian manajemen menurut Oey Liang Lee yang dikutip dari buku karya Hari Sucahyowati (2017), mendefinisikan manajemen adalah seni ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Ridhotullah dan Jauhar (2015), manajemen merupakaan sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui serangkaian kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian orang serta sumber daya organisasi lainnya.
Menurut Hasibuan (2016), manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut Andri Feriyanto dan Endang Shynta Triana (2015), Manajemen adalah suatu proses penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain.
Berdasarkan pendapat para ahli, dapat disimpulkan pengertian fungsi manajemen itu sendiri secara umum adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti Planning, Organizing, Staffing, Directing dan Controlling yang dilakukan oleh para anggota organisasi dengan menggunakan seluruh sumber daya organisasi untuk menentukan suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Baca Juga: MACAM-MACAM MANAJEMEN
Demikianlah pembahasan mengenai manajemen yang dapat dibagikan Blogduniaanakindonesia.blogspot.com - semoga bermanfaat - Yuk, membaca lebih lanjut tulisan-tulisan lainnya di "Blogduniaanakindonesia" setiap harinya.
Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengatur (mengelola). Manajemen adalah suatu proses penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain, menurut Andri Feriyanto dan Endang Shynta Triana (2015). Sedangkan menurut Hasibuan (2016), manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Demikian pengertian fungsi manajemen itu sendiri secara umum yang penulis Blogduniaanakindonesia.blogspot.com bisa simpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti Planning, Organizing, Staffing, Directing dan Controlling yang dilakukan oleh para anggota organisasi dengan menggunakan seluruh sumber daya organisasi untuk menentukan suatu tujuan yang telah ditetapkan.
A. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Menurut Robbins dan Coutler (2015), mendefinisikan manajemen melibatkan aktivitas–aktivitas koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif. Bahwa koordinasi dan pengawasan kerja orang lain adalah aspek yang membedakan jabatan manajerial. Namun, hal itu tidak berarti bahwa seorang manajer dapat bertindak sesuka hatinnya kapan pun, di manapun, atau dengan cara apapun. Efisien dan Efektivitas memiliki perbedaan makna menurut Robbins dan Coutler. Efisiensi mengacu pada melakukan pekerjaan secara tepat sasaran atau menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sedikit mungkin. Sedangkan efektivitas mengacu pada melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tepat, atau menyelesaikan aktvitas-aktivitas yang secara langsung mendorong tercapainya sasaran-sasaran organisasi.Pengertian manajemen menurut Oey Liang Lee yang dikutip dari buku karya Hari Sucahyowati (2017), mendefinisikan manajemen adalah seni ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Ridhotullah dan Jauhar (2015), manajemen merupakaan sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui serangkaian kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian orang serta sumber daya organisasi lainnya.
Menurut Hasibuan (2016), manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut Andri Feriyanto dan Endang Shynta Triana (2015), Manajemen adalah suatu proses penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain.
Berdasarkan pendapat para ahli, dapat disimpulkan pengertian fungsi manajemen itu sendiri secara umum adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti Planning, Organizing, Staffing, Directing dan Controlling yang dilakukan oleh para anggota organisasi dengan menggunakan seluruh sumber daya organisasi untuk menentukan suatu tujuan yang telah ditetapkan.
B. Fungsi-Fungsi dari Manajemen Menurut Ahli
Menurut Robbins dan Coutler (2015), fungsi manajemen terbagi menjadi 4 fungsi yaitu sebagai berikut:1. Perencanaan (Planning)
Sebuah fungsi manajemen yang meliputi pendefinisian sasaran, penetapan strategi untuk mencapai sasaran, dan pengembangan rencana kerja untuk mengelola aktivitas-aktivitas.2. Pengorganisasian (Orginizing)
Sebuah fungsi manajemen yang melibatkan tindakan-tindakan penataan dan pengaturan berbagai aktivitas kerja secara terstruktur demi mencapai sasaram organisasi.3. Kepemimpinan (Leading)
Sebuah fungsi manajemen yang melibatkan interaksi dengan orang-orang lain untuk mencapai sasaran organisasi.4. Pengendalian (Controlling)
Sebuah fungsi manajemen yang melibatkan tindakan-tindakan pengawasan, penilaian, dan koreksi terhadap kinerja dan hasil pekerjaan.Baca Juga: MACAM-MACAM MANAJEMEN
Demikianlah pembahasan mengenai manajemen yang dapat dibagikan Blogduniaanakindonesia.blogspot.com - semoga bermanfaat - Yuk, membaca lebih lanjut tulisan-tulisan lainnya di "Blogduniaanakindonesia" setiap harinya.
Post a Comment for "MANAJEMEN: PENGERTIAN DAN FUNGSI MANAJEMEN"