PERUBAHAN PADA MASA PUBERITAS ANAK REMAJA

blogduniaanakindonesia.blogspot.com, Jakarta: Anak-anak, adalah usia 5 sampai 10 tahun, sedang Remaja, adalah anak usia 11 sampai 20 tahun. Masa Pubertas adalah masa terjadinya perubahan fisik dan mental, termasuk emosi dan perilaku pada anak laki-laki dan anak perempuan yang disebabkan perubahan hormon. Masa pubertas disebut juga masa akil balig (usia remaja). Masa pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi remaja. Masa pubertas pada anak laki-laki dan perempuan tidak sama. Anak perempuan biasanya mengalami perubahan lebih cepat dibandingkan anak laki-laki. Ada yang lebih dulu mengalami dan ada yang lambat. Biasanya anak perempuan mengalami masa pubertas pada usia 8-13 tahun, sedangkan anak laki-laki pada usia 10-15 tahun.


Pada masa pubertas, tubuh laki-laki dan perempuan mengalami perubahan. Ada dua jenis perubahan yang terjadi pada masa pubertas, yaitu perubahan primer dan perubahan sekunder. Perubahan primer disebut juga perubahan utama yang terjadi di dalam tubuh. Perubahan tersebut memungkinkan seorang laki-laki dan perempuan pada masa pubertas menghasilkan bayi. Perubahan primer diiringi perubahan sekunder. Perubahan sekunder disebut perubahan fi sik atau perubahan yang ciri-cirinya tampak pada tubuh laki-laki dan perempuan. Perubahan apa yang terjadi pada masa ini, mari kita baca penjelasan berikut di blogduniaanakindonesia.blogspot.com;

https://blogduniaanakindonesia.blogspot.com/

PERUBAHAN PADA REMAJA LAKI-LAKI

Laki-laki mengalami perubahan pada masa pubertas. Tahukah kalian, perubahan apa saja yang terjadi? Pada laki-laki yang mengalami pubertas akan mengalami mimpi basah. Mimpi basah merupakan perubahan primer pada laki-laki. Mimpi basah berkaitan dengan mulai diproduksinya sel kelamin pria atau sperma pada organ reproduksi laki-laki. Ini menandakan bahwa sistem reproduksinya telah berfungsi.


Ciri-ciri fisik atau perubahan sekunder yang dialami seseorang laki-laki adalah
  1. Tumbuh jakun
  2. Tumbuh kumis dan janggut
  3. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kelamin
  4. Organ kelamin membesar
  5. Suara berubah menjadi berat
  6. Dada tampak bidang
  7. Bau Tubuh



Namun, tidak semua laki-laki mengalami ciri-ciri kelamin sekunder yang mencolok. Ada juga yang tidak mengalami pertumbuhan kumis dan jakun.


PERUBAHAN PADA REMAJA PEREMPUAN

Sama halnya seperti pada laki-laki, perempuan juga mengalami perubahan pada masa pubertas. Ciri utama atau perubahan primer pada perempuan yang mengalami pubertas adalah menstruasi atau haid. Menstruasi adalah proses saat darah keluar dari rahim melalui alat kelamin perempuan atau vagina. Menstruasi biasanya dialami perempuan ketika memasuki usia 11 atau 12 tahun. Namun beberapa anak mengalami masa menstruasi lebih cepat dari usia itu, yaitu sekitar 9 atau 10 tahun. Ada juga yang mulai lebih lambat, yaitu saat berusia sekitar 15 tahun. Menstruasi biasanya terjadi sekali dalam sebulan selama 3 sampai 7 hari. Menstruasi adalah siklus yang berulang setiap bulan.


Perempuan yang sudah mengalami masa puber akan menghasilkan sebuah sel telur setiap bulannya. Jika ada proses pembuahan saat sel telur matang, maka akan terjadi kehamilan, sehingga tidak terjadi menstruasi. Tetapi jika tidak terjadi pembuahan, maka lapisan dinding rahim akan meluruh dan keluar berupa darah menstruasi.


Saat menstruasi darah akan keluar dengan sendirinya dan tidak dapat dikendalikan oleh manusia. Darah keluar secara perlahan-lahan selama beberapa hari. Untuk menahan darah supaya tidak tercecer kemana-mana saat menstruasi, perempuan perlu menggunakan pembalut. Pembalut harus sering diganti dalam sehari, karena daya tampungnya terbatas. Selain itu, dengan mengganti pembalut akan menjaga kebersihan dan kesehatan vagina.


Ciri fisik atau perubahan sekunder pada perempuan yang mengalami pubertas adalah sebagai berikut.
  1. Tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan organ kemaluan.
  2. Payudara mulai membesar.
  3. Pinggul mulai membesar.
  4. Suara menjadi lebih melengking.



Anak perempuan mengalami menstruasi dan anak laki-laki mengalami mimpi basah merupakan pertanda bahwa organ reproduksi mereka sudah matang. Anak perempuan sudah mampu menghasilkan sel telur dan anak laki-laki sudah mampu menghasilkan sperma. Jika kedua sel tersebut bertemu, akan terjadi pembuahan yang dapat menyebabkan kehamilan.


Oleh karena itu, anak perempuan dan anak laki-laki sudah harus menjaga diri dan sikapnya. Tanda kedewasaan tidak hanya terlihat dari perubahan fisik, namun juga dari cara kita bersikap dan bertanggung jawab terhadap setiap perilaku yang kita lakukan.


Saat ini kita berada pada zaman dimana informasi yang berkembang sangat pesat. Dengan adanya internet kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi baik positif maupun negatif. Termasuk informasi mengenai masalah perilaku atau pergaulan laki-laki dan perempuan.


Oleh karena itu, bekal mengenai nilai benar dan salah sangat diperlukan. Kita tidak boleh melanggar aturan agama dan normal sosial. Lalu... Apa saja yang harus kita siapkan dalam menjaga diri pada masa pubertas:
  1. Jalinlah komunikasi yang lebih erat dengan dengan ayah dan ibu, karena remaja pubertas akan mengalami emosi yang tidak stabil.
  2. Jika ada masalah ceritakan pada orang tua.
  3. Pilihlah bacaan dan tontonan yang sesuai dengan umur kita.
  4. Jagalah kebersihan diri agar tidak ada masalah seperti bau badan dan jerawat.
  5. Dalam pergaulan kita harus tahu area mana yang boleh disentuh orang lain dan mana yang harus dijaga.
  6. Pilihlah lingkungan pertemanan atau pergaulan yang baik.


Baca: PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN ANAK DALAM KELUARGA

Kita dapat berteman dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Agar tidak salah bergaul, kita harus memiliki dasar yang kuat yang bisa didapatkan dari pendidikan dalam keluarga atau pendidikan agama. Dengan pondasi yang kuat, kita tidak akan mudah terpengaruh oleh hal negatif dalam pergaulan.


Dalam pergaulan kita harus bisa membatasi diri. Jangan takut menolak ajakan teman, jika ajakan tersebut merupakan ajakan berbuat keburukan. Jangan terpancing bujukan teman. Pilih dan pilah mana yang baik dan buruk ya teman remaja pengunjung blogduniaanakindonesia.blogspot.com!

Post a Comment for "PERUBAHAN PADA MASA PUBERITAS ANAK REMAJA"