PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK-ANAK

Perkembangan anak mengacu pada cara seorang anak tumbuh dan belajar. blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Ada empat bidang, atau domain, perkembangan anak:
  1. Fisik - perkembangan dan pertumbuhan tubuh, otot, dan indera anak.
  2. Sosial - bagaimana anak berhubungan, bermain dan berbicara dengan orang lain.
  3. Emosional - kesadaran anak tentang diri sendiri, bagaimana perasaan anak tentang dirinya sendiri, ekspresi perasaan dan bagaimana dia membantu merawat dirinya sendiri.
  4. Kognitif - cara anak berpikir, bernalar, memecahkan masalah, dan memahami serta menggunakan bahasa.


https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

Domain tersebut saling terkait; apa yang terjadi di satu domain memengaruhi pengembangan di domain lain. Keterampilan dan pengetahuan yang dikembangkan anak-anak di awal hidupnya adalah dasar untuk keterampilan dan pengetahuan yang lebih maju.


Setiap anak berkembang dengan kecepatannya sendiri. Skrining perkembangan rutin adalah cara untuk membantu orang tua dan profesional seperti dokter, perawat, pengasuh anak, dan guru mengumpulkan informasi tentang perkembangan anak, mengidentifikasi kemungkinan masalah, dan membuat rujukan untuk mendapatkan bantuan bila diperlukan.


Anak-anak berkembang dalam urutan yang dapat diprediksi, dari keterampilan yang sederhana hingga yang lebih kompleks. Mereka belajar dengan melakukan, dan mempraktikkan keterampilan baru melalui permainan. Bermain adalah kesempatan penting bagi anak-anak untuk melatih keterampilan baru.


Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan anak: keturunan, keluarga, dan komunitas. Pengalaman awal anak-anak akan memengaruhi mereka sekarang dan di masa depan. Anak-anak harus terpenuhi kebutuhan dasarnya, merasa aman, dan dihargai untuk berkembang dan belajar.


Memahami perkembangan anak di berbagai usia memudahkan orang tua dan pengasuh untuk:
  • tahu apa yang diharapkan dari dunia anak-anak Indonesia
  • pelajari apa yang harus dilakukan untuk membantu anak mengembangkan semua kemampuannya
  • Gaya dan Perbedaan Belajar



Anak-anak yang berbeda memiliki kepribadian yang berbeda, dan demikian pula, anak-anak memiliki kecerdasan dan gaya belajar yang berbeda. Contohnya adalah pembelajar visual-spasial, beberapa pelajar auditori, beberapa pelajar kinestetik, dan beberapa kombinasi. Dengan memahami kepribadian belajar anak Anda, Anda dapat menyesuaikan lingkungannya atau mengajari dia tips untuk membantunya berhasil di sekolah dan dalam kehidupan.


Anak-anak tidak nakal tapi orang dewasa perlu memahaminya sebagaiman dikutip untuk akat bijak pengunjung blogduniaanakindonesia.blogspot.com!

Post a Comment for "PRINSIP PERKEMBANGAN ANAK-ANAK"