ARTI SERTA CIRI-CIRI INDIGO PADA ANAK

Pengertian Serta Mengenal Ciri-ciri Anak Indigo - Tidak sedikit dari orang menganggap bahwa anak yang memiliki kelebihan berupa indigo adalah anak hyperactivity disorder (HD) ataupun attention deficit disorder (ADD). Anak indigo adalah anak yang memiliki lapangan aura berwarna nila, serta cara berpikirnya yang khas, pembawaan yang lebih tua dari usianya, hal inilah yang membuat anak indigo tampil beda dengan anak sebayanya.
indigo children

Anak indigo memiliki keunggulan terkait dengan kelenjar hormon hipofisis dan epifisis di otak, yang kemudian dianggap memiliki indera keenam karena anak yang indigo dianggap memiliki kemampuan untuk melihat maupun menggambarkan masa lalu bahkan masa depan.

ISTILAH INDIGO

Istilah Indigo children pertama kali diperkenalkan konselor terkemuka di AS, Nancy Ann Tappe, dan pertama kali dipublikasikan oleh Jan Tobel dan Lee Carol dalam buku mereka The Indigo Children: The New Kids Have Arrived. Lee Carol. Menurut dr. Tubagus Erwin Kusuma SpKj, seorang psikiater yang menaruh perhatian pada masalah spiritual, anak-anak indigo banyak bermunculan, melewati batas budaya, etnis, agama, suku, dan lainnya.


CIRI ANAK INDIGO

Beberapa ciri yang dapat diketahui secara umum, tentang anak indigo yaitu:

Memiliki cara yang berbeda dengan anak pada umumnya.

Anak inidigo umumnya memiliki cara sendiri bahkan berbeda dalam menyelesaikan serta menghadapi sesuatu. Melalui kemampuan yang tergolong diatas kemampuan anak pada umumnya, menyebabkan anak indigo dapat melakukan hal yang diluar dari pemikiran anak lainnya.

Memiliki rasa percaya diri yang kuat.

Dalam melakukan serta menyelesaikan segala sesuatu, anak indigo akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena mereka mempertahankan harga dirinya. Indigo pada anak dapat memupukan rasa harga dirinya sehingga anak indigo sangat yakin dengan apa yang dilakukannya.

Anak indigo lebih cenderung berani mengungkapkan apa yang ada dalam fikirannya tanpa merasa malu maupun takut, hal ini disebabkan oleh tingkat kepercayaan dirinya yang tinggi.

Memiliki kreativitas yang aktif.

Anak indigo pada umumnya memiliki kreativitas melebihi dari anak sebayanya, bahkan dalam setiap aktivitasnya anak indigo sangat aktif melakukan hal-hal yang tidak jarang mengandung pertanyaan bahkan bertentangan dengan lingkungannya. Hal inilah yang kemudian banyak yang beranggapan bahwa anak indigo adalah anak hyperactivity disorder (HD) ataupun attention deficit disorder (ADD).

Sulit dalam bersosial.

Anak indigo kadang lebih cenderung melihat dunia dali sisi yang berbeda, sehingga anak akan lebih senang dengan menyendiri yang mengakibatkan anak kesulitann dalam bersosial.

Memiliki kemampuan mengerjakan sesuatu tanpa diajarkan.

Kemampuan anak indigo yang torgolong di atas rata-rata anak pada umumnya, memungkinkan anak indigo memiliki kemampuan daalm mengerjakan satu hal tanpa harus mendapat arahan maupun bimbingan orang lain.

Mengetahui keberadaan makhluk halus.

Tidak sedikit dari anak indigo memiliki kemampuan untuk melihat alam diluar dari alam yang nampak pada mata manusia umumnya. Hal ini memang tergolong agak mistis, akan tetapi kemampuan anak indigo dalam melihat mahluk kasat mata memang terjadi, hal ini sudah dapat terlihat sejak anak berusia dini.


CARA MENDIDIK ANAK INDIGO

Setiap anak baik itu anak normal pada umumnya maupun anak indigo, memilika hak yang sama dalam parenting, jadi sebaiknya beberapa hal yang harus dilakukan orang tua dalam mendidik serta menghadapi anak indigo adalah:

Hargai keunikan anak.

Setiap anak memiliki hak yang sama dalam segala hal termasuk perlakukan, oleh karena itu sebagai orangtua harus menghargai anak yang memiliki keunikan salah satunya adalah indigo. Perlu diketahui setiap anak adalah anugerah walaupun anak memiliki kelebihan maupun keunikan yang terkadang diluar dari anak pada umumnya.

Bangun pendapat positif.

memberikan dukungan berupa bimbingan serta arahan yang dilandasi dengan kasih sayang orangtua tanpa kritikan negatif terhadap anak, merupakan penghargaan yang harus dilakukan. selaindari pembangungan secara psikologis anak akan pengakuan keberadaanya dalam keluarga, anak tidak akan merasa sendiri dalam melewati fase pertumbuhannya.

Berikan kebebasan dan terarah kepada anak.

Dengan memberikan kebebasan dengan disertai arahan yang tepat, maka anak akan menjadi sosok yang sangat membanggakan, tanpa terkecuali terhadap anak indigo. Kebebasan dalam menentukan pilihannya serta bimbingan ketika anak mengalami kesulitan dalam mencapai pilihannya, merupakan cara terbaik dalam parenting terhadap anak.


Demikian tulisan tentang Arti Serta Ciri-ciri Indigo Pada Anak, semoga dengan tulisan ini dapat membantu orang tua dalam membuat anak indigo lebih diakui keberadaannya.
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang terdapat pada blogduniaanakindonesia.blogspot.com.  Jika ada pembahasan yang terlewat dari topik ini silahkan tambahkan pada kotak komentar, dan jika anda suka dengan tulisan ini silahkan bagikan melalui tombol media sosial yang terdapat pada blog ini.

Post a Comment for "ARTI SERTA CIRI-CIRI INDIGO PADA ANAK"