MENJAGA KEBERSIHAN ALAT REPRODUKSI

Perubahan Pada Masa Puberitas Pada Anak Remaja. blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Jakarta: Alat reproduksi laki-laki dan perempuan sangatlah berbeda. Bentuk alat reproduksi laki-laki yang letaknya di luar, memudahkan untuk merawat dan membersihkannya. Sedangkan alat reproduksi perempuan memerlukan perawatan yang lebih khusus dan hati-hati karena organ reproduksinya berada di dalam.


Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan alat reproduksi? Simak penjelasan berikut di tips blogduniaanakindonesia.blogspot.com:

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

1. Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Perempuan

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan organ reproduksi perempuan.
  1. Mandi dua kali sehari dengan air bersih. Jika badan kotor dan lengket, sebaiknya langsung dibersihkan.
  2. Gunakan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat. Usahakan alat kelamin tidak basah dan lembab karena lingkungan yang basah atau lembab memudahkan tumbuhnya kuman.
  3. Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari.
  4. Saat menstruasi, sebaiknya mengganti pembalut setiap beberapa jam sekali. Pembalut yang dikenakan harus bersih, nyaman, serta berbahan lembut.
  5. Basuh dan keringkan alat kelamin sehabis buang air kecil. Cara membersihkannya adalah dari arah depan ke belakang. Hal ini dilakukan agar kuman dari anus tidak masuk ke saluran reproduksi.
  6. Hindarilah penggunaan sabun yang mengandung deodoran atau parfum untuk membasuh kemaluan.
  7. Jangan terlalu sering memakan makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Garam dapat menyebabkan perasaan tertekan dan tegang
  8. Minumlah air putih lebih banyak dan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Saat menstruasi, banyak zat besi yang hilang dari tubuh kita melalui darah menstruasi.
  9. Berolahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh.
  10. Tidak memasukkan benda apapun ke dalam vagina.
  11. Menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil.



Selanjutnya ayo kita pelajari tentang cara menjaga kebersihan alat reproduksi laki-laki.


2. Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Laki-Laki

Remaja laki-laki dapat menjaga kebersihan organ reproduksinya dengan cara-cara berikut di blogduniaanakindonesia.blogspot.com:
  1. Mandilah minimal dua kali sehari menggunakan air bersih. Jika badan terasa kotor dan lengket, sebaiknya langsung dibersihkan.
  2. Gantilah pakaian dalam paling sedikit dua kali sehari.
  3. Basuhlah organ reproduksi sehabis buang air kecil.
  4. Berolahraga secara teratur dan minum air putih yang cukup.
  5. Hindari pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat karena dapat meningkatkan suhu testis.
  6. Tidak menggunakan celana dalam dari nilon, karena tidak menyerap air/keringat. Suasana lembab disukai jamur dan bakteri.
  7. Menjalani khitan atau sunat. Khitan untuk mencegah penumpukan kotoran, sisa urine, semen dan cairan yang keluar dari kelenjar-kelenjar pada organ reproduksi.
  8. Menghilangkan kebiasaan mandi dengan air panas, temperatur yang sejuk diperlukan untuk perkembangan sperma.



PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI MENURUT KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA (KEMENKES)

Cara menjaga organ reproduksi, diantaranya:
  • Pakai handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab.
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat.
  • Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari.
  • Bagi perempuan, sesudah buang air kecil, membersihkan alat kelamin sebaiknya dilakukan dari arah depan menuju belakang agar kuman yang terdapat pada anus tidakmasuk ke dalam organ reproduksi.
  • Bagi laki-laki, dianjurkan untuk dikhitan atau disunat agar mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual serta menurunkan risiko kanker penis.



Untuk artikel lengkapnya silahkan kunjungi http://promkes.depkes.go.id/


KESIMPULAN

Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa pentingnya bagi remaja untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Remaja perlu mengetahui perawatan kesehatan organ reproduksi yang sangat penting dilakukan. Tanpa pemeliharaan yang baik dapat menimbulkan berbagai gangguan yang merugikan seperti infeksi bahkan dapat menimbulkan infertilitas atau kemandulan. Setelah Anda mempelajari Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi remaja, kini saatnya Anda mengalikasikannya di rumah, demikianlah artikel blogduniaanakindonesia.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "MENJAGA KEBERSIHAN ALAT REPRODUKSI"